Sukses

Profil Lukman F Laisa yang Kembali Diangkat Sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I

Kementerian BUMN dan PT Aviata mengangkat kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau PT Aviata selaku pemegang saham PT Angkasa Pura I mengangkat kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I.

Mengutip laman resmi BUMN, Senin (13/3/2023) Pengangkatan kembali Lukman F Laisa dilakukan melalui Serah Terima Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang dilaksanakan secara daring pada Jumat siang (10/03).

Lukman kembali diangkat sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I didasarkan atas Surat Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia Selaku Para Pemegang Saham PT Angkasa Pura I Nomor SK-048/MBU/03/2023 dan Nomor KEP.INJ.03.03/23/03/2023/A.0049 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi PT Angkasa Pura I.

Sebagai informasi, Lukman diangkat kembali sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I, setelah sebelumnya telah menjabat sejak 5 Maret 2018. Dia menyelesaikan masa jabatannya pada 5 Maret 2023.

Pernah Bekerja di Kementerian Perhubungan

Sebelum menjadi Direktur Teknik Angkasa Pura I, Lukman telah dikenal sebagai pejabat karir di Kementerian Perhubungan serta telah banyak dipercaya untuk mengemban berbagai jabatan strategis. 

Jabatan jabatan itu di antaranya adalah Kepala Seksi Program dan Standardisasi Prasarana Bandar Udara Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan (2010-2013), Kepala Bidang P2B Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya (2014-2015), dan Kepala Bagian Perencanaan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2014-2015).

Selain itu, Lukman F. Laisa juga pernah menjabat sebagai Kepala Bandara Wamena Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2015), Direktur Teknik Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) (2015-2017), dan Kepala Sub Direktorat Kerjasama Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2017-2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi Sambut Lukman F. Laisa Diangkat Kembali jadi Dirtek

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyatakan optimisme atas pengangkatan kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik perusahaan.

"Selama lima tahun ke belakang, Bapak Lukman F. Laisa menjadi sosok yang sangat penting bagi perusahaan, utamanya dalam penyusunan rencana strategis bandara, pengelolaan bidang teknis kebandarudaraan, pengembangan infrastruktur, serta pemeliharaan bandara," kata Faik Fahmi.

"Di bawah kepemimpinannya di Direktorat Teknik, Angkasa Pura I menyelesaikan banyak pengembangan infrastruktur bandara untuk mendukung pariwisata dan event kenegaraan berskala nasional dan internasional, serta untuk mengatasi permasalahan utama bandara yang kami kelola, yakni lack of capacity. Di periode kedua menjabat, kami optimistis melalui tangan dingin dan ekspertis Bapak Lukman di bidang teknik kebandarudaraan, dapat semakin membawa perusahaan ke arah yang lebih baik," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan menyatakan harapan atas pengangkatan kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I.

"Tantangan ke depan cukup kompleks, di mana setelah pandemi Covid-19, ada harapan baik dari para pengguna jasa maupun stakeholders untuk meningkatkan pelayanan terutama kesiapan sarana dan prasarana di bandara Angkasa Pura I. Saya yakin Pak Lukman sudah sangat memahami bagaimana caranya untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi harapan para pengguna jasa bandara maupun para stakeholders yang ada," ujar Endra Gunawan.

3 dari 3 halaman

Susunan Direksi Angkasa Pura I

Berikut adalah susunan Direksi Angkasa Pura I :

  1. Direktur Utama: Faik Fahmi
  2. Direktur Operasi: Wendo Asrul Rose
  3. Direktur Teknik: Lukman F. Laisa
  4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Yudi Rizkyardie Darun
  5. Direktur Human Capital: Israwadi
  6. Direktur Komersial dan Pelayanan: Dendi Tegar Danianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.