Sukses

Pertamina Target Bangun 1.000 SPBU Hijau di 2022

Pertamina target pengembangan 1.000 stasiun pengisian bahan bakar umum berbasis green energy atau SPBU hijau pada 2022 ini

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) target pengembangan 1.000 stasiun pengisian bahan bakar umum berbasis green energy atau SPBU hijau pada 2022 ini. Rencana ini sejalan dengan program transisi energi perseroan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki 143 SPBU hijau. Tempat pengisian tersebut beroperasi dengan menggunakan suplai dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

"Kami membangun SPBU yang dilistriki PLTS, sudah ada 143 SPBU yang green energy station dan tahun ini targetnya 1.000 (SPBU hijau)," kata Nicke saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peluncuran uji coba ekosistem kendaraan listrik di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Menurut dia, pengembangan ekosistem kendaraan listrik juga akan berhasil lewat kerjasama dengan perusahaan lain.

Pengembangan kendaraan listrik juga harus dilakukan dari hulu ke hilir. Pertamina berkomitmen mengembangkan industri ramah lingkungan mulai dari perakitan baterai, infrastruktur kendaraan, hingga proses daur ulang.

"Bukan hanya electric vehicle saja yang harus kita kembangkan, tapi energi yang kita gunakan untuk listrik harus hijau," tegas Nicke.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turunkan Emisi Karbon

Komitmen ini sejalan dengan program yang diusung Jokowi untuk menurunkan emisi karbon, dimana pada 2030 sudah harus mencapai angka 29 persen, dan pada 2060 bisa terbebas dari polusi karbon (net zero emission).

"Sehingga Pertamina memberikan komitmen memenuhi target yang sudah disebutkan," ujar Nicke.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.