Sukses

Cerita Miliarder Mark Cuban yang Dikira Idiot Karena Bisnisnya

“Orang mengira aku idiot,” tambah dia.

Liputan6.com, Jakarta Setiap ide besar terkadang ada saja seseorang yang mencela. Seperti yang dirasakan oleh salah satu miliarder Mark Cuban yang dikira idiot karena meluncurkan perusahaan yang dijualnya seharga miliaran.

Salah satu contoh Broadcast.com, perusahaan streaming audiov perintis yang menjadikan Mark Cuban seorang miliarder. Ketika Cuban dan temannya Todd Wagner mengambil alih perusahaan pada tahun 1995, itu adalah salah satu platform streaming pertama yang ada, membuka jalan bagi streaming terbesar saat ini, dari Netflix hingga Spotify.

Menjadi salah satu yang pertama dari jenisnya berarti platform tersebut merasakan tingkat skeptisisme tertentu di masa-masa awal internet. “Tidak ada yang melakukannya. Tidak ada,” kata Cuban kepada CBS “Sunday Morning” baru-baru ini seperti melansir CNBC, Selasa (17/1/2023).

“Orang mengira aku idiot,” tambah dia.

Pada tahun 1995, Cuban hidup dari pendapatan sekitar USD 2 juta dari penjualan perusahaan teknologi pertamanya, MicroSolutions. Bersama-sama dia dan Wagner memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan streaming bernama AudioNet - yang kemudian menjadi Broadcast.com - karena mereka ingin mendengarkan siaran radio langsung dari tim bola basket perguruan tinggi Universitas Indiana almamater mereka.

Perusahaan menerima konten audionya melalui satelit dan mendigitalkannya sebelum mendistribusikannya secara online. Akhirnya, Broadcast.com memperluas penawarannya untuk menyertakan audio dari acara langsung lainnya, seperti acara bincang-bincang radio dan konser rock.

Hanya butuh empat tahun untuk investasi Cuban dan Wagner divalidasi. Lalu Yahoo mengakuisisi startup seharga USD 5,7 miliar saham pada tahun 1999. Itu adalah waktu yang buruk bagi Yahoo, tepat sebelum ledakan gelembung dot-com - dan perusahaan akhirnya menghentikan streaming layanan setelah beberapa tahun.

Tapi itu waktu yang tepat bagi Cuban, yang menjual sebagian besar sahamnya sebelum pasar ambruk. Kekayaan bersihnya saat ini diperkirakan oleh Forbes sebesar USD 4,6 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mempelopori Platform Streaming

Terlepas dari kematian layanan, kesepakatan profil tinggi membantu menempatkan streaming digital. ″Ini kisah asal mula streaming,” kata Cuban kepada CBS.

Menengok ke belakang, skeptisisme terhadap ide streaming audio dan video online cukup umum pada saat itu. Pada tahun 1995, tahun yang sama Cuban meluncurkan perusahaannya, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates terkenal mencoba menjelaskan janji internet di CBS “Late Show with David Letterman” hanya untuk diejek oleh komedian tersebut.

“Saya mendengar Anda bisa menonton pertandingan bisbol langsung di internet dan saya seperti, ‘Apakah radio membunyikan bel?’” Letterman bercanda kepada Gates pada episode 1995.

Cuban menerima umpan balik serupa dari para penentang pada pertengahan 1990-an yang tidak membayangkan peran besar yang akan dimainkan oleh internet yang baru lahir, apalagi media streaming, dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Saat saya memberi tahu orang tentang visi untuk perusahaan, mereka akan berkata, ’Kamu gila. Saya hanya akan menyalakan TV saya. Saya hanya akan menyalakan radio,’” kata Cuban pada episode podcast “Starting Greatness” tahun 2021.

“Orang-orang akan menertawakan saya,” tambahnya. Akan tetapi, dia tidak ragu. Dalam pikirannya dia akan menjadi “pemenang”.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mark Cuban menjadi salah satu pengusaha asal Amerika Serikat.

    Mark Cuban

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder