Sukses

Holding BUMN Jasa Survey Kompak Perkuat Sumber Daya

Guna menguatkan kolaborasi tiga entitas anggota holding, IDSurvey atau Holding BUMN Jasa Survei menggelar Culture Talk Series (CTS)

 

Liputan6.com, Jakarta Guna menguatkan kolaborasi tiga entitas anggota holding BUMN jasa survei, IDSurvey atau Holding BUMN Jasa Survei menggelar Culture Talk Series (CTS) dengan tema 'We Collaborate, We Grow Together'.

“Tema ini diambil dengan tujuan mengedepankan semangat pertumbuhan bersama dilandasi oleh kolaborasi entitas holding berupa pemanfaatan sumber daya bersama,” ujar Direktur Operasi PT BKI (Persero) R. Benny Susanto, Rabu (28/12/2022).

IDSurvey terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/(BKI), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

“Pemanfaatan sumber daya tiga entitas secara bersama ini merupakan salah satu poin kolaborasi yang berpengaruh pada peningkatan pendapatan dan laba, efisiensi dan utilisasi, serta pencegahan redudansi,” ujar Benny.

Dalam paparan di CTS tersebut, Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas menyampaikan potensi kolaborasi strategis IDSurvey yang mampu memberikan nilai tambah pada berbagai industri yang memanfaatkan jasa Testing, Inspection, Certification (TIC).

“Dengan kolaborasi strategis dan karakteristik masing-masing entitas ini, kita sebagai IDSurvey mampu memberi nilai tambah pada beberapa sektor misalnya, industri baterai dan mobil listrik, minyak dan gas, serta dekarbonisasi,” kata Darwin dalam acara yang berlangsung di Aula Temu Graha Surveyor Indonesia secara hybrid pada Kamis (8/12/2022),

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya juga menyampaikan bentuk-bentuk kolaborasi yang ada di IDSurvey sebagai wujud implementasi nilai AKHLAK.

“Di luar pandangan teknis, kolaborasi-kolaborasi di lapangan, juga di kegiatan-kegiatan non-formal seperti talk series ini sebetulnya sudah mengukuhkan bahwa di IDSurvey telah mengimplementasi nilai AKHLAK. Bahkan, hal tersebut terinternalisasi dalam berbagai aspek kegiatan, dari operasional hingga non-operasional,” ujar Saifuddin dalam sesinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Selain para pembicara, turut hadir dalam CTS itu beberapa pejabat IDSurvey yaitu, Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, dan Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M. Haris Witjaksono dan Sekretaris Perusahaan PT BKI (Misbahudin Aidy. Selain itu turut hadir juga jajaran direksi dan pegawai tiga entitas holding secara langsung.

Kegiatan ini merupakan CTS ketiga setelah sebelumnya telah digelar kali pertama pada 25 Maret 2022 dengan tema “From Local Wisdom to Global Leadership”, dan yang kedua pada 16 Agustus 2022 dengan tema “Harmony in Diversity” yang juga dihadiri Komisaris, Direksi, dan pegawai Holding IDSurvey.

Pihak IDSurvey berharap melalui CTS ini dapat terbangun kolaborasi yang lebih solid demi meningkatkan daya saing, jaminan keselamatan keamanan produk jasa dan memperkuat posisi keuangan & market share, serta partnership/acquisition.

Semarak HUT IDSurvey masih terus berjalan sampai puncaknya pada 16 Desember 2022. Selain CTS, serangkaian acara lainnya antara lain yaitu IDSurvey Mengajar di berbagai kampus nasional, Media Gathering, hingga kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan melakukan program transplantasi terumbu karang di Pantai Carita.

3 dari 4 halaman

Transformasi Sukses, Kinerja Surveyor Indonesia Makin Moncer

Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan kepada semua BUMN untuk melakukan transformasi. Transformasi ini tidak hanya penggunaan teknologi melainkan juga secara bisnis. Upaya transformsai ini juga dilakukan PT Surveyor Indonesia (PTSI).

Direktur Utama PTSI M. Haris Witjaksono menjelaskan, Surveyor Indonesia telah melakukan serangkaian transformasi sebagai langkah strategis untuk tetap eksis dan membawa Surveyor Indonesia sebagai perusahaan yang adaptif.

"Kami telah melakukan diversifikasi produk jasa berbasis survei, verifikasi, monitoring, dan konsultansi serta mengoptimalkan kekuatan sebagai Independent assurance dengan fokus pada penguatan empat sektor yaitu : institusi kelembagaan, infrastruktur, mineral dan batubara, Migas dan Sistem Pembangkit," katanya, Kamis (8/12/2022).

Tidak hanya itu, pada tanggal 5 Mei 2021, PT Surveyor Indonesia resmi menjadi anggota Holding BUMN Jasa Survei yang diberi nama ID Survey bersama dengan entitas lainnya yaitu : PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) (BKI) dan PT SUCOFINDO. Melalui kolaborasi ketiga entitas tersebut, bersama-sama dapat menciptakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya bersama untuk memperbesar skala bisnis dalam memperkuat pelayanan jasa survei.

Tidak berhenti sampai di sana, Surveyor Indonesia menyadari bahwa transformasi adalah suatu hal yang berkelanjutan, terlebih dalam menghadapi era TUNA (turbulency, uncertainty, novelty, ambiguity) dan disrupsi dimana terjadi perubahan secara masif yang menuntut organisasi dan sumber daya yang dimiliki untuk agile dan melakukan inovasi untuk mengubah sistem dan tatanan bisnis ke taraf yang lebih baru.

"Dampak dari implementasi agenda transformasi Surveyor Indonesia tercermin dalam kinerja keuangan per Oktober 2022," tegas Haris.

4 dari 4 halaman

Kinerja Perusahaan

Pendapatan Usaha Year-to-date sebesar Rp 1,358 miliar setara dengan 100 persen dengan target RKAP sampai dengan periode yang sama, dan mengalami kenaikan 8,9 persen Year-on-year dibandingkan dengan pendapatan tahun 2021 sampai dengan bulan Oktober.

EBITDA  sampai dengan bulan Oktober tercatat mengalami pertumbuhan 18 persen dari EBITDA sampai dengan bulan Oktober tahun 2021.

Margin EBITDA sebesar 18,1 persen meningkat 1,4 persen dari Margin EBITDA tahun 2021 menggambarkan adanya pertumbuhan usaha dengan proses bisnis yang menekankan pada peningkatan efisiensi dan profitabilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.