Sukses

ASEI Sediakan Rp 80 Miliar untuk Akuisisi Asuransi

Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) mematangkan rencananya mengakuisisi satu perusahaan asuransi umum di tanah air. Dana yang disediakan Rp 80 miliar.

PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) atau ASEI mematangkan rencananya mengakuisisi satu perusahaan asuransi umum di tanah air. Alokasi anggaran sebesar Rp 80 miliar disiapkan untu memuluskan aksi korporasi tersebut.

"Jadi kita akan menjadi pemegang saham mayoritas," kata Direktur Keuangan ASEI, Martin F Simarmata, disela Penandatangan Kerjasama Asuransi Kredit dengan PT Bank Aceh, di Jakarta, Selasa, (4/12/2012).

Martin menjelaskan, manajemen ASEI telah membentuk tim untuk merealiasasikan rencana akuisisi tersebut. Sayangnya, ASEI masih enggan mengungkapkan nama perusahaan asuransi yang akan diakuisisi tersebut.

Dengan langkah akuisisi tersebut ASEI berharap aset perusahaan akan tumbuh lebih tinggi. Sesuai arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, ASEI diminta untuk mencapai target pertumbuhan hingga 25 persen.

Untuk mencapai target itu, ASEI mengaku melakukan berbagai upaya baik lewat pertumbuhan organik maupun anorganik.

"Kan tidak mungkin juga aset tumbuh segitu, kalau hanya lewat pertumbuhan organik," kata Martin.

Sebelum, ASEI mengungkapkan perusahaan asuransi yang akan diakuisisi harus memiliki tiga kriteria yaitu sehat neraca keuangan, memiliki pasar captive seperti menangani grup tertentu, serta kekurangan modal.

ASEI sebelumnya telah membidik tiga perusahaan asuransi yang akan diakuisisinya. Dalam perkembangannya, hanya satu perusahaan yang dianggap cocok untuk segera diakuisisi. (SHD/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini