Sukses

Serba-Serbi Jelang MotoGP Mandalika, Libatkan UMKM hingga Penginapan Gratis

Gelaran MotoGP Mandalika tinggal menghitung hari. Sederet persiapan jadi perhatian berbagai kementerian.

Liputan6.com, Jakarta Gelaran MotoGP Mandalika tinggal menghitung hari. Sederet persiapan jadi perhatian berbagai kementerian.

Mulai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga Kementerian Koperasi dan UKM. Rencananya, ada fasilitas penginapan di atas kapal hingga ribuan gerai-gerai UMKM yang menghiasi wilayah sirkuit Mandalika.

Berikut rangkuman sejumlah fasilitas yang akan ditemui wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik sejak turun di Lombok hingga menuju Sirkuit Mandalika.

1.256 UMKM Mejeng di Mandalika

Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan katalog digital bagi 1.256 UMKM yang akan memenuhi helatan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Ada dua kategori katalog yang disiapkan oleh Kemenkop UKM.

Pertama, katalog dengan kategori SMEs Prime Product. Pada kategori ini akan memuat UMKM pilihan dari kategori non kuliner. Tak hanya UMKM binaan Kemenkop UKM yang ada dalam katalog ini tapi juga Kemenparekraf hingga Bank Indonesia.

Kedua, katalog UKM pilihan untuk kategori makanan dan minuman. Ini juga mencakup berbagai UMKM binaan dari kementerian dan lembaga yang nantinya akan menghiasi sekitaran sirkuit bahkan di titik-titik transit transportasi sekitar Mandalika.

"Kami susun katalog, sehingga para pengunjung pada kegiatan itu sejak sekarang sudah bisa memilih produk sebelum kesana, katalog yang kita sediakan ini bisa diakses secara digital," kata Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM, Hanung Harimba Rachman, dalam konferensi pers, Jumat (11/3/2022).

Ia menyebut, untuk memudahkan pengunjung nantinya, akan disediakan QR code di titik-titik transportasi. Seperti di pelabuhan, di bandara, lokasi parkir, hingga di dalam Sirkuit Mandalika.

"QR ini akan ada di standing banner di lokasi-lokasi seperti dua standing banner di pelabuhan bangsal, 2 di pelabuhan selaparang, 2 di taman sangkareang, 2 di islamic center, pelabuhan gili mas 20 stiker, bandara Hisyam 4 standing banner, RS Mandalika 2 standing banner, parkir timur 40 stiker parkir barat 40 stiker, dan lokasi sirkuit ada 30an stiker," katanya.

Kuliner Nusantara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menilai ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan ruang pamer (showcase) yang tepat untuk mempromosikan kekayaan kuliner autentik Nusantara.

"(Ini) menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia dan patut dibanggakan dan dirayakan bersama warga dunia, sekaligus salah satu tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia," ucap Sandiaga Uno saat prosesi pelepasan 10 food truck (truk makanan) untuk mempromosikan kuliner pada ajang MotoGP di Jakarta, dalam keterangannya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, kearifan lokal dan aneka bumbu harus ditunjukkan dalam ajang MotoGP yang akan menjadi pusat perhatian dunia karena bakal ditonton 400 juta orang.

Nantinya, lanjut Sandiaga, akan ada kuliner unggulan dari 34 provinsi di Mandalika.

"Upaya promosi kuliner ini merupakan bagian dari program "Spice Up The World" karena pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi gastronomi unggulan yang harus dipromosikan melalui produk-produk kuliner," kata Menparekraf.

Dia mengatakan sekitar 42-45 persen lapangan kerja diciptakan oleh sektor kuliner. Karena itu, perlu ditingkatkan kekuatan kuliner Indonesia ke level global dengan memanfaatkan ajang balap internasional tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartu Perdana

Kartu Perdana Bagi Wisman

Telkomsel meluncurkan kartu perdana yang secara khusus dihadirkan bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, untuk menikmati gelaran Mandalika MotoGP 2022.

Kartu perdana bernama Telkomsel Prabayar Tourist ini dapat dipesan oleh warga negara asing (WNA) ketika masih berada di negara asalnya melalui situs Telkomsel, dan bisa diambil di Indonesia.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, kartu perdana ini menawarkan paket yang dapat memberikan pengalaman bernilai tambah dalam pemenuhan kebutuhan akses komunikasi hingga aktivitas digital.

"Terutama ketika menikmati berbagai keindahan alam Indonesia, di mana saja dan kapan saja," kata Basuki Sigit melalui keterangan persnya, Senin (14/3/2022).

"Kehadiran kartu perdana khusus ini sekaligus menjadi bagian wujud komitmen Telkomsel mendukung gelaran event MotoGP 2022 yang akan mendorong pertumbuhan potensi pariwisata kawasan Mandalika," imbuhnya.

Bagi wisatawan mancanegara yang ingin membeli kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist sebelum datang ke Indonesia, dapat melakukan pre-order melalui www.telkomsel.com/perdana/tourist-prepaid-card.

Konsumen bisa melengkapi formulir yang dibutuhkan di situs tersebut. Selanjutnya, kartu perdana dapat diambil di GraPARI atau gerai penjualan Telkomsel tertentu ketika telah tiba di Indonesia.

