Sukses

Harapan Wapres Ma'ruf Amin di Hari Konsumen Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi konsumen yang mengerti hak dan kewajibannya dan menjadi konsumen yang berdaya cinta dan bangga buatan Indonesia. Hal ini disampaikannya saat memperingati Hari Konsumen Nasional pada hari ini, Selasa (20/4).

"Hari konsumen nasional merupakan momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen serta nasionalisme pada produk buatan dalam negeri," katanya seperti dikutip dari akun youtube Wakil Presiden Republik Indonesia, Selasa (20/4)

Wapres Ma'ruf Amin menginginkan agar masyarakat bisa memilih produk buatan Indonesia yang halal. Ini juga bertujuan dalam rangka mendorong Indonesia menjadi produsen utama produk halal dunia.

Sementara kepada pelaku usaha dirinya berharap jadilah pelaku usaha yang bertanggung jawab dengan memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan berdaya saing, serta memenuhi standar nasional Indonesia.

"Dengan demikian konsumen Indonesia semakin bangga belanja bangga buatan Indonesia. Saya ucapkan selamat hari konsumen nasional bersama kita pulihkan ekonomi bangsa demi kesejahteraan masyarakat yang adil dan beradab," tutupnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Wapres Ma'ruf Amin: Pemerintah Berupaya Membuat Kebijakan agar UMKM Bangkit Kembali

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri peluncuran Unilever Muslim Centre Of Excellence. Dalam kesempatan itu dia berharap program tersebut diharapkan bisa jadi wadah bagi pengembangan riset yang mendukung industri produk halal di Indonesia.

"Pusat riset Unilever diharapkan dapat menjalin kolaborasi dengan kalangan civitas akademika dan lembaga riset di tanah air untuk menghasilkan temuan beragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen muslim di Indonesia maupun dunia," kata Ma'ruf saat membuka peluncuran tersebut dalam akun YouTube Unilever Indonesia, Kamis (8/4/2021).

Dia juga berharap program tersebut bisa menjadi pengembangan dan akselerasi program pemberdayaan UMKM. Ma'ruf mengatakan UMKM sebagai sektor yang memainkan peranan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional saat ini tengah menghadapi dampak yang siginfikan akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah telah berupaya melalui serangkaian kebijakan agar UMKM di tanah air dapat bangkit kembali," bebernya.

Pemerintah, kata Ma'ruf juga mengapresiasi program Unilever Muslim Center of Excellence sebagai bentuk dukungan pelaku usaha besar dalam membangkitkan kembali, serta menaikkan kelas para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dia mengatakan melalui sinergi berbagai program mulai dari kemitraan dengan lembaga, instansi dan asosiasi strategis sektoral lainnya dapat mendukung hal tersebut.

"Program Unilever Muslim Center of Excellence ini diharapkan dapat menjadikan UMKM Indonesia kembali bergerak dan berkembang menjadi bagian dari global value chain produk-produk Unilever global," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: