Sukses

Mengintip Nilai Pasar Enzo Fernandez, Pemuda Asal Argentina yang Diburu Chelsea

Dengan tingginya minat Chelsea pada Enzo Fernandez, seberapa besar nilai pasar bintang sepak bola asal Argentina itu?

Liputan6.com, Jakarta - Nama Enzo Fernandez tengah menjadi sorotan penggemar sepak bola dunia, setelah dikabarkan akan direkrut oleh Chelsea.

Diketahui, klub sepak bola asal Inggris itu tengah bekerja keras menjelang penutupan jendela transfer Januari 2023, salah satunya mendatangkan Enzo Fernandez. 

Dilaporkan, Benfica meminta Chelsea untuk membayar klausul pelepasan Enzo Fernandez senilai 120 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp 1,9 triliun.

Petinggi Chelsea bahkan dikabarkan terbang ke Portugal untuk menegosiasikan kepindahan Enzo Fernandez dari Benfica ke Stamford Bridge.

Dengan tingginya minat Chelsea pada Enzo Fernandez, seberapa besar nilai pasar bintang sepak bola asal Argentina itu? 

Melansir laman transfermarkt, Selasa (31/1/2023) Enzo Fernandez kini memiliki nilai pasar sebesar 55 juta euro atau sekitar Rp 894 miliar, yang terakhir diupdate pada 23 Desember 2022.

Laman itu menunjukkan, Enzo Fernandez merupakan pesepak bola kelahiran 17 Januari 2001. Dia memulai karirnya di dunia sepak bola di klub River Plate pada tahun 2018 hingga 2021. 

Berlanjut di 2022, Enzo Fernandez resmi bergabung bersama Benfica dengan biaya sebesar 14 juta euro atau setara Rp 227,6 miliar.

Transfermarkt juga mengungkapkan, probabilitas transfer Enzo Fernandez ke Chelsea mencapai 69 persen.

Laporan baru mengatakan, pihak Stamford Bridge dapat menandatangani target transfer yang didambakan mereka. Pada Senin sore (30/1), outlet berita Athletic melaporkan bahwa raksasa Liga Premier telah mengajukan tawaran 120 juta euro untuk mengontrak gelandang berusia 22 tahun itu, dalam upaya untuk mendapatkan kesepakatan tepat waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chelsea Siap Bayar Klausul Rp 1,9 Triliun, Benfica Malah Takut-takuti Enzo Fernandez

Diketahui, harga 105 juta pounds atau Rp 1,9 triliun yang ditetapkan Benfica untuk mentransfer Fernandez ternyata tak membuat KLUB penawar gentar. Chelsea bahkan siap membayar harga itu.

Namun, hal ini tampaknya malah membuat Benfica was-was.

Mengutip kanal Bola, saat ini, klub asal Portugal itu mengatur strategi untuk meyakinkan Fernandez untuk bertahan di Benfica.

Presiden Benfica, Rui Costa turun langsung untuk membujuk gelandang 21 tahun itu bertahan. Dia malah menakut-nakuti Enzo Fernandez agar menolak tawaran Chelsea.

Kabarnya, Costa mengatakan kepada FErnandez kalau pindah di pertengahan musim bisa merusak perkembangan dirinya. Apalagi Chelsea ada di posisi sedang tidak bagus.

Chelsea masih berada di peringkat enam klasemen. Namun kemenagnan 2-0 atas Bournemoutuh sudah akhiri tiga kekalahan beruntun tThe Blues di Liga Inggris.

3 dari 4 halaman

Benfica Janjikan Enzo Fernandez Kontrak Baru Agar Tak Pindah ke Chelsea

Beredar kabar yang menyebut Rui Costa menakut-nakuti Fernandez soal ketidakstabilan di Chelsea. Dia mencontohkan keputusan Todd Boehly yang memecat Thomas Tuchel di tengah jalan.

Benfica bahkan menjanjikan untuk memberi Fernandez kontrak baru dengan bonus 7 juta pounds tergantung beberapa variabel. Kalau dia menerima tawaran ini, klausul pelepasan Fernandez akan naik menjadi 185 juta pounds.

Selain Chelsea, MU dan Liverpool juga tertarik untuk boyong Fernandez. Namun Benfica sedang tak butuh uang setelah menjual Darwin Nunez ke Liverpool musim ini.

4 dari 4 halaman

Klub Inggris Lain Yakin Bisa Menyalip

Sebelumnya, Manchester United cukup yakin bisa salip Liverpool dalam perburuan gelandang muda Argentina, Enzo Fernandez. Liverpool hanya beberapa klub yang berminat dengan bintang muda Argentina ini.

Gelandang Benfica ini juga diminati Real Madrid. Enzo Fernandez baru gabung Benfica musim ini.

Namun dia sudah memberi pengaruh yang besar untuk klub asal Portugal itu dengan menorehkan 24 kali penampilan, 3 kali cetak gol dan 5 assist.

Enzo Fernandez juga cukup menonjol di timnas Argentina. Dia main tujuh kali dengan mencetak 1 gol dan 1 assist.

Memang, Enzo Fernandez awalnya tidak starter di laga melawan Arab Saudi dan Meksiko. Namun dia terus menjadi pilihan usai cetak gol lawan Meksiko di laga kedua.

Setelah itu, dia selalu jadi pilihan pelatih Lionel Scaloni saat melawan Polandia, Australia, Belanda, Kroasia dan Prancis. MU gerak cepat dalam perburuan Fernandez karena kabarnya sudah bicara dengan pemain Amerika Selatan ini.

Seperti dilansir UOL Esporte, Man Utd sudah lakukan negoisasi langsung. Manchester United menanyakan kemungkinan Enzo Fernandez pindah di bursa transfer Januari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.