Sukses

Terminal 4 Bandara Soetta Dibangun di 2021, Anggaran Rp 14 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura (Persero) atau AP II menyatakan siap memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera memulai pembangunan Terminal 4 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menargetkan desain Terminal 4 bisa selesai tahun ini, sehingga pengerjaan awal bisa dimulai awal 2021.

"Saya akan pastikan bahwa di akhir 2020 ini desain terminal 4 bisa selesai. Jadi kita bisa persiapan tender dan persiapan fase konstruksi di awal 2021," ujar dia di Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/1/2020).

AP II disebutnya juga telah memperhitungkan nilai investasi untuk membangun satu gedung Terminal 4, yang secara biaya diperkirakan menelan dana hingga Rp 14 triliun.

"Investasinya tidak akan kurang Rp 12-14 triliun untuk satu gedung Terminal 4," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Terbesar di Indonesia

Menurut Awaluddin, Terminal 4 Soekarno-Hatta akan menjadi gedung terminal bandara terbesar di Indonesia bila pengerjaannya sudah selesai. Sehingga bisa menambah kapasitas angkut Bandara Soekarno-Hatta hingga sekitar 110 juta orang per tahun.

"Gedung Terminal 4 akan jadi gedung terminal terbesar di Indonesia, bisa handle sekitar 40-44 juta penumpang setiap tahunnya," ungkap Awaluddin.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta saya pastikan akan mampu memiliki handle penumpang revitalisasi di Terminal 1-3, dan munculnya terminal baru (Terminal 4) kapasitas Bandara Soekarno-Hatta jadi 105-110 juta orang," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
39 Investor Berlomba Jadi Mitra AP II Kembangkan Bandara Kualanamu
Artikel Selanjutnya
Jurus Angkasa Pura II Tangkal Virus Corona Masuk ke Indonesia