Sukses

Pemerintah Gelar Sail Tidore 2021, Target Turis 100 Negara Kunjungi Maluku Utara

Sail Tidore 2021 akan mengusung tema "Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa".

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat koordinasi persiapan peluncuran Sail Tidore 2021 di kantor Walikota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada Senin (22/3/2021). Sail Tidore 2021 dinilai sebagai batu loncatan mempercepat pembangunan perekonomian Maluku Utara.

"Untuk itu, kita harus mempromosikan Maluku Utara sebagai tujuan wisata nasional maupun internasional dengan mendorong kapal pesiar (yacht) mancanegara untuk berlayar ke perairan Indonesia," kata Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dalam keterangannya pada Senin (22/3/2021).

Pada rapat koordinasi tersebut, Kementerian Perdagangan diwakili Sekretaris Jenderal Suhanto. Suhanto selaku Sekretaris Panitia Pusat Sail Tidore 2021 mengatakan, untuk menyongsong suksesnya Sail Tidore 2021 yang sudah ada di depan mata, maka panitia pusat dan panitia lokal di daerah yang sudah terbentuk harus intens melakukan koordinasi, agar tercipta komunikasi yang baik.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Nomor 28/2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Sail Tidore 2021, acara ini diketuai oleh Menteri Perdagangan.

"Kegiatan ini merupakan program internasional sehingga harus dipersiapkan, termasuk koordinasi bukan saja kementerian dan lembaga terkait, tetapi juga dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan," jelas Suhanto.

Sail Tidore 2021 akan mengusung tema "Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa" dan dijadwalkan digelar pada 9 April 2021 di kantor Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan "Road to Sail Tidore 2021" akan dilaksanakan selama April hingga Juni.

Sementara acara puncak Sail Tidore 2021 akan dilaksanakan pada 20—26 September 2021. Pada periode tersebut akan diisi berbagai kegiatan yang bertujuan mempromosikan pariwisata, budaya, dan kearifan lokal Maluku Utara seperti Festival Tidore, Legu Gam Ternate, serta Festival Teluk Jailolo.

Pelaksanaan Sail Tidore direncanakan akan dimeriahkan kehadiran beberapa kapal asal Spanyol dan Portugal, yang berlayar bertepatan dengan perjalanan keliling dunia untuk mengenang ekspedisi Magelhaens 500 tahun lalu. Pada acara puncak 23 September 2021, direncanakan wisatawan dari 100 negara akan datang ke Kota Tidore Kepulauan.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, berharap pada saat peluncuran Sail Tidore 2021, masyarakat di Provinsi Maluku Utara, khususnya Kota Tidore Kepulauan turut serta meramaikan kegiatan.

Hal ini merupakan bentuk dukungan dalam pembangunan ekonomi Maluku Utara, khususnya Kota Tidore kepulauan.

"Perayaan ini menjadi salah satu momentum penting dan strategis untuk mendorong peningkatan kerja sama para pihak dalam rangka pembangunan pariwisata daerah, pemajuan kebudayaan, serta pengembangan sektor industri dan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan rakyat," tutur Ali.

Lokasi pusat pelaksanaan Sail Tidore berada di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan. Pelaksanaan Sail Tidore 2021 dinilai sebagai strategi ampuh untuk meningkatkan potensi kelautan dan pariwisata Indonesia di mata dunia internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.