Sukses

Ini Pentingnya Kekuatan Brand Dalam Pengembangan Perusahaan

Setidaknya ada tiga cara mengubah brand baru menjadi top brand di benak konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya ada tiga cara mengubah brand baru menjadi top brand di benak konsumen. Pertama, ciptakan produk dengan kualitas terbaik. minimal, memiliki kualitas yang sama dengan brand ternama. Hal itu penting dilakukan karena merupakan dasar terciptanya suatu strong brand image

Demikian diungkapkan CEO Frontier Group Handi Irawan. Kedua, lanjut dia, temukan nilai-nilai lokal yang dapat dipadankan dengan nilai brand.

“Hal ini dilakukan untuk menciptakan passion local terhadap brand image yang hendak dibentuk. Nilai-nilai tersebut dapat dimasukkan ke dalam desain, komunikasi atau lainnya,” ujarnya.

Ketiga, rekomendasi adalah cara promosi terbaik. Penting untuk diingat bahwa word of mouth adalah metode pemasaran termurah, terbesar dan terbaik. Jika berhasil mengejutkan konsumen dengan kedasyatan produk yang ditawarkan, mereka dengan sukarela akan menyebarkan apapun informasi tentang brand tertentu.

Handi Irawan di banyak kesempatan selalu menekankan pentingnya perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan mengomunikasikan kekuatan brand yang dimilikinya kepada khalayak. Tujuannya agar brand memiliki ekuitas yang tinggi di mata pelanggan. 

“Menjadi brand yang kuat itu konsepnya sederhana, yakni memiliki mind share tinggi, pengukurannya adalah top of mind share. Yang kedua adalah market share, dan yang ketiga adalah commitment share,” katanya.

Secara konsep, brand yang kuat memiliki tiga hal tersebut. Brand-brand yang menancap pertama kali di benak konsumen, banyak dibeli dan diingat. Perjalanan menuju Top Brand adalah perjalanan dari bawah ke atas. Harapannya, akan ada loyalitas pelanggan yang terus-menerus merekomendasikan, memviralkan, kemudian aktif melakukan pembelian secara berulang.

Melihat pentingnya membangun kesadaran brand di pasaran, developer Citra Swarna Group melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) dengan perusahaan yang bergerak di bidang riset dan jasa konsultasi pemasaran MarkPlus,Inc. 

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di kantor Citra Swarna Group, Bekasi Town Square antara Direktur Utama Citra Swarna Group, Victor dengan Chairman MarkPlus, Inc. Jacky Mussry. 

Kerja sama yang dilakukan merupakan salah satu usaha Citra Swarna Group untuk terus bertumbuh dan memperkuat corporate brand serta mengimplementasi marketing strategy yang relevan dengan kondisi pasar saat ini. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brand Awareness

Melalui kerja sama yang dilakukan, diharapkan brand awareness Citra Swarna Group serta produk-produk properti yang dikembangkan, seperti Kartika Residence, Citra Swarna Grande, Citra Swarna Tembong City, maupun Citra Swarna Tenjo City, menjadi top of mind dalam benak konsumen. 

Jacky Mussry menjelaskan, saat ini calon pembeli rumah semakin canggih dan tidak bisa hanya dibujuk untuk membeli produk yang kita tawarkan. 

Namun penjual harus meyakinkannya dengan bukti. Hal ini sejalan dengan semakin mudahnya akses informasi sehingga para konsumen menjadi lebih kritis dalam proses pengambilan keputusan pembelian. 

Menghadapi tantangan baru ini, para pengembang harus memiliki diferensiasi yang kuat yang merupakan elemen penting pendukung positioning agar terhindar dari keadaan “over-promised, under delivered. 

“Fenomena keterlambatan “serah terima kunci” misalnya, kini menjadi isu yang marak dibicarakan. Kerjasama ini diharapkan dapat membuahkan strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan dan relevan untuk menjawab anxieties dan desires para pelanggan,” jelasnya. 

 

3 dari 3 halaman

Strategis Manajemen

Sementara itu, Direktur Utama Citra Swarna Group, Victor, mengatakan dengan adanya arahan strategis manajemen yang lebih baik, Citra Swarna Group bisa menjadi salah satu pengembang terbaik di Indonesia dalam 5 tahun mendatang. 

“Selain produk yang baik, pemilihan lokasi yang tepat serta desain yang "smart", Citra Swarna juga membutuhkan Corporate Branding yang tepat untuk menjadi payung dari masing-masing proyek dan memperkuat identitas kami,” ungkap Victor. 

Sementara itu, Direktur Sales dan Marketing Suryanti Agustinar mengatakan sepanjang tahun 2021, pengembang mengalami peningkatan penjualan di tahun 2021 sebesar 131 persen year over year (YoY) dan 50 persen di tahun 2022. “Berdasarkan pertumbuhan selama 2 tahun terakhir, Citra Swarna Group optimis dengan target peningkatan penjualan di tahun 2023,” tegas Suryanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.