Sukses

KAI Amankan 4.984 Barang Penumpang yang Tertinggal, Nilainya Capai Rp 4 Miliar

PT KAI mengungkapkan bahwa, sepanjang tahun 2022 terdapat 4.984 ribu barang temuan dengan estimasi nilai barang sebesar Rp 4.054.600.969.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus hadir dengan layanannya yang aman dan nyaman bagi penumpang. 

PT KAI mengungkapkan bahwa, sepanjang tahun 2022 terdapat 4.984 ribu barang temuan milik penumpang dengan estimasi nilai sebesar Rp 4.054.600.969. Barang-barang ini dimasukkan pada database sistem Lost and Found.

Bahkan, jenis item itu merupakan barang-barang berharga yang diamankan seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor WNA. Sebagian besar barang tersebut sudah kembali ke pemilik, sedangkan sisanya masih KAI simpan.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, petugas announcer secara rutin mengingatkan kepada pelanggan agar menjaga barang bawaannya agar tidak tertinggal di stasiun atau di atas kereta api.

"Barang bawaan pelanggan merupakan tanggung jawab masing-masing, namun demikian untuk memberikan layanan maksimal petugas KAI akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," kata Joni, dikutip dari keterangan tertulis PT KAI, Senin (13/2/2023).

Sebagai informasi, PT KAI memiliki sistem layanan Lost and Found dimana para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barangnya di dalam kereta api atau di stasiun dapat melaporkan kepada petugas ataupun dapat juga melalui Contact Center KAI 121.

Pengalaman pelanggan terkait layanan Lost and Found KAI dapat ditemui pada kolom komentar pada unggahan akun Instagram @kai121_ pada 9 Februari 2023. 

Adapun komentar teratas yang datang dari akun @qurrotaayun, menceritakan kopernya yang tertukar dengan pelanggan lain, namun akhirnya kopernya dapat kembali.

"Pernah koperku tertukar sama salah satu penumpang pas waktu naik kereta ke arah jakarta, karena tertukarnya itu pas tengah malam dan aku lagi tidur jdi ga sadar, pas sampe stasiun gambir langsung ngasi tau ke bagian keamanan dan dibantu sampai koperku kembali ❤️,” cerita akun @qurrotaayun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Testimoni Lainnya

Ada juga akun @wejayyy_ juga yang menceritakan pengalamannya dimana ia pernah dua kali barangnya tertinggal dan selalu dapat kembali lagi. Ia juga mengapresiasi bahwa layanan Lost and Found KAI tanpa dipungut biaya sama sekali.

"Dua kali barang tertinggal selalu balik lagi dong, memang sekeren itu pelayanan KAI. Sempet ku kira klo ada barang tertinggal di balikinnya mesti bayar ternyata sama sekali ngga bayar alias gratis, semoga kedepannya selalu seperti itu mau melayani costumer nya dengan sepenuh hati🫶🏻,” ungkap akun @wejayyy_.

PT KAI menyampaikan, komitmennya terhadap layanan Lost and Found mencerminkan layanan prima KAI di aspek lainnya. Peningkatan layanan yang secara terus menerus dilakukan pun telah mendapat pengakuan dari masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari hasil survei nasional yang dilaksanakan oleh Saiful Mujani Research & Consulting pada Desember 2022.

Survei tersebut menunjukkan bahwa awareness masyarakat terhadap brand KAI cukup tinggi. Mayoritas masyarakat juga merasa puas dengan layanan kereta api sekarang ini.

"Tingginya tingkat kepuasan pada layanan KAI ini mengkonfirmasi keberhasilan KAI memperbaiki berbagai aspek pelayanannya. Sehingga diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan jasa KAI untuk bertransportasi," tutup Joni.

3 dari 4 halaman

Batal Naik Kereta Dampak Banjir Semarang, PT KAI Kembalikan Uang 100 Persen

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI komitmen mengembalikan dana atau refund 100 persen bagi penumpang pengguna jasa yang ingin membatalkan perjalanan atau berganti moda transportasi. Menyusul terganggunya perjalanan KA akibat banjir Semarang, Jawa Tengah.

"PT KAI juga memberikan kompensasi berupa pengembalian tiket hingga 100 refund di luar bea pesan dengan masa pembatalan maksimal 7 hari sejak jadwal keberangkatan KA," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (2/1/2022).

Selain refund, KAI akan membagikan Service Recovery berupa makanan dan minuman. Hal ini sesuai aturan yang berlaku.

Untuk info lebih lanjut terkait info pembatalan tiket dan update kondisi perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi kondektur yang bertugas melalui no HP yang tertera di setiap dinding kereta, Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, media sosial KAI121.

"KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," ucap Joni.

4 dari 4 halaman

Semarang Dikepung Banjir, Perjalanan Kereta Api Diputar via Jalur Selatan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi akibat banjir di wilayah Semarang dan sekitarnya. Banjir emarang terjadi sejak 31 Desember 2022 hingga Minggu (1/1/2023) pagi.

Curah hujan yang sangat tinggi sejak Sabtu (31/12/2022) dini hari menyebabkan terjadinya banjir yang menggenangi beberapa titik jalur kereta api dan aktivitas di Stasiun Tawang Semarang.

Pantauan pagi ini, hujan masih terjadi dan air masih menggenangi Stasiun Semarang Tawang setinggi 20 cm. Kemudian pada jalur KA di antara Stasiun Semarang Tawang-Alastua di Km 2+2 hingga 4+6, jalur hilir ketinggian air mencapai 28 cm. Sedangkan di Km 2+4 s.d 4+4 jalur hulu ketinggian air 26 cm.

Akibatnya, pelayanan penumpang di Stasiun Semarang Tawang sampai dengan saat ini dialihkan ke Stasiun Semarang Poncol. Adapun perjalanan KA yang akan melintasi wilayah tersebut akan dilakukan rekayasa operasi seperti pengalihan perjalanan, memutar melewati jalur selatan yakni Stasiun Solo Balapan, dan upaya menggunakan lokomotif khusus untuk melewati jalur yang tergenang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas gangguan perjalanan kereta api yang diakibatkan oleh bencana alam ini. KAI bersama seluruh stakeholder terus berupaya sebaik mungkin untuk dapat segera menormalkan jalur KA dan operasional kereta api.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api. KAI terus berupaya untuk mengurangi kelambatan yang terjadi, sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal," terang Joni, Minggu (1/1/2023).

Untuk perjalanan KA dengan tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan tetap PT KAI upayakan melewati jalur utara. Sedangkan untuk perjalanan KA selain tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan dialihkan via jalur selatan melalui Stasiun Solo Balapan dan Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.