Sukses

23 Kabupaten dan Kota Belum Salurkan BLT Dana Desa, Mayoritas di Papua

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebutkan terdapat 23 kabupaten dan kota yang belum sama sekali menyalurkan BLT dana desa ke masyarakat.

Mayoritas kabupaten dan kota tersebut terletak di Papua dan 1 Kabupaten terletak di NTT. Dirinya menjelaskan, memang ada beberapa kendala dalam menyalurkan BLT dana desa di sana.

"Ini lokasinya di Papua semua, ada 1 di NTT ini memang karena kebijakan daerah untuk menunda penyaluran BLT dana desa," ujar pria yang akrab disapa Gus Halim ini dalam konferensi virtual, Selasa (2/6/2020).

Untuk di Papua sendiri, Gus Halim menjelaskan, kendala utamanya berada pada komunikasi. Untuk mengambil dan membawa dana dari Provinsi ke Kabupaten dan Kota memerlukan waktu yang cukup lama.

"Kita minta informasi saja kadang-kadang 3 hari baru dijawab, dan itu dijawabnya pun masih dalam perjalanan (BLT dana desa) ke Kabupaten dan atau Kota," ujarnya.

Karena masalah transportasi menjadi kendala penyaluran BLT dana desa di Papua, muncul lagi permintaan menggunakan dana desa untuk biaya transportasi.

Selain itu, Gus Halim bilang masalah lainnya adalah dana desa yang sudah habis dibagikan di tahap pertama sehingga harus menunggu lagi pencairan dana di tahap kedua.

"Tapi sudah ada beberapa daerah yang berjanji untuk menyalurkan dana desa hari ini," kata Gus Halim.

Sementara itu menurut data dari Kemendes PDTT, rincian kemajuan penyaluran BLT dana desa ialah 100 persen di 153 kabupaten dan kota, 75-99 persen di 144 kabupaten dan kota, 50-74 persen di 45 kabupaten dan kota, 1-49 persen di 69 kabupaten dan kota dan 0 persen di 23 kabupaten dan kota.

2 dari 2 halaman

55.042 Desa Telah Terima BLT Dana Desa

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi mengumumkan angka penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) di tengah pandemi Corona Covid-19. Tercatat 55.042 desa telah menerima BLT Dana Desa hingga Senin 1 Januari 2020. Ini setara 73 persen dari total 74.953 desa yang akan menerima BLT.

"Sampai hari ini kita mendorong BLT untuk segera tersalur ke desa. Sehingga bisa tuntas," ujar Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, melalui video conference di kanal Zoom, Selasa (2/6/2020).

Selain itu, tercatat sebanyak 5.806.900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah menerima BLT Dana Desa. Untuk anggaran yang disalurkan mencapai Rp 3,48 triliun.

Halim menambahkan, jumlah desa telah tersalur Rekening Kas Desa (RKD) mencapai 69.443. Atau setara 93 persen dari total 74.953 desa yang akan menerima BLT.