Sukses

5 Pekerjaan Ini Bermanfaat Buat Kembangkan Bisnis, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mau mengelola bisnis? Meski sulit pada awalnya, ketika bisnis sudah berjalan dengan baik, Anda akan merasakan nikmatnya.

Banyak yang langsung terjun ke dunia ini, namun ada pula yang bekerja terlebih dulu untuk mengumpulkan ilmu dan modal agar lebih mapan. Jika Anda ingin bekerja terlebih dahulu sebelum berbisnis, cobalah 5 pekerjaan ini, dikutip dari Entrepreneur, Selasa (13/08/2019):

1. Ritel

Bekerja di ritel membuat Anda memahami bagaimana seluk beluk mengelola bisnis. Anda bisa saja dekat dengan manajer atau kepala divisi di sana lalu bertanya dan belajar bagaimana mereka mengelola alur barang dan jasa.

Jangan lupa jalin pertemanan dan bertukar ilmu dengan bagian customer service dan kasir agar Anda bisa mengetahui bagaimana cara menangani konsumen di toko Anda nantinya.

2. Industri makanan

Meski terlihat mudah, industri makanan ternyata cukup kompleks, bahkan lebih ribet daripada ritel. Mengapa?

Makanan mudah basi dan tidak bisa disimpan lama-lama, sehingga pengelolaannya berbeda dari barang rumah tangga seperti di ritel. Rasa makanan juga mempengaruhi rating toko, berbeda dengan ritel yang hanya menjual produk yang sudah jadi dari pabrik.

Penyajian pun demikian, ada beberapa ilmu penyajian makanan yang harus didalami agar konsumen merasa puas makan di restoran. Kemudian, apa yang harus dilakukan saat restoran sedang ramai-ramainya, bagaimana menjaga antrian pengunjung agar mereka tetap sabar menunggu, dan memastikan makanan tetap lezat meskipun dimasak dengan waktu yang cepat.

Jadi, sebelum buka bisnis restoran atau gerai makan, cobalah bekerja di industri makanan terlebih dahulu.

 

2 dari 3 halaman

3. Tenaga Penjualan

Bekerja sebagai sales ternyata bisa memberi Anda ilmu menjual produk sebanyak-banyaknya. Menjadi sales berarti Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada konsumen.

Anda akan mengerti apa yang konsumen inginkan, bagaimana cara mengakomodasi kebutuhan konsumen bahkan merekomendasikan produk pada mereka. Ketika Anda sudah menguasai hal tersebut, Anda bisa mengembangkan produk agar lebih baik dan sempurna.

4. Customer Service

Pekerjaan ini menuntut kesabaran Anda dalam menghadapi konsumen. Bedanya dengan sales, customer service harus siap mendengar kritik, komplain bahkan makian dari konsumen yang tidak puas.

Customer service juga harus andal menyiapkan jawaban yang bisa membuat konsumen tenang dan menunggu perbaikan produk atau fasilitas. Tentu, bekerja sebagai customer service berarti belajar sabar saat produk Anda dikritik, dicaci dan dimaki orang.

 

3 dari 3 halaman

5. Manajemen

Yang terakhir, Anda bisa bekerja di bagian manajemen setelah cukup lama berkarier di 4 bidang tadi.

Anda bisa naik jadi kepala divisi agar lebih memahami bagaimana bisnis berjalan. Percayalah, para bos besar tidak tahu mekanisme rinci bisnis yang mereka jalankan; mereka hanya merapatkan konsep dan rencana.

Seluk beluk bisnis sesungguhnya diketahui oleh kepala divisi dan sub manajer. Jadi, ketika Anda punya kesempatan bekerja di posisi tersebut, jangan sia-siakan dan manfaatkanlah!

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Selalu Positif, Ini Dampak Buruknya jika Terlalu Baik
Artikel Selanjutnya
Biar Lolos, Kenali Bentuk Tes Psikologi ini