Sukses

3 Langkah Praktis Wujudkan Pernikahan Impian, Termasuk soal Keuangan

 

Liputan6.com, Jakarta Setelah banyaknya penundaan yang terjadi, melandainya kondisi darurat Covid-19 saat ini berdampak positif kepada masyarakat generasi muda, terutama mereka yang tengah menuju jenjang pernikahan.

Hal ini membutuhkan banyak persiapan dari menentukan konsep, kapasitas undangan hingga perencanaan keuangannya sehingga para calon mempelai dapat memiliki pernikahan impian mereka.

Saat ini, generasi milenial dan juga Gen Z terbilang cukup berhati-hati dalam mempersiapkan pernikahannya, terutama terkait biaya pernikahan yang menjadi perhatian utama untuk dipertimbangkan dengan matang.

Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam merencanakan dan menghitung modal pernikahan:

1. Merancang Konsep Pernikahan

Calon pengantin umumnya memiliki angan-angan bentuk pernikahan impian. Konsep terbaik biasanya terbentuk setelah kedua calon saling berdiskusi.

Referensi konsep bisa di dapat melalui beberapa lamanmedia sosial atau banyak diskusi dengan dekorator pernikahan, dan tentunya pastikan juga memintamasukan dari anggota keluarga.

Biasanya upacara pernikahan Indonesia cenderung kental dengan unsur budaya yang disesuaikan dengan etnis sang mempelai. Konsep pernikahan dengan unsur ini juga perlu dipertimbangan untuk mengetahuilebih jelas lagi, apakah akan berkonsep indoor, outdoor atau semi outdoor. Semua detail ini harusdisesuaikan dengan preferensi dari calon pengantin, agar pernikahan impian mereka dapat terwujud.

2. Menentukan Kapasitas Undangan dan Kebutuhan Utama Lainnya

Setelah selesai dengan konsep pernikahan yang diinginkan, selanjutnya kedua mempelai harus memutuskan kapasitas undangan dan kebutuhan utama lainnya.

Kapasitas undangan ini akan berpengaruh besar pada tempat resepsi yang akan digunakan dan juga beberapa kebutuhan utama lainseperti catering, souvenir, dan juga dekorasi ruangan.

Pada tahap ini, kedua mempelai perlu mempertimbangkan banyak opsi lantaran saat ini masih masukdalam kondisi PPKM level 1.

Perlu juga dipastikan bahwa kapasitas undangan dan keseluruhan jalannya acara sudah memenuhi standar dan peraturan pemerintah setempat.

Untuk hal ini, kedua mempelai perlu memastikan bahwa jalannya acara sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah setempat, terkait keberlangsungan acara dengan kapasitas yang disebutkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

3. Membuat Perencanaan Keuangan yang Maksimal

Langkah terakhir adalah membuat daftar keuangan dari semua perencanaan yang sudah ada. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 melalui Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menyebutkan bahwa modal pembiayaan pernikahan juga meningkat drastis setiap tahunnya.

Perencanaan keuangan ini dilakukan paling akhir supaya dapat mencari opsi harga yang terbaik darikebutuhan yang diperlukan. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya penambahan biaya dari kebutuhan lain diluar yang telah direncanakan.

Selain itu, kedua calon mempelai juga dapat memiliki tambahan modal pernikahan melalui beberapa layanan pembiayaan, seperti yang ditawarkan oleh OKKTA dari OK Bank.

OK KTA memiliki KTA Me Too yang dapat digunakan oleh calon pengantin yang mengimpikan intimate wedding di rumah. Mereka bisa melakukan pengajuan penambahan modal dengan plafon dana pinjaman hingga Rp 20 juta.

Bagi mereka yang memiliki konsep pernikahan di gedung juga dapat mengajukanpinjaman melalui produk KTA premium yang menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 200 juta.

Hardiansyah Ramadhan, Department Head Retail OK Bank mengatakan, “Beberapa produk yang kamitawarkan memberikan banyak kemudahan bagi para calon pengantin yang ingin mewujudkan pernikahanimpian mereka. Tidak hanya itu, mereka juga dapat memaksimalkan persiapan perencanaan pernikahantanpa perlu memangkas biaya yang dianggap perlu oleh keduanya. Hal ini akan banyak membantu calonmempelai untuk mendapatkan pernikahan yang diinginkan dengan dana yang maksimal.”

Program OK KTA ini juga dijelaskan oleh Hardiansyah, menawarkan pinjaman dengan tenor sampai 60bulan. Akses pengajuan kredit juga diberikan melalui persyaratan sederhana; cukup melampirkanidentitas diri (KTP) dan referensi bukti vaksin kedua.

