Sukses

Ngerasa Boros Banget di Usia Produktif? Lakukan Cara Ini Agar Finansialmu Terjaga

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini mungkin kamu sering mendengar banyak orang atau pakar keuangan mengatakan soal melek secara finansial. Ya, kalimat yang diucapkan itu bukan cuma tong kosong.

Generasi muda, khususnya kamu yang masih produktif, saat ini memang sangat disarankan untuk melek finansial. Artinya, kamu harus mengelola finansial secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan agar mampu mencapai kesejahteraan hidup.

Tentunya hal ini menjadi penting biar kamu nggak boros-boros banget. Maka dari itu, mumpung berada di usia produktif, kamu bisa melakukan beberapa cara gampang ini lho untuk menjaga finansialmu:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Biasakan Bikin Rencana Keuangan

Seperti dijelaskan sebelumnya, kalau melek finansial adalah membiasakan diri untuk dapat merencanakan keuangan dengan baik dan bijak. Maka dari itu, setiap bulannya, kamu disarankan untuk membuat daftar keuangannya. Misalnya dengan merinci pengeluaran, seperti cicilan, belanja bulanan, dan berapa besaran nominal yang akan ditabung. 

 

3 dari 5 halaman

Bikin Target yang Ingin Dicapai

Setiap orang pasti memiliki target-target di masa depan, dan sebagian target ini membutuhkan dana untuk realisasi. Kamu juga kan? Buat saja daftar targetmu, misalnya mau upgrade smartphone, liburan, atau mau beli outfitt baru. 

Dengan mengingat target-target tersebut, tentunya mulai sekarang kamu harus dapat menahan keinginan menghambur-hamburkan uang. Kamu harus bersemangat mempelajari bagaimana memanfaatkan uang dengan lebih baik dan mengembangkannya agar jumlahnya bertambah. 

 

4 dari 5 halaman

Siapkan Dana Darurat

Selanjutnya, tips mampu melek finansial adalah menyiapkan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, kamu dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran yang nggak terduga. Jika nggak digunakan, dana darurat akan menjadi cadangan tabungan yang dapat dipakai memenuhi kebutuhan lain di masa depan.

 

5 dari 5 halaman

Belajar Investasi Secara Konsisten

Saat ini makin banyak kaum muda produktif mulai mempelajari investasi. Ini adalah salah satu cara untuk mewujudkan melek finansial dengan cepat. 

Investasi menjadi pilihan karena faktanya menyimpan uang saja nggak cukup, karena uang yang disimpan tanpa diinvestasikan akan tergerus inflasi. Dengan belajar investasi secara konsisten, kamu dapat mempelajari cara mengembangkan pendapatan melalui pendanaan ke sektor-sektor produktif.

Nah, untuk mempelajari semua cara di atas, kamu bisa banget lho mengandalkan akun Instagram @dana.finteach. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA FinTeach (@dana.finteach)

Akun ini merupakan platform belajar finansial dari DANA Indonesia, yang menyediakan berbagai informasi dan tips seputar keuangan. Lewat @dana.finteach, dijamin deh kamu bisa belajar lebih dalam tentang finansial & membuat keuanganmu lebih #BebasDrama. 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, follow akun Instagram @dana.finteach sekarang!

 

 

(*)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS