Sukses

Aturan OJK Nomor 11 Tahun 2020 Bantu Sektor Riil bertahan dari Pandemi

Aturan OJK Nomor 11 Tahun 2020 agar sektor rill kita bisa berjalan dan sektor perbankan bisa tetap sehat,

Liputan6.com, Jakarta - Adanya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11 tahun 2020 untuk membantu industri keuangan dan sektor rill dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Aturan ini diharapkan membuat dua sektor tersebut bisa tetap sehat meski aktivitas ekonomi terhambat.

"Khususnya POJK 11/2020, tujuannya agar sektor rill kita bisa berjalan dan sektor perbankan bisa tetap sehat," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana dalam diskusi Program Market Review bertajuk Perkuat Keamanan Industri Keuangan Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Heru menjelaskan, kebijakan restrukturisasi kredit dikeluarkan setelah mempertimbangkan banyak hal. Relaksasi kredit yang diberikan perbankan diharapkan bisa membantu nasabah bertahan dan mengelola utang dengan baik.

Akibat pandemi ini juga mendorong perbankan untuk berinovasi dalam bertransaksi dan penyaluran kredit bagi nasabah. Namun aspek keamanan terhadap transaksi juga harus jadi perhatian perbankan dalam melakukan berbagai transaksi seperti digital banking.

"Kita evaluasi setiap saat dengan menjaga transaksi keamanan yang berkaitan dengan digital banking," kata Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digital Banking

Dalam hal ini, OJK sebagai regulator telah mengeluarkan peraturan terkait keamanan digital banking. Aturan tersebut tertuang dalam POJK Nomor 38 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum.

Aturan ini mengakomodasi berbagai hal yang harus dimiliki perbankan yang menyelenggarakan digital banking. Mulai dari mengatur manajemen resiko sampai pengawasannya untuk memastikan keamanan di bank jika terjadi sesuatu yang bakal merugikan.

Lalu pada pelaksanaanya OJK masuk sebagai tim pengawas. "Nanti kita akan lakukan review terkait keamanan perbankan," kata Heru mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini