Sukses

Angkasa Pura II Cari Investor untuk Bangun Terminal 4 Bandara Soetta

Angkasa Pura II butuh dana hingga Rp 12 triliun untuk membangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II tengah mendesain Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta. Pembangunan terminal 5 ini merupakan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan, total biaya yang dibutuhkan untuk proyek tersebut mencapai 12 triliun.

"Kita perkirakan Rp 11 triliun sampai Rp 12 triliun, dan memang kita juga tidak berasumsi dengan kita melakukan self investment atau self financing, tentu saja ada pola yang akan kita coba terobos dengan bisnis model baru," ujarnya.

Awaluddin menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan kajian terkait skenario mana yang paling optimal.

"Kami sedang menjalankan dua skenario. Satu penyiapan desain tadi untuk gedung terminal dan skenario untuk desain penyiapan pembiayaan, jadi pararel kita siapkan. Satu sisi untuk planing desain dan kontruksi satu lagi untuk financing, jadi dalam waktu yang sama selama 12 bulan bisa selesai semuanya," jelasnya di Hotel Kempinski, Jakarta pada Rabu (04/03/2020).

"Kombinasi dari inevstment dan strategic patnership. Kami masih kaji peluang untuk melihat model atau struktur mana yang optimal," imbuhnya.

Sebelumnya, terminal 4 seluas 400 ribu meter persegi diproyeksikan mampu melayani hingga 40 juta penumpang per tahun.

Adapun Terminal 1 dan 2 nantinya setelah revitalisasi masing-masing akan memiliki kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara itu, Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Sehingga, dengan Terminal 1, 2, 3, dan 4 nantinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki kapasitas hingga 100 juta penumpang per tahun.

Dalam rencana pengembangan Terminal 4 nantinya, inovasi teknologi yang akan dilakukan di antaranya melalui pemanfaatan artificial intelligence, internet of things, big data analytics, roboting, automation, virtual reality hingga augmented reality.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terminal 4 Bandara Soetta Dibangun di 2021, Anggaran Rp 14 Triliun

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (Persero) atau AP II menyatakan siap memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera memulai pembangunan Terminal 4 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menargetkan desain Terminal 4 bisa selesai tahun ini, sehingga pengerjaan awal bisa dimulai awal 2021.

"Saya akan pastikan bahwa di akhir 2020 ini desain terminal 4 bisa selesai. Jadi kita bisa persiapan tender dan persiapan fase konstruksi di awal 2021," ujar dia di Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Jumat 24 Januari 2020. 

AP II disebutnya juga telah memperhitungkan nilai investasi untuk membangun satu gedung Terminal 4, yang secara biaya diperkirakan menelan dana hingga Rp 14 triliun.

"Investasinya tidak akan kurang Rp 12-14 triliun untuk satu gedung Terminal 4," jelas dia.

Menurut Awaluddin, Terminal 4 Soekarno-Hatta akan menjadi gedung terminal bandara terbesar di Indonesia bila pengerjaannya sudah selesai. Sehingga bisa menambah kapasitas angkut Bandara Soekarno-Hatta hingga sekitar 110 juta orang per tahun.

"Gedung Terminal 4 akan jadi gedung terminal terbesar di Indonesia, bisa handle sekitar 40-44 juta penumpang setiap tahunnya," ungkap Awaluddin.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta saya pastikan akan mampu memiliki handle penumpang revitalisasi di Terminal 1-3, dan munculnya terminal baru (Terminal 4) kapasitas Bandara Soekarno-Hatta jadi 105-110 juta orang," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.