Sukses

Nih 15 Tren Komunikasi Digital yang Sangat Berguna di 2023

Menjawab pertanyaan itu, beberapa anggota Dewan Komunikasi Forbes akhirnya berbagi bocoran yang dapat membantu tim komunikasi yang sedang menyiapkan strategi pemasaran digital di tahun mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup hingga bekerja mulai berubah sejak adanya pandemi Covid-19. Salah satunya tren komunikasi digital yang kian berkembang dan kemungkinan akan berlanjut hingga 2023.

Sejak awal pandemi, orang-orang di hampir seluruh dunia telah mengubah gaya kerja dan hidup untuk berintegrasi secara lebih mulus dalam lingkungan online dan virtual. Lalu bagaimana sebuah bisnis di tahun 2023 mampu memanfaatkan tren komunikasi digital yang ada sehingga mampu mempengaruhi pengalaman tidak hanya pelanggan tetapi juga karyawan?

Menjawab pertanyaan itu, beberapa anggota Dewan Komunikasi Forbes akhirnya berbagi bocoran yang dapat membantu tim komunikasi yang sedang menyiapkan strategi pemasaran digital di tahun mendatang.

Jadi, inilah 15 tren komunikasi digital yang masih berdampak di tahun 2023 seperti melansir Forbes, Minggu (25/12/2022):

1. Video Siaran Langsung (Live) dan VOD yang Dapat Dibeli

Terlihat banyak perusahaan memanfaatkan video langsung dan video-on-demand yang dapat dibeli. Dari Walmart dan Rachael Ray hingga merek yang lebih kecil menggunakan CEO mereka sebagai pemberi pengaruh, pengujian dilakukan secara menyeluruh.

Semua orang ikut-ikutan dan bekerja sama dengan agensi, jaringan kreator, atau penyedia teknologi mereka untuk menguji dan belajar saat mereka memasuki tahun 2023. Ada peluang dan laba atas investasi yang nyata. -Chynthia Nelson, Revo Video.

2. Kemitraan dengan Kreator dan Influencer

Kemitraan dengan kreator dan influencer akan terus meningkat pada tahun 2023. Kebutuhan untuk memiliki sponsor selebriti di setiap kampanye pemasaran semakin berkurang karena influencer tingkat mikro, menengah, dan makro memberikan manfaat yang lebih berkelanjutan dengan tingkat investasi yang lebih efisien.

Kita akan melihat lebih banyak merek membentuk kemitraan yang lebih dalam dengan para duta besar dan menghubungkan para pemberi pengaruh tersebut ke agenda media yang lebih luas. -Keith Bendes, Linqia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kode QR

Kode QR telah muncul sebagai metode pilihan baru untuk menjangkau kaum muda dan mereka yang cenderung tidak ingin mengetik URL. Solusi di era Covid ini telah melonjak ke garis depan untuk TV, surat langsung, rilis, dan bahkan papan reklame dan ruang istirahat. Jadi, Anda sebagai pebisnis harap menyiapkan mesin analitik untuk melacaknya karena tren ini akan semakin berkembang. - Kathleen Stockham, South College.

4. Proliferasi Perangkat Seluler

Proliferasi perangkat seluler dan peningkatan yang sesuai dalam penggunaan data seluler akan terus berdampak besar pada komunikasi digital di tahun mendatang. Sebab, akan semakin banyak orang menggunakan smartphone dan tablet untuk mengakses internet dan tren ini akan terus berlanjut. Ini berarti bahwa bisnis perlu fokus untuk membuat situs web dan konten yang ramah seluler. - Tony Liau, Object First.

5. Platform Perpesanan Real-Time

Platform perpesanan waktu nyata akan terus meningkat popularitasnya di kalangan bisnis dan profesional pemasaran digital. Platform ini mengumpulkan data pelanggan yang tak ternilai dan memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan menyediakan perjalanan pelanggan yang disederhanakan dari awal hingga akhir. Tren ini akan terus berkembang karena CX menjadi prioritas utama menuju iklim ekonomi yang goyah. - Sherri Schwartz, OvationCXM.

6. Bertemu Orang di Mana pun Mereka Berada

Bertemu orang-orang di mana mereka berada adalah tren baru yang telah memperoleh banyak daya tarik pada tingkat pribadi dan profesional. Tren ini akan mulai menembus pengalaman pelanggan dan cara perusahaan merancang produk dan pengalaman. Jadi, sangat penting untuk menjaga pelanggan dan orang-orang dalam konteks dan menemui mereka di mana mereka berada dengan persyaratan mereka. - Jonathan Shroyer, Arise Gaming.