Telkomsel Prabayar Tourist juga bisa dibeli secara langsung di sejumlah gerai penjualan Telkomsel yang tersebar di beberapa wilayah, terutama di titik area kedatangan wisatawan mancanegara seperti bandara.

Khusus untuk mendukung gelaran MotoGP di Mandalika, kartu perdana ini juga tersedia di sejumlah mitra outlet reseller dan gerai penjualan Telkomsel.

Mereka tersedia di kawasan Sirkuit Internasional Mandalika, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Malik-Lombok, dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali.

Hotel Terapung

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyiapkan KM. Kelud untuk mendukung gelaran MotoGP 2022 di obyek wisata super prioritas, Sirkuit Pertamina Mandalika yang akan berlangsung Jumat hingga Minggu tanggal 18-20 Maret 2022.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI (Persero) Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa KM. Kelud merupakan kapal tipe 2.000 pax yang dapat menyediakan bed atau tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang. Namun yang akan digunakan dalam menjalani penugasan Hotel Terapung di siapkan 1.500 bed.

"KM. Kelud mendapatkan penugasan dari Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan untuk menambah jumlah kamar hotel di Mandalika, Lombok. Dalam penugasan ini, kami juga bekerjasama dengan Pemda NTB serta pihak-pihak lain yang mendukung gelaran MotoGP 2022," kata Yahya di Tanjung Priok, Jakarta, Senin (14/3/2022).

KM. Kelud biasanya melayani rute reguler, yaitu Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan. Pada gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika tahun 2022 ini mendapat penugasan dari Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan menjadi Hotel Terapung sebagai alternatif untuk akomodasi bagi para penonton MotoGP Mandalika 2022.

KM. Kelud bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Minggu (13/3) pukul 18.00 WIB menuju Pelabuhan Gili Mas, Lombok. Kapal akan tiba di Gili Mas pada Selasa, 15 Maret pukul 08.00 WIB.

"Perjalanan dari pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Gili Mas, Lombok akan ditempuh sekitar 43 jam pelayaran," ungkap Yahya.

Setiba di Pelabuhan Gili Mas, KM. Kelud menjalani penugasan sebagai Hotel Terapung. Kapal akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas dari tanggal 15-21 Maret 2022. Sedangkan penggunaan kapal untuk Hotel Terapung dan siap digunakan penonton MotoGP Mandalika 2022 mulai tanggal 17-21 Maret 2022.

Syarat Menginap

Bagi penonton MotoGP Mandalika 2022 yang akan menggunakan KM. Kelud disyaratkan memiliki tiket nonton MotoGP Mandalika serta sejumlah persyaratan lainnya.

"Kami selalu siap menjalankan tugas/amanah dari Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan untuk menyukseskan MotoGP dengan menyiagakan kapal kami. Layanan akomodasi menginap Hotel Terapung di KM Kelud ini sudah ditetapkan oleh Pemerintah c.q. Kementerian Perhubungan gratis atau tidak dipungut bagi mereka yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan," ujar Yahya Kuncoro.

Sejumlah persyaratan untuk dapat menikmati Hotel Terapung di KM Kelud ini, antara lain : memiliki tiket menonton Moto GP 2022, memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi, melakukan proses reservasi (tidak menerima tamu walk-in).

Sedangkan fasilitas di KM. Kelud terdiri tempat tidur dengan kapasitas 1.500 orang, Mushola, kantin. "Dalam layanan Hotel Terapung di KM Kelud ini tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di atas kapal. Tersedia pula Shuttle Service Gili Mas -- Mandalika pukul 06.00-12.00 WITA. Mandalika - Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, periode waktunya sejak 17-21 Maret 2022.

"Untuk reservasi harap menghubungi melalui email panitia Rsvhotelapung@ppl.ac.id dengan melampirkan : Nama, Alamat, No KTP, No. HP dan persyaratan nomor 1 & 2. Waktu Check-in pukul 14.00 WITA, sedangkan waktu Check Out pukul 12.00 WITA. Contact person panitia Sdr. Husni Adam HP 0823 4157 4268," pungkas Yahya.

 

3 dari 3 halaman

Konvoi Batal

Tak Jadi Konvoi

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menekankan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkonvoi dengan pembalap MotoGP.

Dia mempersilahkan apabila pembalap MotoGP menggelar konvoi, namun Jokowi tak akan ikut.

"Tidak ada konvoi yang dihadiri Presiden. Kalau pembalap (MotoGP) konvoi menuju titik lain, silahkan," kata Heru kepada wartawan, Selasa (15/3/2022).

Jokowi sendiri dikabarkan akan menerima sejumlah pembalap MotoGP.

Hanya saja, Heru belum bisa memastikan kapan Jokowi akan menggelar pertemuan dengan para pembalap itu.

"Nanti akan kami rilis," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan bakal melakukan parade di jalanan Jakarta bersama 20 pembalap MotoGP, pada Rabu (16/3/2022).

Para pembalap itu nantinya akan turun di ajang balap motor MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret mendatang

Mereka akan berparade sebelum bertolak ke Lombok untuk menjalani balapan seri kedua dalam kalender MotoGP akhir pekan depan.

Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tuan rumah Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret setelah ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu absen selama 25 tahun di Indonesia. Demikian dilansir Antara, Selasa (8/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.