Sukses

Ingin Buka Restoran Sendiri? Ini Tipsnya

Industri restoran memang penuh persaingan, tetapi juga bisa menjadi mimpi yang indah bagi yang mendambakannya. Berikut tips untuk Anda yang ingin membuat restoran sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Anda ingin menyajikan bakso buatan nenek, atau mencampur koktail di belakang bar. Apa pun yang terjadi, Anda bukanlah satu-satunya orang yang berpikir untuk membuka restoran sendiri.

Faktanya, banyak dari kita yang memiliki ambisi yang sama. Pertanyaannya adalah: Bagaimana melakukannya?

Sebuah restoran adalah salah satu bisnis kecil yang paling sulit dibangun. Anda akan menghadapi lebih banyak rintangan daripada membangun bisnis lain. Masalah regulasi, produksi, dan persaingan yang unik di industri ini.

Itu tidak berarti Anda tidak dapat melakukannya, tetapi itu berarti bahwa Anda harus mengingat kata-kata abadi dari Anthony Bourdain: "Jika ada yang baik untuk menumbuhkan kerendahan hati ke dalam diri Anda secara permanen, itu adalah bisnis restoran."

Berikut ini tips memulai bisnis restoran, seperti dikutip dari The Street, Kamis (30/1/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membuka Restoran Tanpa Pengalaman

Jangan!

Banyak, banyak orang yang belum pernah bekerja di industri restoran ingin mencoba sendiri karena, terus terang, sepertinya menyenangkan dari kejauhan. Tapi tidak sesederhana itu

Analoginya, Anda tidak akan membuka firma hukum tanpa gelar sarjana hukum. Anda tidak akan menjadi guru matematika jika Anda tidak bisa berhitung.  Jangan mencoba memasak untuk mencari nafkah sampai Anda menguasai dunia kuliner.

3 dari 6 halaman

Lakukan Riset

Anda harus fokus pada riset pasar dan terutama karena, di atas segalanya, bagian terpenting dari membuka restoran adalah membunuh impian dan ego. Lakukan riset sebagai pertimbangan yang realistis.

Jadi langkah pertama adalah melakukan riset pasar. Apa pesaing Anda? Siapa target konsumen Anda? Tempat apa yang berhasil dan gagal di daerah Anda? Berapa banyak uang yang dimiliki konsumen target Anda, dan apa yang mereka beli sekarang?

Pada saat Anda selesai, Anda harus memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang informatif mengenai di mana Anda akan bekerja, siapa yang akan Anda layani.

4 dari 6 halaman

Tentukan Gaya

Sekarang Anda tahu di mana Anda beroperasi dan siapa yang ingin Anda targetkan. Langkah selanjutnya adalah menentukan struktur restoran Anda.

Tetapi penting untuk mempertimbangkan semua opsi Anda. Ada banyak jenis restoran yang bisa Anda buka, tetapi empat kategori utama yang perlu dipertimbangkan adalah:

Gaya Ruang Makan Formal

Ini adalah standar yang kita pikirkan ketika kita berpikir "restoran." Ruang makan besar, dapur besar, dan sering sebuah bar. Ini bisa berarti apa saja mulai dari gabungan bintang lima yang mewah hingga restoran lokal selama itu termasuk duduk, ditunggu oleh staf dan memakan makanan Anda di sana.

Cepat-Santai

Ini adalah langkah maju dari makanan cepat saji karena kualitas makanan biasanya lebih baik, tetapi memiliki model bisnis yang efisien dan lebih murah. Ini melibatkan tidak ada staf menunggu (pelanggan biasanya memesan di konter) dan umumnya frill rendah.

Gaya Kafe

Ini adalah suatu tempat di antara gaya ruang makan kasual santai dan formal. Jenis restoran ini lebih kecil dari restoran biasa tetapi lebih bagus daripada restoran biasa-biasa saja. Ini adalah gaya tempat sandwich lokal yang lucu; bukan gabungan makanan cepat saji, tetapi mereka juga tidak mempekerjakan staf layanan. 

Truk Makanan

Akhirnya, booming dalam popularitas adalah gaya truk makanan / gerobak makanan . Ini telah berkembang pesat karena ini bisa dibilang model termurah di luar sana, dan dengan tren media sosial yang sudah berkembang.

5 dari 6 halaman

Tulis Rencana Bisnis

Langkah selanjutnya adalah memutuskan jenis produk apa yang ingin Anda layani dan menulis rencana bisnis untuk bagaimana Anda akan melakukannya.

Rencana bisnis Anda akan mencakup segala sesuatu tentang bisnis baru Anda, dari target pelanggan hingga sumber pendanaan hingga operasi sehari-hari. Pada dasarnya, jika seseorang memiliki pertanyaan tentang bagaimana restoran Anda akan bekerja, mereka harus dapat mencarinya dalam rencana bisnis.

6 dari 6 halaman

Tiga Masalah Utama yang Perlu Dihadapi:

1. Gaya Makanan

Ini adalah produk Anda. Apakah Anda menyajikan makanan laut, pasta, kopi, atau apa pun, Anda harus menyelami lebih spesifik di sini. Anda tidak perlu membuat menu, tetapi Anda harus masuk ke banyak detail untuk mengetahui apa yang akan Anda sajikan, siapa yang akan membelinya dan mengapa Anda berpikir mereka akan membelinya.

2. Kepegawaian

Sebuah restoran memiliki banyak tingkatan staf, dari pelayan dan bartender hingga staf dapur, koki, dan manajer. Rencana bisnis Anda perlu memperhitungkan ini.

Siapa yang akan memasak makanan Anda? Siapa yang akan mengawasi masalah bisnis dan manajemen? Jika Anda mengantisipasi melayani pelanggan di meja, berapa banyak pelayan yang menurut Anda perlu? Evaluasi gaya restoran yang Anda rencanakan untuk diluncurkan, kemudian cari tahu siapa yang akan Anda butuhkan untuk menjalankan tempat ini secara efektif.

3. Mengatasi Masalah Hukum

Layanan makanan adalah bidang yang sangat diatur. Sebuah restoran membutuhkan lisensi layanan makanan, lisensi bisnis, izin kesehatan, dan lisensi minuman keras jika berlaku, dan itu hanya beberapa masalah hukum yang berlaku. Untuk penghitungan yang lebih teliti tentang banyak lisensi yang harus diperhitungkan oleh sebuah restoran.

Reporter : Danar Jatikusumo

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini