Sukses

Diproduksi di Indonesia, Mobil Listrik Wuling Air ev Bakal Jadi Kendaraan KTT G20 Bali

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi membuka acara peluncuran produksi perdana mobil Wuling Air EV buatan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga Hartarto turut meninjau general assembly pabrik Wuling untuk melihat proses pembuatan mobil-mobil produksi Wuling, serta kemudian melakukan test drive mengendarai mobil Wuling Air EV.

Berdasarkan data Bloomberg, potensi permintaan Electric Vehicle (EV) di dunia diperkirakan akan terus meningkat dan mencapai sekitar 55 juta unit EV hingga tahun 2040.

Untuk menangkap peluang tersebut sekaligus mendukung agenda Conference of Parties tentang Perubahan Iklim (COP21), Indonesia telah menerbitkan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL-BB)/BEV untuk Transportasi Jalan serta mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan dan pengembangan ekosistem industri KBL-BB melalui Peta Jalan Industri Otomotif Nasional dan Peta Jalan Pengembangan Industri KBL-BB.

“Tentu dengan peluncuran ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa menggunakan kendaraan baterai atau electric vehicle yang harganya affordable. Dengan adanya mobil EV ini diharapkan dapat menciptakan net zero emission dan dengan semakin banyak kota-kota yang menggunakan EV, tingkat pencemaran lingkungannya semakin menurun,” kata Menko Airlangga dalam acara Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air EV di PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Pemerintah memandang optimis bahwa sektor industri akan mampu terus tumbuh. Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur Indonesia kembali mengalami ekspansi ke level 51,3 pada Juli 2022 atau meneruskan tren ekspansif 11 bulan berturut-turut.

Survei Kegiatan Dunia Usaha yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga menunjukkan bahwa sektor Industri Pengolahan pada Q3-2022 diperkirakan masih akan mampu meneruskan pertumbuhan kembali.

"Saya berharap PT SGMW yang baru sekitar 7 tahun berdiri di Indonesia, bisa menjadi leading EV producer di seluruh Indonesia. Dengan investasi sebesar USD 1 miliar, 10.000 karyawan, dan luas area sebesar 60 hektar, ini juga menjadi salah satu basis ekspor otomotif Indonesia," ujar Airlangga.

Produk Wuling Air EV yang diluncurkan perdana pada kesempatan tersebut, merupakan peluncuran KBL-BB terbaru yang dikembangkan oleh Wuling. Produk ini juga telah dikonfirmasi sebagai kendaraan resmi untuk KTT G20 di Bali mendatang.

Pemerintah mengapresiasi komitmen kerjasama dari PT SGMW yang terus mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT G20 dengan kualitas produk dan layanan yang terbaik, dan bersama-sama menunjukkan upaya Indonesia dalam penerapan penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan lingkungan hijau, serta pengembangan masa depan industri otomotif Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Debut Global Wuling Air ev Berlangsung di Indonesia

Wuling Motors (Wuling) akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik perdananya, Wuling Air ev. Debut global Wuling Air ev berlangsung di pabrik Wuling di Greendland International Industrial Center, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong mengatakan, kendaraan listrik yang diluncurkan hari ini adalah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia dan Indonesia telah menjadi stasiun peluncuran perdana.

"Kami telah membawa teknologi terbaru ke Indonesia dan demi dapat menyesuaikan strategi dan penerapan penghematan energi global, serta pengurangan emisi. Dan pastinya juga mendorong perubahan besar di seluruh rantai industri otomotif Indonesia mulai dari penelitian dan pengembangan produk, manufaktur, komponen-komponen penting, konsumen dan sebagainya," terangnya saat peluncuran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita turut menghadiri acara bertajuk 'Peluncuran produksi perdana Wuling Air ev Buatan Indonesia' itu. Kedua sempat melihat proses perakitan, serta menjajal Wuling air ev secara langsung.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran SGMW Motor Indonesia atas produksi mobil EV yang diketahui ini merupakan jenis dan tipe perdana artinya ini baru ada di Indonesia, belum ada di negara lain. Selamat," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Wuling Air ev sendiri baru akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 2022 pada 11 Agustus mendatang. Spesifikasi lengkap berserta harga juga baru akan diumumkan pada pameran otomotif berskala internasional tersebut.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Desain

Sekadar informasi, mobil listrik berbasis GSEV ini mengusung versatile compact design sehingga mudah digunakan dan dikendarai. Dimensinya yang ringkas membuat mobil ini cocok digunakan di daerah perkotaan yang lalu lintasnya padat dan tempat parkir yang areanya terbatas.

Tampilan eksterior Wuling EV cukup futuristik dengan Extended Horizon LED Daytime Running Light yang dikombinasikan strip chrome serta trim hitam di bagian depannya.

Lalu, berkat kehadiran curved-tech body line yang dikombinasikan dengan minimalist dual-tone color scheme membuat kendaraan ini tampil stylish.

Guna menambah kesan modern serta berbeda dengan produk Wuling lainnya, mobil ini menggunakan Illuminous Wuling logo.

Di sisi samping, yang unik adalah futuristic rearview mirror. Desainnya seperti melayang sehingga memberikan kesan ringan namun tetap kokoh.

Bentuk jendela menganut model Aero-craft cabin window sehingga nampak unik dan terlihat berbeda.

Saat memasuki kabin, warna cerah menghiasi interior yang mengusung konsep modern dan teknologi yang menonjolkan aspek kendaraan masa depan.

Itu bisa dilihat dari Intelligent Tech Dashboard di bagian depan yang memadukan panel dan knop futuristik serta layar antarmuka yang luas.

Pada sektor Intelligent Tech Dashboard, Wuling menghadirkan sentuhan kecanggihan melalui Integrated Floating Wide Screen. Bagian ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci.

Entertainment system pada head unit juga sudah dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan.

Mobil listrik ini juga dilengkapi Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling berwarna silver serta tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu.

Air ev memiliki konfigurasi 4-seater yang lega dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih. Untuk menunjang kenyamanan, seluruh jok dibalut Synthetic Leather Seat.

Persis di depan kisi-kisi AC terdapat cup holder untuk menjaga suhu minuman penumpang agar tetap dingin. Selain itu, Air ev dilengkapi dengan beberapa kompartemen yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang untuk penyimpanan barang bawaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS