Sukses

Jadi Miliarder Pertama Masuk Gedung Putih, Begini Cara Donald Trump Habiskan Hartanya

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi salah satu orang tajir pertama yang memasuki Gedung Putih karena terpilih menjadi Presiden AS pada 2016. Sampai dijuluki sebagai miliarder, lantas berapakah kekayaan yang dimilikinya?

Dilansir dari South China Morning Post, Selasa (4/10/2022), menurut perhitungan Forbes, kekayaan Trump menembus USD 3 miliar atau sekitar Rp 46 triliun. Hartanya itu ternyata berasal dari bisnis properti dan perhotelan.

Sementara itu, pada Rabu (19/9) lalu, jaksa agung New York mengajukan gugatan perdata besar-besaran terhadap Trump, bisnisnya, dan tiga anak tertuanya, Donald Jr., Eric, dan Ivanka. Letitia James mengatakan Trump "secara keliru menggelembungkan kekayaan bersihnya hingga miliaran dolar" dan "berulang kali dan terus-menerus memanipulasi nilai aset untuk mendorong bank meminjamkan uang ke Trump Organization".

Untuk mengetahui kelanjutannya, mari disimak bagaimana Trum mengumpulkan harta kekayaannya sampai jadi orang tajir hingga untuk apa ia menghabiskannya.

Dari lapangan golf, mobil mewah, kebun anggur, hingga pesawat terbang, inilah portofolio Trump yang medukungnya jadi miliarder.

Kekayaan sekitar USD 3 miliar

Menurut Forbes, kekayaannya sekitar USD 3 miliar, turun USD 1 miliar selama pandemi. Kepemilikannya meliputi beberapa lapangan golf, hotel, mobil mewah, kapal pesiar, kebun anggur, pesawat terbang, dan helikopter.

Kekayaan mantan presiden itu mencapai puncaknya pada tahun 2016, ketika kekayaannya diperkirakan mencapai USD 4,5 miliar.

Kekayaannya berpusat di sekitar kepemilikan real estat komersial yang diperkirakan bernilai 1,9 miliar dolar AS sebelum pandemi Covid-19 dan setelah dikurangi utang, menurut Forbes.

Saat mencalonkan diri sebagai presiden, Trump menghabiskan USD 66 juta dari uangnya sendiri untuk membantu mendanai kampanyenya, menurut pengungkapan dana kampanye yang diperiksa oleh Reuters.

Jadi, Trump menjadi miliarder pertama yang menjadi presiden AS dan menyumbangkan gaji tahunannya sebesar USD 400.000.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Punya Properti Bernilai Hampir USD 1 Miliar di New York

Sumber pendapatan termasuk lisensi, branding, resor golf, dan arena seluncur es Central Park.

Penthouse Trump Tower adalah kediaman utama presiden ke-45 sebelum pindah ke Washington DC. Nilainya mencapai USD 50 juta, menurut Forbes.

Perusahaan Trump memiliki setidaknya 14 properti di New York City, termasuk Trump World Tower dan Trump Tower. Forbes memperkirakan portofolio propertinya di New York bernilai USD 960 juta.

Selain itu, Trump memiliki properti di Palm Beach, Florida, termasuk Trump Grande, Trump Tower Sunny Isles, dan Trump Hollywood, menurut situs web Trump Organization. Itu diperkirakan bernilai sekitar USD 25 juta, menurut Forbes .

MarS-a-Lago milik Trump Organization juga diperkirakan bernilai USD 350 juta. Mantan presiden telah menggunakan klub anggota pribadi sebagai tempat tinggal utamanya sejak meninggalkan Gedung Putih.

Selain properti rumah, Trump juga memiliki perkebunan di pulau Karibia Saint Martin yang disebut Le Château des Palmiers. Ini di pasarkan untuk USD 15,5 juta.

Bukan itu saja, mantan Presiden AS ini juga memiliki properti perumahan di New Jersey, Connecticut, Hawaii, Illinois dan Nevada, serta Eropa, Asia dan Amerika Selatan. Adapula asetnya Trump juga termasuk hotel di Florida, Hawaii, Illinois, Nevada, Virginia dan New York, serta Irlandia dan Skotlandia.

 

3 dari 3 halaman

Punya lapangan golf, jet pribadi, dan mobil mewah

Selain properti rumah, Trump dikabarkan juga memiliki 19 lapangan golf dan bermain golf hampir 300 kali selama masa kepresidenannya, menurut situs web Trump Golf Count.

Karena memiliki kegemaran pada pesawat terbang dan mobil mewah, akhirnya dia pun membeli lima pesawat dan berbagai mobil, dari Rolls-Royce Silver Cloud hingga Mercedes-Benz 3600, menurut The Washington Post.

Trump juga membelikan istrinya, Melania Trump, McLaren SLR seharga USD 455.000, menurut laporan The Washington Post.

Beli Boeing 727 seharga USD 100 juta

Bahkan Trump sampai-sampai membeli Boeing 727 dan dijuluki "Trump Force One" selama kampanye pemilihan 2016. Dia membeli Boeing 727 dari miliarder Paul Allen pada 2010 seharga USD 100 juta. Pesawat ini menghabiskan biaya ribuan dolar per jam untuk terbang, menurut The New York Times.

Tak hanya itu, Trump juga memiliki helikopter Sikorsky S-76 yang harganya antara USD 5 juta dan USD 7 juta.

Habiskan harta demi beli potret diri sendiri hingga menata rambut

Pada 2013, Trump menghabiskan USD 60.000 untuk membeli potret dirinya dari seniman William Quigley.

Pada 2019, mantan pengacara Trump, Michael Cohen, menuduhnya membayarnya dengan uang dari badan amal Donald J. Trump Foundation.

Selain itu, pada tahun 2017, Trump menghabiskan hartanya senilai USD 70.000 untuk penata rambut, menurut The New York Times, biaya yang ia klaim sebagai pengurang pajak.

Jas Trump sebagian besar dibuat oleh label Italia Brioni, seorang juru bicara mengatakan kepada The New York Times, dan harganya antara USD 6.000 dan USD 17.000.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.