Sukses

Survei: Banyak Wanita Terjebak Hubungan Tak Sehat Akibat Masalah Finansial

Sebuah studi yang melibatkan dua ribu wanita menikah menemukan bahwa dua pertiga responden merasa terjebak dalam hubungan rumah tangganya.

Liputan6.com, Jakarta Uang sering menjadi persoalan utama dalam pernikahan. Baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan perusahaan teknologi finansial Self.Inc menemukan, mayoritas wanita merasa tidak berdaya di rumah lantaran status 'tulang punggung' yang signifikan dalam rumah tangganya.

Melansir laman studyfinds.org, Kamis (25/6/2020), sebuah studi yang melibatkan 2.000 wanita menikah menemukan bahwa dua pertiga responden merasa terjebak dalam hubungan rumah tangganya.

Secara keseluruhan, sebanyak 70 persen yang mengikuti survei tersebut mengaku merasa tertekan dengan ketergantungannya pada suami.

Di antara responden yang berbagi rekening bank dengan pasangan, sebanyak 64 persen merasa tertekan jika harus mengambil keputusan. Mereka juga merasa ketergantungan secara finansial terhadap sang suami.

Untuk urusan merasa terjebak, hampir 69 persen responden mengaku mereka tak akan mampu memenuhi gaya hidupnya tanpa pasangan.

Sementara 70 persen partisipan lain berharap mereka memiliki lebih banyak kuasa untuk mengambil keputusan finansial dengan pasangannya.

Kemudian 64 persen responden merasa lebih senang jika mereka memiliki uang pribadi di luar pemberian suami. Tak jauh berbeda, 66 persen wanita menikah merasa menyesal tidak memiliki dana tabungan sendiri.

Secara keseluruhan, sebanyak 71 persen responden merasa para istri seharusnya memiliki rekening tabungan yang berbeda dari pasangan. Lalu hanya 51 persen dari seluruh responden yang memiliki rekening sendiri di bank.

"Meski berbagi keuangan dapat menciptakan rasa saling memiliki dengan pasangan, tapi memiliki tabungan sendiri juga penting. Itu demi memberi Anda kendali lebih dan pilihan," ungkap juru bicara Self Lauren Bringle Jackson.

Sayangnya, banyak wanita mengalami tekanan finansial dalam hubungannya. Memiliki tabungan bersama, artinya Anda memiliki kendali yang sama terhadap masa depan finansial bersama.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Tak Peduli, Kaum Wanita Patut Tahu 5 Hal Tentang Keuangan Ini

Sejumlah penelitian menunjukkan jika wanita pantas menyandang label manajer keuangan yang baik. Kaum wanita diketahui lebih rajin daripada pria dalam hal menabung, menjadi investor, wanita lebih sabar dan berhati-hati.

Begitupun sebagai konsumen, wanita paling berani menawar dan biasanya memberikan penawaran terbaik.

Memang, wanita disebut perlu lebih tegas dan terlibat dalam keputusan keuangan yang kritis. Dari menjadi kasir pasif, mereka harus bisa menjadi influencer aktif dan pembuat kebijakan dalam keluarga.

Berikut beberapa langkah yang harus diambil wanita terkait keuangan untuk mencapai kemandirian finansial, melansir laman financialexpress.com, Sabtu (14/3/2020):

1. Jangan menghindari masalah tentang uang

Banyak wanita yang sengaja tidak ingin terlibat dalam masalah [keuangan]( 4196511 ""). Alasannya, tidak ingin menentang keputusan yang dibuat kaum laki-laki seperti suami.

Sebelum dia menikah, uang wanita biasanya ditangani ayah atau saudara lelakinya. Setelah menikah, barulah jatuh pada suami dan kemudian putranya.

Sebenarnya hal ini tidak akan jadi masalah jika dikelola dengan baik. Masalahnya adalah bahwa wanita itu biasanya tidak tahu bagaimana dan di mana uangnya digunakan.

Jadi,seseorang seharusnya tidak membiarkan orang lain mengambil keputusan ini tanpa sepengetahuannya.

Setelah menikah, sebagai pemangku kepentingan yang setara dalam keluarga, wanita seharusnya tidak hanya memiliki pengetahuan lengkap tentang bagaimana uang diinvestasikan. Namun, tetapi harus terlibat aktif dalam masalah uang yang berkaitan dengan keluarga.

2. Pelajari dasar-dasar manajemen keuangan

Manajemen uang bukanlah ilmu yang mudah dipahami. Mungkin terdengar mengintimidasi, tetapi lebih sederhana daripada banyak tugas yang dilakukan wanita setiap hari.

Anda tidak perlu menyelam lebih dalam, bahkan pemahaman dasar tentang bagaimana berbagai produk investasi bekerja lebih dari cukup.

Anda harus tahu cara kerja reksa dana dan jenis dana apa yang paling cocok untuk investasi. Pelajari tentang berbagai jenis asuransi jiwa dan kesehatan yang dibutuhkan keluarga.

Cari tahu cara mengoperasikan akun netbanking dan perlindungan dasar terhadap penipu. Pelajari tentang suku bunga pinjaman dan manfaat pajak yang ditawarkan beberapa pinjaman.

3. Beli Properti Bersama

Ketika seseorang membeli rumah, seluruh keluarga ikut berkontribusi. Tetapi properti biasanya didaftarkan atas nama suami, yang merupakan peminjam utama pinjaman rumah, meski kerap memberikan kontribusi,

Satu-satunya cara untuk memberi stempel pada kontribusi wanita adalah dengan mendaftarkan properti secara bersama atas nama suami dan istri. Ini juga akan melindungi kepentingan para wanita jika hubungan mereka memburuk.

4. Ketahui kondisi keuangan keluarga

Wanita juga harus menyadari aset yang dibeli dan berbagai investasi yang dilakukan anggota keluarga.

Apakah itu polis asuransi untuk menyimpan pajak, setoran tetap di bank atau investasi reksa dana untuk masa pensiun, pastikan Anda memiliki semua perinciannya.

Demi kebaikan yang lebih besar, pria harus didorong untuk membagikan informasi ini dengan istri mereka.

Apa nilai polis asuransi jika penerima tidak mengetahui keberadaannya? tidak hanya itu, perempuan harus memastikan bahwa mereka telah dinominasikan dengan tepat dalam investasi ini.

Jika sesuatu terjadi pada suami dan rekening banknya, dan investasi lain tidak memiliki calon, istri harus menghabiskan banyak waktu dan uang sebelum dia dapat mengakses dana.

5. Manfaatkan produk khusus wanita

Industri jasa keuangan telah merancang banyak produk, dan layanan yang bermanfaat bagi wanita. Ini termasuk suku bunga pinjaman yang lebih rendah saat membeli rumah atau mobil, mengikuti pendidikan tinggi atau mendirikan bisnis.

Cari tahu tentang produk khusus wanita ketika Anda membeli produk atau layanan. Anda mungkin menemukan banyak sekali atau diskon yang luar biasa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.