Sukses

6 Tips Genjot Produktivitas Bekerja di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Tanpa diragukan lagi, tempat kerja yang produktif tak bisa tercipta begitu saja. Ini merupakan hasil perubahan yang membentuk suasana kerja lebih positif dan nyaman.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan enam kiat yang dapat membantu menciptakan lingkungan kantor yang nyaman dan bisa meningkatkan kinerja kerja . Dikutip dari Laruno.id, berikut uraiannya:

1. Meja kerja

Menjaga meja bersih dan terorganisasi dengan baik memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kinerja dan produktivitas kerja.

Ini sangat masuk akal. Sebab saat bekerja, kondisi tersebut bisa menyingkirkan semua hal yang berlebihan dan tidak perlu ada di atas meja kantor Anda.

Anda bisa bekerja tanpa perlu dikelilingi cangkir, buku, dan perangkat elektronik di atas meja.

2. Pencahayaan 

Pencahayaan yang cukup merupakan faktor penting yang memungkinkan seseorang untuk tetap konsentrasi dan terinspirasi bekerja.

Sebab kondisi pencahayaan yang buruk menyebabkan kelelahan, ketegangan mata, iritasi dan bahkan dapat menyebabkan depresi.

Ada hubungan erat antara tingkat cahaya alami di area kerja dan tingkat aktivitas pekerja dan efektivitas. Jadi, evaluasi kondisi cahaya di sekitar Anda.

2 dari 3 halaman

3. Kualitas udara

Kualitas udara secara umum memengaruhi kemampuan Anda untuk fokus dan berpikir jernih. Anda tahu bahwa udara segar mendorong ide-ide segar.

Sayangnya, di sebagian besar ruang kerja, kualitas udara masih belum cukup baik. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui apakah kantor Anda dilengkapi dengan pembersih udara atau tidak.

Jika tidak, sampaikanlah kepada manager betapa pentingnya memiliki peralatan seperti itu.

4. Kursi

Pekerjaan kantor biasanya membuat seseorang menghabiskan berjam-jam di kursi. Kondisi ini menghasilkan fakta banyak karyawan pada akhirnya mengalami sakit punggung dan leher. Itu sebagian besar karena kursi yang murah dan tidak nyaman di kantor mereka.

Jika Anda pernah mencoba untuk duduk di kursi kantor yang dirancang dengan nyaman dengan kemampuan untuk meregang dan bergerak, maka Anda pasti tahu betapa berharganya kursi seperti itu.

Kursi yang dirancang secara ergonomis untuk kantor biasanya mendukung punggung bawah pengguna, sehingga menghasilkan postur yang lebih baik.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

3 dari 3 halaman

5. Tanaman

Menambahkan beberapa warna hijau ke meja kantor adalah ide bagus lainnya untuk meningkatkan kinerja dan kreativitas Anda.

Studi yang berbeda menemukan bahwa pekerja menunjukkan perhatian dan konsentrasi yang lebih baik di ruang kerja yang berisi tanaman indoor.

Tanaman kantor juga bagus untuk membawa kegembiraan dan suasana positif ke lingkungan kantor.

Selain itu, mereka menyaring udara dan menyediakan oksigen bersih dan murni, sehingga membuat Anda tetap sehat.

Jadi, pilih tanaman kantor yang tepat untuk ruang Anda dan nikmati hasil produktivitas Anda yang meningkat.

6. Tingkat kebisingan

Tingkat kebisingan di lingkungan kantor dapat sangat bervariasi sepanjang hari. Kemungkinan besar Anda sudah tahu bahwa kebisingan dapat memengaruhi fokus dan konsentrasi.

Dampak lain, mengalihkan perhatian Anda dari pemikiran dan gagasan. Serta dapat meningkatkan tingkat stres, sehingga mempengaruhi kemampuan untuk mempertahankan efektivitas di tempat kerja.

Jadi, jika Anda bekerja di kantor, beli sepasang headphone atau earbud untuk beralih ke musik favorit ketika merasa suara rekan sangat menggangu.

Cari tahu apakah kantor Anda memiliki ruang kerja yang tenang ketika merasa kurang fokus.

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Hancurkan Bisnis Anda
Artikel Selanjutnya
Ingin Pekerjakan Manajer Media Sosial, Ketahui 3 Hal Berikut