Sukses

Daftar Menteri Jokowi yang Terpapar Covid-19

Terdapat 5 menteri dalam kabinet yang disusun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah terkonfirmasi posirif Covid-19. Selain itu juga ada 2 menteri yang sudah tidak menjabat lagi yang juga pernah terkonfirmasi covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Covid-19 tidak pandang bulu, siapa saja bisa diserang. Termasuk para menteri dalam kabinet yang disusun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terbaru, menteri yang positif Covid-19 adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Mantan bos Inter Milan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya positif Covid-19 pada Selasa 1 Maret 2022. Ia pun mengucapkan terima kasih dan meminta doa para kolega agar bisa segera sembuh.

"Terima kasih semua atas perhatiannya" kata dia, dikutip pada Selasa 1 Maret 2022.

Dirangkum Liputan6.com, berikut ini jajaran Menteri Jokowi yang sudah pernah terpapar Covid-19:

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan positif Covid-19 dua tahun lalu atau pada Maret 2022. Budi Karya pun sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

"Atas izin keluarga yang disampaikan Pak Wakil Kepala RSPAD tadi, pasien tersebut pak Budi Karya, Pak Menhub," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, Sabtu, 14 Maret 2020 malam.

"Hasil laboratorium confirm untuk Covid-19," ujar Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya disebut harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat itu Menhub dalam kondisi stabil.

Saat ini, Menhub Budi Karya telah dinyatakan sembuh dari virus Corona atau Covid-19 setelah dua kali pemeriksaan PCR dengan hasil negatif.

Sebelum dua kali pemeriksaan PCR, Budi Karya sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto selama kurang lebih 17 hari. Budi dirawat sejak 13 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Budi menyebut, penyebab dirinya terpapar virus Corona Covid-19 lantaran aktivitas yang terlalu berlebihan saat virus tersebut masuk ke Indonesia.

"Saya memang melakukan kegiatan fisik yang mungkin berlebihan, sehingga pas ada virus, terpaksa harus terkena," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin, 27 April 2020.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19. Kabar itu dibenarkan oleh salah satu anggota Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Rintoko Al Muhtaj.

"Iya, benar Ida Fauziyah positif Covid-19," ujar Rintoko singkat saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 3 Desember 2020.

Sementara itu, Ida Fauziyah mengaku dirinya mengetahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR).

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada Liputan6.com.

Ida memastikan dalam kondisi sehat, meski dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Dia menjalani isolasi untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

"Alhamdulillah kondisi fisik saya baik. Sekarang saya melakukan isolasi untuk menghindari penularan," ucap Ida.

 

3 dari 7 halaman

3. Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto

Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Alia Karenina mengkonfirmasi bahwa Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto memang sempat terdeteksi positif Covid-19 pada 2020. Sejak kejadian itu, Menko Airlangga sudah diterapkan 3T (testing, tracing dan treatment) secara optimal.

"Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif Covid-19 di tahun 2020 lalu," kata dia kepada wartawan, Selasa (19/1).

Terkait dengan mendonorkan plasma konvalesen kemarin, dia bilang, itu sebagai bentuk rasa syukur karena diberikan berkah kesehatan sembuh dari Covid-19. Karenanya mantan menteri perindustrian itu mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lain.

"Selain itu, Beliau juga berharap semakin banyak penyintas Corona yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akhirnya mengakui pernah terpapar Covid-19. Namun, dia menolak menjelaskan kapan dirinya terinfeksi virus Corona.

 

4 dari 7 halaman

4. Menteri ESDM Arifin Tasrif

Menteri ESDM Arifin Tasrif positif Covid-19. Saat ini, orang nomor satu di Kementerian ESDM ini sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Ini diungkapkan Kepala Biro Kementerian ESDM Agung Pribadi yang mengakui jika Menteri ESDM Arifin Tasrif sedang sakit.

"Pak Menteri dalam kondisi baik. Sekarang sedang isoman. Insha Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya," jelas dia dalam keterangannya, Jumat (4/2/2022).

Adapun untuk sementara waktu, posisinya digantikan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Penunjukan Bahlil sebagai Menteri ESDM ad interim, tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022.

"Pada pagi hari ini (Jumat, 4 Februari 2022) telah dilakukan rapat perdana Menteri ESDM ad interim dengan seluruh Eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," jelas Staf Khusus Menteri Investasi Tina Talisa saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (4/2/2022).

 

5 dari 7 halaman

5. Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar ini langsung dikonfirmasi oleh mantan bos Inter Milan tersebut.

Erick Thohir juga menyampaikan terima kasih atas perhatian para koleganya.

"Terima kasih semua atas perhatiannya" kata dia, dikutip Selasa (1/3/2022).

Sebelum terkonfirmasi positif Covid-19, Erick Thohir memang aktif melakukan sejumlah kegiatan, khususnya yang berkaitan dengan BUMN.

Erick Thohir juga rajin memperlihatkan sejumlah kegiatan yang dia jalankan lewat akun media sosialnya.

 

6 dari 7 halaman

Sudah Tak Menjabat

Selain itu masih ada dua nama lain Menteri Jokowi yang juga terpapar Covid-19. Namun saat ini kedua nama tersebut sudah tidak menjabat. Keduanya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19 di September 2020. Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar 3 September 2020.

"Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa, 8 September 2020.

Lalu Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona Covid-19 pada September 2020 juta. Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, mengatakan kondisi Fachrul dalam keadaan baik saat positif covid-19.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Kevin saat dikonfirmasi, Senin, 21 September 2020.

Meski dinyatakan positif Covid-19, Kevin menegaskan, kondisi Fachrul Razi dalam keadaan baik dan tanpa gejala yang mengkhawatirkan.

7 dari 7 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.