Proses pengajuan pinjaman juga hanya 5 menit, danpencairan cukup 1 hari kerja apabila dokumen yang disertakan lengkap dan sesuai, sehingga para calonpengantin tidak perlu menunggu waktu lama untuk memenuhi kebutuhan pernikahan mereka.

3 dari 4 halaman

Tips Hemat Memilih Suvenir untuk Pesta Pernikahan

Hari pernikahan adalah momen yang spesial dalam hidup seseorang. Segala detail pernikahan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari pakaian pengantin, riasan, dekorasi, katering hingga suvenir. 

Suvenir pernikahan adalah bentuk ucapan terima kasih dari kedua mempelai atas kehadiran para tamu di hari istimewanya. Sebagai calon mempelai, Anda tentu ingin memberikan suvenir pernikahan yang terbaik dan berkesan kepada tamu undangan. 

Meski terkesan mudah, ternyata memilih suvenir pernikahan sering kali membuat bingung. Tidak perlu bingung, simak tips memilih suvenir pernikahan unik dan murah berikut ini!

Sesuaikan Jumlah Tamu Undangan

Jangan sampai anggaran jebol hanya untuk mempersiapkan suvenir pernikahan. Untuk menghindari hal itu, hitung dengan cermat jumlah tamu undangan Anda. 

Siapkan budget khusus untuk suvenir berdasarkan jumlah tamu undangan. Jika keuangan sudah terencana, Anda akan lebih mudah menentukan jenis souvenir yang dipilih. 

Pilih jenis suvenir yang masuk dalam perhitungan Anda. Sebaiknya pilih souvenir yang murah, namun tidak murahan. 

Bermanfaat

Suvenir yang baik tentu tidak hanya berakhir sebagai pajangan, tapi juga bermanfaat. Pilihlah suvenir yang membawa manfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Suvernir bermanfaat tidak selalu harus mahal. Tidak perlu memikirkan hal rumit, ide suvenir yang berkesan dan bermanfaat bisa jadi ada disekitar Anda. 

Jadi, tips memilih suvenir pernikahan unik dan murah adalah dengan berpikir sederhana. Pikirkan benda di sekitar Anda yang ukurannya tidak terlalu besar agar mudah dibawa dan bisa digunakan. 

4 dari 4 halaman

Pilih Suvenir dengan Konsep Tertentu

Jika pernikahan Anda memiliki konsep atau tema tertentu, maka menentukan suvenir lebih mudah. Tips memilih suvenir pernikahan unik dan murah yaitu sesuaikan dengan tema pernikahan. 

Selain konsep pernikahan, Anda juga bisa menentukan jenis suvenir yang cocok berdasarkan hobi atau profesi Anda dan pasangan.

Misalnya, jika Anda atau pasangan punya usaha kafe, Anda bisa memberikan suvernir berupa biji kopi atau bubuk matcha. 

Jika Anda atau pasangan suka berkebun, Anda bisa memberikan suvenir berupa biji tanaman atau bibit tanaman yang mungil.

Kemasan Rapi dan Cantik

Kemasan suvenir yang rapi dan cantik bisa memberikan kesan elegan dan unik. Selain itu, pengemasan suvenir yang cantik membuat suatu souvenir tampak naik kelas. 

Tamu undangan tidak akan memikirkan berapa harga suvenir Anda jika Anda berhasil mengemasnya dengan cantik. 

Beri Kartu Ucapan

Membuat suvenir dalam bentuk custom akan memerlukan biaya lebih banyak. Untuk Anda yang ingin menghemat dana, bisa memilih untuk menggunakan kartu ucapan saja. 

Selipkan kartu mungil dengan desain yang cantik pada kemasan souvenir pernikahan Anda. Hal ini akan membuat suvenir pernikahan lebih berkesan. 

Memilih souvernir pernikahan yang pas memang tidak mudah. Semoga setelah membaca tips memilih souvenir pernikahan unik dan murah ini, Anda mulai menemukan ide untuk suvenir pernikahan Anda. 

Suvenir yang baik tentunya akan membuat para tamu undangan merasa senang ketika menerimanya.

Diskusi dengan Pasangan

Jika Anda masih bingung, ajak pasangan Anda berdisuksi tentang hal ini. Jangan ragu untuk meminta saran dari keluarga atau sahabat Anda tentang ide souvenir yang cocok untuk melengkapi hari pernikahan Anda. 

Satu lagi, sebaiknya souvenir pernikahan dipilih dari jauh-jauh hari supaya bisa mendapatkan pilihan yang paling pas dengan keinginan dan budget Anda. 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.