Sukses

9 Plat Nomor Termahal di Dunia, Mau Tahu?

Liputan6.com, Jakarta Selain membeli mobil mewah, ada banyak orang juga menghabiskan uang untuk membuat plat nomor kendaraan. Entah untuk bisnis, investasi barang berharga, atau hanya sekadar untuk mendapatkan plat sesuai keinginan.

Karena terkadang nomor plat kendaraan ingin sesuai dengan keinginan itu, harga pembuatannya dapat merogoh kocek yang fantastis hanya untuk sebuah nomor dan huruf yang terpampang di kendaraan.

Namun siapa sangka, ada beberapa plat yang paling dicari di dunia padahal hanya berisi beberapa angka dan huruf. Bahkan plat tersebut menjadi yang termahal di dunia. Ingin tahu?

Melansir laman indiatimes.com, Jumat (13/5/2022), inilah sembilan daftar plat nomor termahal di dunia.

 

2 dari 3 halaman

1. 'MM' – Rs 188 crore

'MM' yang merupakan inisial nama pemilik pertama Michael Modecki telah terdaftar untuk dijual di OpenSea, pasar NFT populer dengan harga permintaan 5.888 cryptocurrency Ethereum atau bernilai sekitar USD 24,3 juta (Rs 188 crore ). Jika dijual, plakat itu akan tercatat dalam sejarah sebagai plat nomor paling mahal yang pernah dijual.

2. 'F1' – Rs 154 crore

Desainer otomotif yang berbasis di Inggris, Afzal Kahn, memiliki plat nomor termahal kedua di dunia senilai USD 20 juta (Rs 154 crore).

"Saya sudah lama mempertimbangkan untuk membeli plat nomor tersebut. Ketika dibuat pada tahun 2008, saya mengalahkan dua pembeli potensial lainnya untuk mengambil plat nomor dari Dewan Kabupaten Essex.

Pendaftaran berusia 114 tahun itu sebelumnya dilakukan di 30.000 pound Volvo S80 digunakan oleh ketua dewan. Dewan menjualnya kepada saya pada tahun 2008 untuk mengumpulkan uang untuk amal, yang bertujuan untuk meningkatkan standar pengemudi muda," ungkapnya.

3. 'New York' – Rs 154 crore

'New York' adalah plat yang ada di keluarga yang sama sejak akhir 1970-an, ketika ayah dari penjual ini membelinya dengan harga murah setelah memungkinkan untuk menyesuaikan plat nomor di Amerika.

Lebih dari 40 tahun kemudian, pemilik plat nomor ini telah menjual Volvo V70-nya — di portal duPont Registry — seharga USD 20 juta (Rs 154 crore).

4. 'D5' – Rs 74 crore

Pada tahun 2016 Balwinder Sahni juga dikenal sebagai Abu Sabah, seorang pengembang properti yang berbasis di Dubai membayar USD 9,6 juta (Rs 74 crore) untuk plat nomor 'D5' salah satu Rolls-Royce miliknya di lelang pemerintah.

Karena Dubai tidak memiliki pajak penghasilan pribadi, Sahni berharap jumlah besar ini dapat membantu berkontribusi kepada masyarakat. Dia yakin uang itu akan digunakan untuk amal dan meningkatkan fasilitas kota.

 

5. 'AA8' - Rs 72 crore

Baru-baru ini, plat dengan nomor lelang 'Most Noble Numbers' telah terjual dengan harga USD 9,5 juta (Rs 72 crore) dan menjadi plat nomor kelima termahal di dunia.

Seluruh jumlah tersebut akan disumbangkan untuk kampanye amal '1 Billion Meals' yang menyediakan makanan untuk anak-anak kurang gizi, pengungsi, orang terlantar, dan yang terkena dampak bencana dan krisis di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Sejak kampanye diluncurkan pada awal Ramadan, dana yang setara dengan penyediaan 340 juta makanan telah terkumpul.

 

 

3 dari 3 halaman

6. '1' – Rs 73 crore

Pada tahun 2008, Saeed Abdul Ghaffar Khouri dari Uni Emirat Arab membuat rekor baru untuk plat nomor termahal yang pernah dijual dengan satu digit. Plat tersebut senilai USD 9,5 juta (Rs 73 crore).

Usai lelang, Khouri berkata, “Saya membelinya karena itu nomor terbaik”. Ketika Anda bekerja di sebuah kota di Teluk Persia di mana tidak ada banyak transportasi umum, mobil yang Anda kendarai sangat penting dan mewakili kebanggaan dan status. Hal itu menjadi salah satu Ghaffar Khouri.

 

7. '09' – Rs 51 crore

Balwinder Sahni juga membeli plat nomor 09 dalam lelang lain seharga USD 6,7 juta (Rs 51 crore) pada tahun 2015.

Sahni mengatakan kepada CNN dalam sebuah wawancara bahwa dia adalah "pria sederhana". “Saya selalu suka memberi diri saya hadiah setiap tahun,” katanya.

"Ketika Anda bekerja sangat keras, Anda perlu menunjukkan sesuatu pada diri Anda sendiri,” lanjutnya. Dia mengatakan pembeliannya yang besar telah menarik banyak perhatian, membuatnya sulit untuk pergi ke depan umum tanpa orang-orang menghentikannya dan meminta untuk mengambil foto.

 

8. '7' – Rs 30 crore

Seorang pengusaha Emirat yang tidak dikenal membeli plat No 7 seharga USD 3,9 Juta (Rs 30 crore) pada tahun 2016. Pembelian plat tersebut karena ia ingin merayakan tujuh emirat dan karena itu adalah angka keberuntungan.

 

9. '2' – Rs 20 crore

Pengusaha UEA Ahmed Al Marzuoqi juga memenangkan tawaran untuk memiliki plat nomor eksklusif 'Abu Dhabi 2' dengan harga USD 2,7 juta (Rs 20 crore).

"Saya sangat senang dan bangga mendapatkan nomor 2," katanya. Dia mengatakan ingin membeli plat nomor karena pentingnya bagi bangsa.

"Nomor 2 adalah angka bersejarah dan sangat penting. Itu angka yang menandakan persatuan UEA yang jatuh pada 2 Desember," kata Al Marzuoqi.

"Saya bangga dengan negara saya dan saya ingin uang itu disumbangkan untuk amal. Ini adalah tahun memberi dan Polisi akan menggunakan uang dari penjualan plat nomor untuk mendukung orang miskin dan membutuhkan,” lanjutnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati