Sukses

Kala Cuitan Miliarder Elon Musk Bikin Harga Dogecoin Melonjak 50 Persen

Elon Musk kembali mempromosikan Dogecoin melalui akun Twitter pribadinya, @elonmusk.

Liputan6.com, Jakarta Penggemar Cryptocurrency atau mata uang kripto dibuat riuh usai twit bos Tesla, Elon Musk, yang kembali mempromosikan Degacoin melalui akun Twitter pribadinya, @elonmusk. Hasilnya, perdagangan Dogecoin melonjak hingga 50 persen pada perdagangan Kamis kemarin.

Musk kembali membagikan twitnya setelah sebelumnya sempat mengumumkan akan rehat dari Twitter untuk sementara waktu pada 2 Februari.

Bukan hanya satu posting-an, Musk menuliskannya ke dalam sebuah utasan khusus. Twit pertamanya bertuliskan 'Doge' yang merupakan sambungan dari foto yang menampilkan pesawat ulang-alik yang sedang menuju luar angkasa.

Ia kemudian membuat twit lainnya dengan menuliskan "Dogecoin adalah mata uang kripto masyarakat". Twit ini kemudian disambungnya dengan menulis "Tidak perlu menjadi gigachad untuk memiliki".

"Tidak ada yang tertinggi, tidak ada posisi terendah, hanya Doge," tambahnya.

Rajin Promosikan Degacoin di Twitter

Apa yang dilakukan Musk ini bukan kali pertama. Tahun lalu ia berulang kali mempromosikan Dogecoin melalui akun Twitternya.

Ini bersamaan dengan meningkatnya tren perdagangan Cryptocurrency, khususnya Bitcoin di tengah guncangan pandemi Covid-19 tahun lalu.

Pada Juli 2020 ia sempat mengunggah meme bergambar badai besar yang memasuki sebuah kota. Badai besar tersebut dituliskan sebagai Dogecoin dan kota sebagai sistem keuangan global.

Ia menuliskan "ini tak terelakkan" pada meme tersebut. Efeknya, nilai perdagangan Dogecoin saat itu naik 14 persen setelah twit Musk ramai.

Hal serupa kembali dilakukannya pada bulan Desember. Musk juga mempromosikan jenis Cryptocurrency yang serupa di akun Twitternya. Ia menuliskan "Satu kata: Doge"

Bukan hanya itu, Musk juga sempat mengubah bio akun Twitternya dengan keterangan 'Mantan CEO Dogecoin'. Walhasil, nilai perdagangan Degocoin saat itu kembali terdongkrak naik hampir 20 persen.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan untuk Menandingi Bitcoin

Musk memang terkenal sering membagikan kicauannya menyangkut mata uang kripto. Dukungannya terhadap Dogecoin merupakan upaya Musk menandingi eksistensi Bitcoin, jenis mata uang kripto lainnya yang lebih dulu terkenal.

Ia sempat mengkritik Bitcoin yang dalam beberapa twitnya ia sebut dengan BS. Menurut dia, Bitcoin telah terlampau mahal untuk perdagangan saat ini.

Dalam sebuah wawancaranya dengan Clubhouse seperti dikutip dari CNN, ia seharusnya telah membeli mata uang kripto sejak delapan tahun lalu, sehingga ia tidak akan terlambat dan membeli dengan harga mahal saat sedang tren seperti sekarang.

"Saya pada saat ini menganggap bitcoin adalah hal yang baik. Saya terlambat ke perayaan (tren bitcoin), tetapi saya adalah pendukung bitcoin," ujarnya.

Reporter: Abdul Azis Said 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.