Sukses

Ingin Ekonomi Positif, Jokowi Minta Covid-19 Ditekan Juga Tanpa Abaikan Sisi Kesehatan

Jokowi meminta agar Gubernur, Walikota, dan Bupati tetapi hati-hati terkait permasalahan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penyebaran Covid-19 harus terus ditekan. Tapi upaya ini, dengan memperhatikan dari sisi kesehatan dan ekonomi.

"Semua provinsi kita harapkan sudah positif di kuartal kedua ini. Tapi hati-hati urusan covid-19 tetap harus ditekan jangan hanya melihat satu sisi ekonomi tidak melihat sisi kesehatan, dua-duanya harus dijalankan beriringan," tutur dia saat memberikan pengarahan secara virtual kepada kepala daerah se-Indonesia dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Dia mengatakan uang kartal yang beredar pada Lebaran atau Idul Fitri tahun ini mencapai Rp 154,5 triliun. Angka ini naik 41,5 persen dibanding dengan Lebaran pada 2020.

Kenaikan uang beredar ini merupakan sinyal positif. "Ini positif, menambah optimisme kita," ujar dia. 

Walaupun demikian, dia meminta agar Gubernur, Walikota, dan Bupati tetapi hati-hati terkait  permasalahan Covid-19.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi mengungkapkan jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama di sebagian besar provinsi dalam kondisi negatif.

Meski ada beberapa daerah yang ekonominya masih positif, seperti Riau yang mencapai 0,41 persen pada kuartal pertama ini.

Kemudian ekonomi Papua mencapai 14,2 persen. Provinsi yang paling tinggi Sulteng sebesar 6,26 persen, serta Yogyakarta sebesar 6,4 persen.

Sementara itu Sulawesi Utara sebesar 1,87 persen, Sulawesi Utara sebesar 0,06 persen, NTT mencapai 0,12 persen, Papua Barat sebesar 1,47 persen, Bangka Belitung sebesar 0,97 persen, dan Maluku Utara sebesar 13,45 persen.

"Yang lain masih negatif semuanya, berarti yang positif ada 10 provinsi yang positif, artinya yang 24 masih negatif semuanya," ungkap dia.

Sebab itu, dia meminta seluruh pihak harus bekerja keras agar kuartal kedua bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.