Sukses

Kisah Ritesh Agarwal, Jadi Miliarder India Usai Kembangkan OYO

Ritesh Agarwal ini juga termasuk sebagai salah satu miliarder di dunia. Ayahnya bernama Ramesh Agarwal telah meninggal dunia karena jatuh dari flatnya di Gurgaon.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka bahwa perusahaan hotel dan kamar OYO didirikan oleh salah satu warga India Ritesh Agarwal. Meski putus sekolah, pengusaha kelahiran 1993 ini justru sukses membangun bisnisnya hingga membuka cabang di berbagai negara.

Lantas, siapakah dia sebenarnya?

Dilansir dari msn.com, Sabtu (18/3/2023), Ritesh Agarwal ini juga termasuk sebagai salah satu miliarder di dunia. Ayahnya bernama Ramesh Agarwal telah meninggal dunia karena jatuh dari flatnya di Gurgaon. Saat itu, Agarwal baru menikah dengan pasangan pilihannya Geetansha.

Dalam perjalanan hidupnya, Agarwal pernah kena drop out semasa kuliah. Mendiang ayahnya dulu tinggal di distrik Rayagarh Odisha. Jadi, dapat dikatakan dia memiliki latar belakang dari kalangan masyarakat sederhana.

Ayahnya yang dulu membuka usaha toko kecil-kecilan bermimpi bahwa suatu saat sang anak Agarwal bisa menjadi seorang insinyur. Akan tetapi, jalannya justru berbeda.

Suatu waktu Agarwal pernah datang ke Delhi untuk mempersiapkan IIT-Jee. Di usia mudanya itu dia mulai menjual kartu SIM.

Dia melakukannya untuk mempelajari seluk-beluk menjalankan bisnis. Dia juga tidak mau menerima uang dari keluarganya. Setelah lulus dari sekolah, Ritesh masuk ke perguruan tinggi teknik, tetapi keluar. Dia memutuskan untuk menjadi pengusaha.

Sebelum menikah, dia bertemu Perdana Menteri Narendra Modi untuk mengundangnya ke pesta pernikahan.

"Dengan restu dari Pradhan Mantri narendramodi ji, kita siap memulai awal yang baru," tulisnya di Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oravel stays

Ritesh menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas St Johns. Pada 2012, ia memulai usaha bisnis bernama Oravel stays. Perusahaan mendapat hibah Rs 30 lakh. Pada tahun yang sama dia memenangkan Thiel Fellowship yang prestisius di mana dia mendapat hibah USD 1 lakh.

Kemudian pada usia 22 tahun, ia menjadi seorang jutawan karena idenya menciptakan bisnis yang sukses setelah ia mengubah namanya menjadi OYO.

Bahkan tercata dia juga menjadi miliarder swadaya termuda di dunia. Pada 2020, kekayaan bersihnya mencapai Rs 7253 crore. Hingga saat ini, bisnisnya sudah tersebar di 300 kota. Dengan kepemilikan sebesar 33 persen perusahaan yang telah menjadi Unicorn, gaji tahunannya bisa tembus Rs 5,6 crore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.