Sukses

Richard Mille Asia Angkat Bicara Soal Tuduhan Penipuan Pembelian Jam Tangan Mewah Rp 77 M

Liputan6.com, Jakarta - Richard Mille Asia Pte Ltd menjelaskan kronologi pembelian dua unit jam tangan Richard Mille oleh Tony Trisno. Manajemen Richard Mille Asia Pte Ltd memastikan tidak ada penipuan yang dilakukan seperti yang disebut oleh Tony Trisno.

Untuk diketahui, seorang kolektor jam tangan bernama Tony Trisno menuduh Richard Mille melakukan penipuan terkait pembelian dua unit jam tangan yaitu dengan tidak melakukan pengiriman meskipun telah membayar lunas. 

Chief Operating Officer (COO) Richard Mille Asia Pte Ltd Eddie Tan menjelaskan, diberitakan bahwa Tony Trisno mengaku telah membeli dua buah jam tangan Richard Mille dengan seri RM 56-02 dan RM 57-03 di Jakarta.

Dalam cerita Trisno, kedua jam tangan tersebut masih belum diterima dan dengan demikian telah terjadi wanprestasi berkenaan dengan belum dikirimkannya dua jam tangan tersebut kepada dirinya.

Eddie Tan mengatakan bahwa tuduhan tersebut tidak benar karena Trisno membeli kedua jam tangan di butik Singapura dan kedua jam tangan ini dapat diambil di Singapura.

"Bahwa kedua jam tangan tersebut dibeli dari butik Singapura kami adalah fakta yang jelas berdasarkan bukti pembelian (invoice) yang diterbitkan kepada Saudara Trisno, yang mana bukti pembelian tersebut diterbitkan oleh kami (suatu perusahaan Singapura), dengan alamat yang jelas tertera di Singapura (yaitu alamat butik Singapura kami), dan pembayarannya pun dilakukan dalam mata uang dolar Singapura," jelas dia dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu (18/5/2022).

Menurut Eddie Tan, Trisno memang selalu melakukan pembayaran kepada Richard Mille di Singapura dan dalam mata uang dolar Singapura untuk jam tangan yang ia beli di Singapura.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Diambil

Namun demikian, meskipun kedua jam tangan tersebut sudah siap untuk diambil, Trisno belum juga mengambil kedua jam tangan ini. Belum diambilnya kedua jam tangan ini oleh Trisno bukanlah merupakan suatu wanprestasi dari pihak Richard Mille Asia Pte Ltd.

Kedua jam tangan tersebut tetap dapat diambil, dan Richard Mille Asia Pte Ltd telah menyatakan hal ini dengan sangat jelas kepada Trisno.

"Karena itu, kami bertanya-tanya, mengapa Saudara Trisno tidak mengambil saja kedua jam tangan tersebut sebagaimana layaknya, pun hal ini telah biasa dilakukan olehnya di masa lampau, melalui perwakilan sah Saudara Trisno? Mengapa Saudara Trisno malahan memilih untuk membuat tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar terhadap kami?" kata Eddie Tan.

"Bahwa kedua jam tangan sebagaimana disebutkan di atas dalam keadaan siap untuk diambil sesuai dengan hukum Singapura. Sebelum ini, kami pun telah menegaskan dalam surat pernyataan yang dibuat dihadapan notaris di Singapura," tambah Eddie Tan.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Dibatalkan

Richard Mille mempersilahkan kepada Trisno untuk mengambil kedua jam tangan tersebut dalam waktu yang sewajarnya sesudah tanggal Keterangan Pers ini. Kedua jam tangan tersebut akan terus tersedia untuk diambil di butik Singapura.

Namun apabila memilih untuk membatalkan pembelian kedua jam tangan tersebut, maka pembelian tersebut akan dianggap batal demi hukum, dan Richard Mille bersedia untuk mengembalikan harga pembelian kepada Saudara Trisno sesuai dengan jumlah penuh yang telah Saudara Trisno bayarkan untuk kedua jam tangan tersebut.

Diketahui, sebelumnya, seorang kolektor jam melaporkan dugaan penipuan dalam jual-beli jam tangan mewah. Sudah bayar lunas sebesar Rp 77 miliar untuk dua jam tangan mewah merek Richard Mille namun barang tersebut tak kunjung sampai di tangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.