Sukses

5 Aktivitas yang Mampu Tingkatkan Produktivitas

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda berpikir bahwa olahraga penting untuk kesehatan pikiran? Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda perlu melakukan usaha. Logika yang sama berlaku untuk fungsi otak dan pikiran Anda juga.

Penelitian telah membuktikan bahwa untuk mencapai kesehatan otak, maksimal Anda perlu berolahraga dan memperkuatnya.

Pelatihan otak adalah hal untuk meningkatkan kecerdasan Anda, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan fokus Anda. Meskipun Anda sering mengabaikan kesehatan otak, namun nyatanya hal itu sangat penting untuk membuat Anda lebih produktif dalam bekerja maupun aktivitas lainnya.

Plastisitas otak yang merupakan kemampuannya untuk beradaptasi dan berubah, memungkinkannya berkembang, bahkan ketika Anda bertambah tua.

Ketika Anda mempelajari hal-hal baru, otak Anda menemukan cara untuk membentuk jaringan baru. Proses ini membuat otak lebih terbuka untuk adaptasi. Manfaat latihan otak itu sederhana, yakni membuat pikiran Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Beberapa aktivitas yang bisa membuat otak Anda menjadi lebih menjadi lebih tajam secara mental, dan secara kognitif lebih kuat jika Anda berlatih secara teratur. Biasanya latihan otak melibatkan pemecahan teka-teki, Sudoku atau Crossword. Namun, tidak semua orang menyukai kegiatan ini.

Ada cara lain untuk menguatkan otak Anda, berikut dalah lima latihan sederhana untuk menjaga otak tetap bugar dan sehat, dikutip dari laman Enterpreneur.com, Senin (20/1/2020):

 

 

2 dari 7 halaman

Lari

Berlari selalu menjadi salah satu latihan yang paling direkomendasikan. Hal itu tidak hanya menjaga tubuh Anda bugar, tetapi pada saat yang sama membantu dalam pembentukan sel-sel baru di hippocampus (bagian sisi kanan dan kiri otak).

Itu bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk proses belajar dan memori Anda. Di satu sisi, itu membuat tubuh Anda tetap bugar, di sisi lain, membantu dalam manajemen stres. 

3 dari 7 halaman

Menari

Sesuai dengan Pusat Pencegahan Penyakit dan Kontrol Sumber Tepercaya, yang mempelajari bentuk gerakan tarian baru, tidak hanya meningkatkan kecepatan pemrosesan otak Anda, tetapi juga memori.

Dengan kata sederhana, menarilah seperti Anda belum pernah menari sebelumnya. Jika Anda berpikir tentang apa yang harus dipilih - Anda bisa mencoba tariana Zumba, Jazz, atau hip-hop. Apa pun yang Anda suka, lakukanlah.

 

4 dari 7 halaman

Aerobik

Hanya dengan rutin melakukan150 menit aerobik seminggu, penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan kinerja memori spasial Anda, dan mengurangi risiko demensia, depresi, dan kecemasan.

 

5 dari 7 halaman

Meditasi

Meditasi mampu membuat otak Anda tenang, hal itu ditunjukkan dari para ahli hingga para pemimpin bisnis, meditasi mindfulness telah menjadi praktik yang berkelanjutan.

Sudah menjadi bagian dari tradisi selama berabad-abad, bahwa meditasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni meningkatkan aliran darah, pengamatan, dan keterampilan mental. Ini juga meningkatkan fleksibilitas mental, perhatian, empati, fokus, dan memori.

 

6 dari 7 halaman

Bersepeda

Jika tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah yang Anda hadapi, bersepeda adalah kunci untuk tetap menjaga tekanan darah Anda supaya tetap stabil.

Dengan membangun kekuatan mental Anda hingga meningkatkan aliran darah, latihan ini adalah cara yang bagus untuk tetap kuat. Ini juga mengatur hormon stres dalam tubuh Anda dan tingkat adrenalin.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perhatikan, 6 hal yang bikin Pegawai Betah di Kantor
Artikel Selanjutnya
Cara Tetap Termotivasi saat Stres Akibat Bisnis dan Bekerja