7. Kebangkitan Kepemilikan Properti

Situs web, daftar email, komunitas itu adalah audiens. Obsesi dengan audiens sewaan akan menghilang, terutama mengingat berkurangnya cookie pihak ketiga bersama dengan algoritme yang terus berubah. Pada tahun 2023, pemasar akan menggunakan semua properti digital di mana mereka dapat mengontrol setiap aspek pengalaman. - Patrick Ward, Rootstrap.

8. Komunikasi yang Dipersonalisasi

Komunikasi yang dipersonalisasi akan terus berdampak di masa mendatang. Tidak hanya orang lebih cenderung memperhatikan konten yang ditujukan kepada mereka dan disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi mereka juga lebih cenderung terlibat dengannya dan bereaksi positif terhadapnya. - Roshni Wijayasinha, Prosh Marketing.

9. Penggunaan Data

Penggunaan data (data Web yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi apakah dan kapan prospek secara aktif mencari solusi) akan berlanjut hingga tahun depan karena pemasar meningkatkan kualitas prospek secara keseluruhan, menghasilkan tingkat penutupan yang lebih tinggi dari prospek tersebut dan membantu penjualan tim dalam mengurangi siklus penjualan. - Caroline Lyle, Driven-Brands.com.

 

3 dari 3 halaman

10. Podcasting

Tidak ada keraguan bahwa kita semua memiliki obsesi yang sehat terhadap podcast. Tren ini telah membangun momentum sejak podcasting pertama kali mulai populer dan bertahan, yaitu akhir tahun 2004. Saat ini, ini bukan hanya saluran bagi pemasar tetapi juga peluang bagi perusahaan untuk terlibat dengan konsumen dengan membuat konten yang disesuaikan untuk mereka. - Ryan Becnel, Energea.

11. Komunikasi dan Koneksi Autentik

Komunikasi dan koneksi yang autentik akan selalu populer dan harus diperhitungkan saat membangun hubungan secara digital. Transparansi telah menjadi sudut pandang yang populer selama beberapa tahun terakhir, dan pemangku kepentingan, pelanggan, dan karyawan hampir mengharapkan tingkat keaslian dalam taktik komunikasi saat ini. Pastikan untuk memperlakukan audiens Anda sebagai orang sungguhan, bukan transaksi. - Kristin Russel, symplr.

12. Konten Audio

Semakin banyak organisasi yang mengeksplorasi penggunaan konten audio sebagai metode komunikasi digital. Menurut laporan terbaru, mayoritas karyawan lebih suka mendengarkan podcast yang berisi informasi yang relevan daripada menghadiri rapat. Sementara itu, ketika seorang pemimpin senior adalah tuan rumah, memanfaatkan tren ini memungkinkan pendekatan yang lebih pribadi di mana karyawan merasa seolah-olah sedang mengembangkan hubungan dengan tuan rumah. - Frank Wolf, Staffbase.

13. Video Pendek

Cuplikan video pendek akan tetap menjadi cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan penonton menjelang tahun 2023. Video pendek menarik dan mudah diingat. Mereka juga mudah diproduksi dan diperbarui agar tetap relevan. Baik itu iklan pre-roll di YouTube, Instagram Reel, atau promosi di layar reklame digital, video pendek memberi pemasar media yang dapat diakses untuk terhubung dengan audiens. - Tippet Mike, Hughes.

14. Pemasaran Email

Pemasaran email mungkin mendekati ulang tahunnya yang ke-45, tetapi akan terus tumbuh pada tahun 2023 dan seterusnya. Sebab, pelacakan dan penargetan audiens menjadi lebih menantang, alamat email akan terus menjadi data identifikasi audiens yang paling berharga. Lebih banyak perusahaan juga akan memanfaatkan email untuk akuisisi pelanggan sambil tetap mematuhi peraturan baru dan yang sudah ada. - Tom Wozniak, OPTIZMO Technologies, LLC.

15. Lingkungan Kerja Hibrid

Setelah pandemi Covid-19, cara bekerja, berkomunikasi, dan berkolaborasi berubah. Hal itu membuat strategi komunikasi digital hybrid tidak hanya relevan untuk tahun baru, tetapi juga untuk beberapa dekade mendatang. Jadi, fokuslah untuk menawarkan alat, proses, dan teknologi yang tepat yang akan memungkinkan lingkungan kerja hybrid yang berhasil. - Susan Hardy, CDW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.