Sukses

Pembangkit Mikro Hidro Siap Pasok Listrik Bersih Tanpa Kedip di F1 Powerboat

PT PLN (Persero) siap memasok listrik bersih berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung perhelatan F1 Powerboat Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) siap memasok listrik bersih berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung perhelatan internasional kompetisi balap perahu supercepat, F1 Powerboat (F1H2O) di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023 mendatang.

Sebagai pembangkit, PLN menyiapkan dua Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) menjadi pasokan utama kelistrikan F1 Powerboat sebagai wujud komitmen mendukung energi bersih.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, selama perhelatan internasional ini berlangsung, PLN akan mengoperasikan PLTMH Hutaraja kapasitas 2x2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2x5 MW. Dua pembangkit baru ini sekaligus menambah bauran EBT di Sumatera Utara yang mencapai 43,47 persen.

Selain dipasok energi bersih, untuk bisa menerapkan skema Zero Down Time (ZDT) dalam perhelatan internasional ini, PLN memperkuat dengan jaringan back up 20 kilo Volt (kV). Perseroan melakukan modifikasi jaringan, sehingga mempermudah pengaturan distribusi listrik dan menjaga kualitas tegangan yang akan dikirim ke Balige.

"PLN telah siapkan pasokan kelistrikan dari pembangkit listrik EBT untuk perhelatan ini. Hal ini membuktikan bahwa PLN siap mendukung event nasional dan internasional dengan pasokan listrik yang andal dan ramah lingkungan," ujar Darmawan, Selasa (14/2/2023).

Pada kesempatan lain, General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Utara Tonny Bellamy mengatakan, pembangunan jaringan utama dan jaringan back up telah selesai dilakukan.

"Dalam waktu dekat PLN akan melakukan simulasi pengamanan kelistrikan sebelum pelaksanaan ajang internasional. Harapannya pengamanan tersebut dapat berjalan dengan baik, sehingga apabila terjadi gangguan yang tidak diinginkan dapat diatasi dengan cepat," kata Tonny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Tuan Rumah Pertama

Adapun 2023 ini merupakan tahun pertama pelaksanaan balap perahu super cepat F1 Powerboat dengan tujuan mempromosikan pariwisata Indonesia ke Internasional. Pelaksanaan F1H2O ini juga akan diikuti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

Tercatat 26 pelaku UMK berpartisipasi untuk menjajakan produk buatan dalam negeri di lokasi acara. Berbagai produk lokal akan meramaikan perhelatan internasional ini.

"Perhelatan ini diperkirakan akan menarik wisatawan lokal maupun internasional. Untuk itu, PLN mendukung dan memastikan pasokan kelistrikan selama acara tersebut berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman tidak terlupakan buat 25 ribu wisatawan yang akan datang," pungkas Tonny.

3 dari 4 halaman

Danau Toba Bakal Kebanjiran Wisatawan Pasca F1 Powerboat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan penyelenggaraan event F1 Powerboat yang akan dilaksanakan pada 25-26 Februari 2023 mendatang di Danau Toba, Sumatera Utara akan memberikan dampak ekonomi pada wilayah tersebut sebesar Rp 212 miliar.

Dia mengharapkan akan meningkatkan wisatawan sebesar 3,7 persen dalam 2 tahun kedepan pasca event tersebut berlangsung.

"Ini juga kita gabungkan pada gerakan bangga berwisata di Indonesia. Karena kita lihat target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara," ujar Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno, Jakarta, Senin (13/2).

Pada ajang olahraga ini juga diprediksikan akan meraih atensi 187 impresi media digital, kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Tiket Laris Manis

Tak hanya itu, penjualan tiket secara online pun sudah habis terjual hanya dalam 23 menit pada 7 Februari lalu. Namun, jangan khawatir nantinya akan ada penjualan tiket kembali, tapi hanya bisa secara offline.

Sebanyak 2100 tiket yang dibagi menjadi 3 grand, diantaranya grand stan A, grand stand B, grand stand C dengan harga yang dibanderol Rp 500 ribu per orang.

"Tiket jadi ini lagi re-launching untuk seksi berikutnya. Tapi belinya harus beli offline di Balige, karena yang online sudah habis," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.