Sukses

Cantumkan 8 Keterampilan Ini di Resume Kerja, Pelung Direkrut Kian Besar

Sebuah keahlian yang menurut para ahli karier sangat penting untuk dimasukkan adalah soft skill.

Liputan6.com, Jakarta Saat melamar pekerjaan, ada banyak cara untuk mengoptimalkan resume. Salah satunya dengan memeriksa kemampuan atau pengalaman paling menonjol demi menarik perhatian perekrut. Jangan lupa pula menyertakan soft skill yang biasanya akan menjadi sorotan.

Sebuah keahlian yang menurut para ahli karier sangat penting untuk dimasukkan adalah soft skill. Sebagian besar atau sekitar 93 persen pengusaha mengatakan bahwa soft skill berperan penting.

Soft skill berperan penting dalam menentukan kandidat yang cocok untuk dipekerjakan,” ujar salah satu Pendiri dan CEO ZipRecruiter Ian Siegel seperti dilansir dari CNBC, Kamis (14/7/2022).

Soft skill ini mencakup beragam kemampuan. “Saya akan mengatakan, secara umum, komunikasi sangat tinggi dalam daftar itu sekarang mengingat bagaimana orang bekerja dalam situasi yang sangat berbeda, situasi hibrida,” kata Kepala Pemasaran di CareerBuilder Kristin Kelley.

Seiring hal tersebut, ZipRecruiter akhirnya mengumpulkan beberapa soft skill yang paling banyak diminta di platformnya itu sendiri. Berikut adalah keterampilan teratas yang berkaitan dengan soft skill dan sebaiknya dicantumkan dalam resume.

1. Kemampuan berkomunikasi

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 6,1 juta

2. Pelayanan pelanggan

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 5,5 juta

3. Penjadwalan

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 5 juta

4. Keterampilan manajemen waktu

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 3,6 juta

5. Manajemen proyek

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 2,8 juta

6. Berpikir analitis

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 2,7 juta

7. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 2 juta

8. Fleksibilitas

Jumlah pekerjaan yang mencantumkan keterampilan: 1,3 juta

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengembangkan Soft Skill

Ketika berbicara tentang pentingnya komunikasi, seperti yang dikatakan Kelley, itu adalah hasil dari pengaturan kerja jarak jauh dan hibrida baru yang sangat bergantung pada teknologi. “Bagaimana Anda menanggapi seseorang yang mengirimi Anda email” penting, katanya sebagai contoh. “Tanggapi mereka secara resmi dalam 24 jam.”

Pentingnya komunikasi juga merupakan hasil dari inisiatif keragaman, kesetaraan, dan inklusi baru-baru ini dari berbagai perusahaan baru-baru ini dari berbagai perusahaan.

“Untuk menjadi perusahaan yang beragam dan inklusif,” kata Georgene Huang yang merupakan salah satu Pendiri dan CEO Fairygodboss. “Anda harus bekerja dengan semua jenis orang yang berbeda, yang berarti Anda harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan semua jenis orang yang berbeda.”

Ketika berbicara tentang penjadwalan dan manajemen waktu, katanya, “Apa pun peran yang Anda miliki, jika tidak dapat mengatur waktu, Anda tidak akan efektif.”

Terakhir, dalam hal fleksibilitas, “Orang-orang benar-benar harus bisa belok kiri, belok kanan dengan sepeser pun, bergabung dengan Zoom, dapat mengelola pesan instan mereka sendiri yang masuk,” kata Kelley. Ada unsur kemudahan dengan multitasking dan kemampuan untuk mengubah apa yang Anda lakukan pada saat itu juga yang telah meningkat sejak pandemi dan karena begitu banyak orang terus bekerja dari rumah.

Sertakan soft skill Anda dengan memberikan contoh nyata tentang bagaimana Anda menggunakannya baik di intro resume atau poin di bawah deskripsi pekerjaan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.