Sukses

Erick Thohir Blusukan Pasar, Minta BUMN Jaga Harga Bahan Pokok Jelang Nataru

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan BUMN membantu ketersediaan bahan pokok dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Erick telah menginstruksikan BUMN-BUMN pangan yang tergabung dalam Holding BUMN Pangan atau ID Food untuk memonitor perkembangan ketersediaan bahan pokok jelang Nataru.

"Kita tahu tren kebutuhan bahan pokok saat akhir tahun akan mengalami peningkatan. BUMN harus hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Erick saat mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pasar Rasamala, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (2/12/2022).

Dalam pantauannya tersebut, Erick menyebut ketersediaan bahan pokok masih aman. Erick mengatakan Kementerian BUMN akan terus berkoordinasi dengan Kemendag dan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang akhir tahun.

"Tadi Pak Mendag sudah sampaikan bahwa harga bawang, cabai merah keriting, tempe, masih tetap, bahkan harga ayam justru turun. Memang ada beberapa yang naik sedikit seperti cabai rawit dan telur. Secara keseluruhan, stoknya cukup, termasuk beras Bulog masih aman," ucap Erick.

Pria kelahiran Jakarta tersebut menyampaikan pemerintah berupaya keras dalam menjaga kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat. BUMN, lanjut Erick, pun turut membantu dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemampuan BUMN Seimbangkan Pasar

Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi, Erick sampaikan, BUMN memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pasar tatkala harga mengalami kenaikan.

Hal ini telah dilakukan BUMN seperti saat pandemi dengan menyediakan harga masker yang jauh lebih murah. Erick menyampaikan BUMN juga siap melakukan operasi pasar dengan menggelar pasar murah di sejumlah daerah yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Untuk itu, kenapa saya sering tekankan bahwa BUMN harus sehat. Fungsinya ya ketika harga-harga naik, BUMN bisa hadir mengintervensi pasar sehingga membantu masyarakat mendapatkan harga bahan pokok yang lebih terjangkau. Kalau BUMN-nya tidak sehat, boro-boro mau bantu masyarakat," kata Erick menambahkan.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Buka Pedaftaran Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Catat Tanggalnya!

Menteri BUMN Erick Thohir kembali membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN gelombang kedua. Pendaftaran dibuka selama satu pekan, mulai 1-7 Desember 2022.

Mengutip unggahan akun Instagram @kementerianbumn dan @fhci.bumn, pendaftaran sudah mulai dibuka. Ini sebagai langkah untuk terus menciptakan lapangan pekerjaan di lingkup perusahaan pelat merah.

"Tersedia lebih dari 890 posisi sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN. Eksplorasi peluang karir kamu yang tersedia di berbagai BUMN. Talenta terbaik yang memiliki ijazah Diploma, S1 dan S2 dapat ikut mendaftar," tulis akun tersebut, dikutip Kamis (1/12/2022).

Rekrutmen ini terbuka untuk para pendaftar di gelombang pertama yang belum lolos. Ini juga bisa dimanfaatkan oleh calon pendaftar baru yang berkeinginan kerja di BUMN. "Bagi kalian yang kemarin sudah mengikuti RBB batch 1 dan masih belum berhasil silakan coba lagi! Buat kalian yang baru pertama kali ikut, siapkan diri kalian sebaik mungkin," seperti dikutip.

Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN menegaskan kalau rekrutmen ini bebas biaya pendaftaran. Kementerian BUMN juga mengimbau untuk calon pendaftar berhati-hati atas penipuan yang beredar.

"Seluruh tahapan Program RBB 2022 Batch 2 ini BEBAS BIAYA. Hati-hati penipuan dan Hoax yang mengatasnamakan Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat penipuan tersebut," tegas akun tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar

Sebagaimana tahapan sebelumnya, Kementerian BUMN membuka pendaftaran hanya melalui satu kanal. Yakni melalui kanal rekrutmenbersama.fhcibumn.id/home.

Informasi mengenai pendaftaran dan persyaratan juga tertera di dalam laman tersebut. Selanjutnya, bagi calon pendaftar, bisa juga menghubungi Helpdesk Rekrutmen Bersama BUMN di nomor WhatsApp +62 811-8954-320, email rekrutbersama@fhcibumn.id, dan Telegram @BumnFHCI_bot.

"Ayo bergabung bersama kami!Belajar, bertumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia," tutup unggahan tersebut. Tak Ada Titipan Anak Sultan

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pembekalan bagi para peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Pada tahap perekrutan kali ini, Erick menegaskan bakal menutup kesempatan bagi orang-orang titipan.

"Rekrutmen BUMN yakinlah, tak ada namanya anak sultan. Kita transparan. Kalau budidaya di awal saja sudah salah, gimana mau menatap masa depan. Jadi kita transparan, tidak ada titipan," serunya dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Secara lowongan, Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diselenggarakan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka lebih dari 2.700 posisi. Namun karena antusiasme yang tinggi, Erick usul untuk memberikan tambahan lowongan untuk program magang, sehingga total ada sekitar 5.000 posisi.

"Saya sudah putuskan, rekrutmen ini 2.700. tapi karena animonya luar biasa, ada 2.300 lagi kita berikan kesempatan magang," ujar Erick Thohir.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS