Sukses

Tak Hanya soal Uang, Ini Arti Kesuksesan bagi 5 Tokoh Tajir Dunia

Liputan6.com, Washington D.C. - Apa itu kesuksesan? Banyak dari kita mungkin akan menjawab itu adalah hal yang telah digapai oleh seseorang yang menyimpan harta hingga miliaran bahkan triliunan rupiah di rekening bank.

Namun begitu, beberapa tokoh yang publik anggap telah mencapai kesuksesan di bidangnya rupanya menjawab bahwa pencapaian itu bukanlah yang membuat mereka merasa berhasil.

Seperti dikutip dari laman Business Insider, Selasa (4/6/2019), berikut arti kesuksesan bagi 5 tokoh tajir dan ternama dunia:

1. Warren Buffet: Hubungan Baik di Atas Segalanya

Dengan kekayaan mencapai USD 86 miliar, Warren Buffet merupakan salah satu pengusaha paling kaya di dunia. Kendati begitu, ia menilai definisi sukses bukan dari jumlah uang atau ketenaran.

"Saya mengukur kesuksesan dengan seberapa banyak orang menyukai saya," seru dia.

2. Bill Gates: Andil Sosial, Itulah Kesuksesan

Senada dengan Buffet, Pendiri Microsoft Bill Gates percaya bahwa kesuksesan adalah tentang hubungan dan meninggalkan warisan kepada lingkungan sosial.

"Warren Buffet selalu mengatakan, arti kesuksesan adalah bisa membuat orang di sekitar Anda bahagia dan menyukaimu," ujar dia.

"Selain itu, baik juga untuk bisa menciptakan perubahan atau membantu orang-orang yang kekurangan," dia menambahkan.

2 dari 4 halaman

Kata Obama

3. Barrack Obama: Sukses adalah Dapat Mengubah Hidup Orang Banyak

Sempat menjabat sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat (AS), Barrack Obama tidak menganggap kekuasaan yang ditampuknya sebagai sebuah kesuksesan.

Michelle Obama sang istri menceritakan, suaminya memulai karir dengan menolak pekerjaan bergaji tinggi dan lebih memilih untuk bekerja di lingkungan yang tengah berjuang secara ekonomi.

"Baginya, kesuksesan bukan tentang seberapa banyak uang yang bisa diciptakan, melainkan perubahan yang dapat Anda buat untuk kehidupan orang banyak," sebutnya.

4. Oprah Winfrey: Kesuksesan Tak Mengkhianati Nurani

Selebritas sekaligus pengusaha AS ini menyatakan, ia dapat meraih kesuksesan lantaran mau mendengarkan suara hatinya. "Dunia di luar begitu kejam. Tak ada yang lebih hebat daripada Anda mau mengikuti panggilan diri" ujar dia.

5. Satya Nadella: Empati Krusial untuk Sebuah Kesuksesan

CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan, seseorang tidak bisa meraih kesuksesan tanpa menunjukan empati. Ini disadarinya setelah dikaruniai anak pertama yang menderita lumpuh otak, sehingga menyebabkan gangguan pergerakan.

"Empati juga memungkinkan untuk membuat bisnis menjadi sukses. Sebab, itu memungkinkan Anda untuk dapat memahami kebutuhan pelanggan," ungkap dia.

3 dari 4 halaman

Pesan Miliarder: Jangan Bekerja Demi Uang, Anda Tak Akan Bahagia

 Miliarder dan CEO Apple Tim Cook memberikan beberapa saran bagi para anak muda agar tidak terobsesi hanya kepada uang saja.

"Saran saya kepada Anda semua, jangan bekerja demi uang karena ini akan membuat uang itu cepat habis hingga Anda tidak pernah merasa cukup dan tidak bahagia," ujarnya seperti dikutip dari laman CNBC.

Tim Cook berpendapat, seseorang harus bisa mencari sesuatu yang membuat mereka begitu bersemangat. Jika tidak berhasil menemukan hal itu, maka orang tersebut tidak dapat bahagia seumur hidupnya.

Untuk itu, miliarder ini menyarankan agar pemuda bisa mencari pekerjaan yang disukainya dibanding harus mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Karena dengan begitu mereka tidak akan berat menjalaninya meskipun tugas yang sedang ia kerjakan memang sungguh sulit.

Ternyata saran ini, sudah terlebih Cook terapkan dan hasilnya sungguh luar biasa. Ia mendapatkan gaji yang begitu baik dengan mengerjakan hal yang ia sukai.

Namun ternyata ada beberapa miliarder dunia yang menentang hal ini. Diantaranya, Warren Buffett dan Bill Gates. Mereka berdua berpendapat jika kesuksesan dapat diraih berkat tingkat penasarannya yang begitu tinggi dan hasrat ingin meraihnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: 4 Manfaat Minum Air Lemon Saat Sahur, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Metamorfosis Gaya 2 Putri Barack Obama yang Beranjak Dewasa dan Makin Memikat