Sukses

DANA Kini Punya Fitur Bantu UMKM Go Digital

DANA mengeluarkan fitur DANA Bisnis, yang didesain untuk membantu pemilik usaha kecil dan mikro dalam memperoleh banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

Liputan6.com, Jakarta - CEO DANA Vincent Iswara, menyampaikan bahwa DANA mengeluarkan fitur DANA Bisnis, yang didesain untuk membantu pemilik usaha kecil dan mikro dalam memperoleh banyak pelanggan melalui pembayaran digital.

Ia mengatakan DANA Bisnis sendiri memiliki banyak kelebihan yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM, yakni   gratis, tidak dipungut biaya,  menerima semua pembayaran digital, bisa penarikan uang instan, mudah dipantau, dan transaksi tanpa kontak fisik.

Selain itu, DANA Bisnis juga membantu merchant-merchant UMKM yang tergabung ke dalam program Bangga Buatan Indonesia, dengan cara memberikan visibilitas yang lebih melalui fitur nearby.

“Keuntungan DANA Bisnis, online to offline yaitu DANA dapat membantu UMKM untuk mengarahkan traffic pengguna online, ke sektor UMKM yang berbasis offline,” kata Vincent dalam webinar DANA Transformasi digital UMKM, Kamis (9/7/2020).

Lalu, akses DANA Bisnis itu  mempermudah para penggunanya untuk dapat menemukan merchant-merchant UMKM didekat lokasi mereka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Edukasi

Tak hanya itu, di DANA Bisnis juga disediakan platform edukasi untuk pemilik usaha, agar mereka bisa meningkatkan bisnisnya.  Pemilik usaha juga dapat mengakses materi pembelajaran yang disediakan oleh DANA berupa video edukasi, dan konten lainnya seperti edukasi manajemen bisnis.

Dia juga  mengungkapkan perbedaan DANA dengan platform pembayaran lainnya, karena DANA fokus menyediakan pengalaman bertransaksi non tunai dan non kartu secara digital, baik online maupun offline, yang terpercaya (trusted), Termudah (friendly), dan Terbuka (accessible).

Demikian, Kata Vincent dengan dibuatnya fitur tersebut, karena  berdasarkan riset Alvara menunjukkan 49,6 persen konsumen saat ini, mencari informasi produk secara online sebelum melakukan pembelian produk.

“Artinya, lima dari sepuluh konsumen mencari informasi secara online sebelum melakukan pembelian produk,”

 

3 dari 3 halaman

Pengguna Internet

Lanjutnya, perilaku milenial dan Gen Z memiliki persamaan. Untuk generasi milenia, 33,75 persen populasi di Indonesia. 88,4 pesen menggunakan internet, pengguna berat, rata-rata pemakaian internet antara 4-6 jam per hari, dan 23,8 persen menggunakan internet sebagai pembayaran digital.

Sedangkan 29,23 persen populasi gen Z di Indonesia , 93,9 persennya menggunakan internet, pengguna adiktif, rata-rata  pemakaian internet lebih dari 7 jam per hari. Dan 20,6 persennya juga menggunakan pembayaran digital.

Vincent pun menyebut banyak aplikasi yang dipakai oleh masyarakat digital, seperti DANA, Shopee, tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, LinkAja, Gojek, dan Grab. Oleh karena itulah, DANA mengeluarkan fitur DANA Bisnis, untuk membantu UMKM lebih cepat go-digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.