Sukses

Orang Sukses Bukan Karena Beruntung, Tetapi Hanya Lakukan 7 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Sering sekali orang menghubungkan antara kesuksesan dengan keberuntungan. Namun kenyataannya keberuntungan tidak ada hubungannya dengan kesuksesan.

Hal yang benar adalah tindakan yang diambil oleh orang yang tampaknya ‘beruntung’ itu, serta perilaku yang dengan bijak mereka pilih untuk dihindari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang beruntung memperhatikan, bekerja keras dan memiliki kapasitas untuk menindaklanjuti dan bertahan.

Selain itu, mereka juga memiliki beberapa sifat yang berlawanan yang memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang datang.

Melansir dari CNBC, Kamis (1/10/2020) berikut 7 hal yang dilakukan orang ‘beruntung’ yang kebanyakan orang lain coba hindari:

1. Menjalin hubungan dengan orang asing

Cara terbaik untuk meningkatkan kemungkinan, kebetulan dan keberuntungan adalah sebanyak mungkin berkomunikasi dengan orang asing, karena ini memungkinkan terhubung dengan orang yang tidak dikenal.

Tidak membutuhkan biaya berapapun untuk menjangkau dan membangun jaringan Anda dengan orang asing tersebut.

2. Berbasa-basi

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa obrolan yang ringan itu cenderung dangkal dan tidak sepadan dengan usaha yang dilakukan. Namun orang yang menciptakan keberuntungan mereka melihat obrolan ringan sebagai jembatan.

Membangun hubungan dengan obrolan pengantar dapat mengarahkan pada percakapan yang lebih besar. Hubungan dan informasi utama yang dapat mereka gunaakn menjadi peluang yang benar.

3. Menguping sekaligus mendengar

Meskipun menjadi pendengar yang baik bermanfaat bagi orang lain, namun Anda dapat meningkatkan peluang dengan tidak terlibat secara aktif dalam percakapan. Menguping adalah sesuatu yang dilakukan oleh orang yang tampaknya beruntung.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

 

4. Menawarkan dan meminta bantuan

Mampu melakukan keduanya adalah dasar membangun jaringan bagi yang cerdas. Orang sukses tidak hanya memberi dukungan.

Namun mereka memberi tahu orang lain bahwa membutuhkan bantuan, mengakui bantuan tersebut dan mengucapkan terima kasih.

5. Berani ambil jalan berbeda

Meskipun mereka memiliki pendidikan dalam satu bidang, akan beruntung jika memutuskan untuk mengikuti jalan yang sedikit berbeda.

6. Selalu menjaga hubungan 

Saat meninggalkan pekerjaan, hubungan atau karier lakukanlah dengan positif sehingga memungkinkan untuk kembali ke lokasi tersebut. Buat orang merasa dilihat dan mereka akan membalas budi Anda.

7. Sering mengatakan ‘ya’

Banyak pakar yang menyarankan untuk berkata ‘tidak’ jika menyangkut waktu kita. Justru kerap hal yang menyebabkan keuntungan adalah melakukan sebaliknya yakni dengan berkata ‘ya’. Sehingga mereka mendapatkan manfaat dari peluang yang mengelilingi mereka.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: