Sukses

Wamen BUMN: Peran Corporate University Sangat Penting Ciptakan SDM Sesuai Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan bahwa universitas yang dimiliki oleh perusahaan memiliki peran yang penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Alasannya, pertalian antara dunia kerja dengan institusi pendidikan bisa merancang calon pekerja memiliki kemampuan sesuai dengan perkembangan zaman.

"Peranan corporate university atau training center menjadi sangat krusial dan itu menjadi pembelajaran program yang harus kontinyu," kata Kartika dalam launching BRILSP secara daring di Jakarta, Rabu (23/09/2020).

Lewat lembaga pendidikan atau lembaga pelatihan ini SDM yang disiapkan akan dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Peningkatan kemampuan calon pekerja akan disesuaikan dengan tantangan di zamannya.

Hadirnya BRILPS sebagai lembaga sertifikasi profesi di Bank BRI ini diharapkan dapat menyiapkan SDM unggul yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga bank plat merah ini memiliki spesialisasi teknis untuk berbagai kompetensi perbankan.

"Jadi bukan sekedar latihan tetapi benar-benar kaitannya dengan talent development sesuai dengan individual development plan yang diharapkan masing-masing pegawai," kata Tiko sapaan Kartika.

 

2 dari 2 halaman

Tantangan

Tiko menambahkan tantangan SDM di masa depan lebih berat. Sebab semua sektor bersinggungan dengan teknologi. Industri perbankan juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologinya.

"Di dunia yang sangat teknologi driven ini, orang harus mulai melek teknologi," kata dia.

Pemahaman tentang digital platform dan bisnis model terkait digital sangat krusial. Sebab dunia perbankan sebagian besar produknya akan masuk ke produk digital.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com