Sukses

7 Hal yang Selalu Dilakukan Para Bos

Saat ini kebanyakan atasan yang ada memberikan perintah yang begitu menghardik dan bertubi, hal ini tentunya merupakan hal yang salah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin besar tidak dilahirkan dengan begitu saja. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang tentunya, meskipun memang ada beberapa pemimpin atau bos besar yang hadir dengan cepat.

Para pemimpin ini memiliki cara berpikir yang begitu luar biasa tiap harinya. Mereka juga menerapkan kebiasaan yang mendukung untuk memimpin.

Mau tahu apa sajakah yang mereka lakukan? Dilansir dari laman Thriveglobal, Kamis (1/8/2019), berikut tujuh kebiasaan yang dilakukan bos besar:

1. Selalu Mendengarkan

Saat ini kebanyakan atasan yang ada memberikan perintah yang begitu menghardik dan bertubi, hal ini tentunya merupakan hal yang salah. Seorang pemimpin yang hebat, mereka selalu mendengarkan masukan, rintihan orang lain khususnya para pegawainya. Selain membuat ia akan lebih terhormat, ini juga akan memberikan gambaran kepapda bawahan bagaimana cara Anda memimpin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berkomunikasi dengan Jelas

Sering disebutkan, seorang pemimpin harus memiliki keahlian komunikasi yang baik. Ternyata ini lah yang para pemimpin memang lakukan setiap harinya. Selain menambahkan kolega dan relasi, dengan komunikasi yang baik seorang pemimpin dapat menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik.

Meskipun terkadang mendapatkan kritik dari seseorang, namun ini bukan menjadi alasan mereka untuk berhenti berbicara dengan baik dengan orang tersebut.

3. Tahu Bagaimana Bersikap dengan Baik

Para pemimpin besar selalu tahu bagaimana ia harus bersikap. Mereka begitu tenang dalam mengkontrol emosi, dan amarahnya. Tidak hanya itu saja, mereka juga sangat dewasa dan bijaksana maka tidak heran banyak orang percaya dan menghormati mereka.

 

3 dari 4 halaman

4. Selalu Menetapkan Tujuan

Para pemimpin hebat selalu mengetahui dan menyiapkan tujuan yang akan dicapainya. Tujuan akan membuat tim yang dimiliki menjadi lebih baik lagi dalam bekerja. Selain itu, dengan tujuan jelas para pegawai yang mereka miliki tahu sudah sampai mana posisi mereka saat ini.

5. Selalu Belajar

Setiap orang tentunya selalu berusaha untuk lebih baik lagi tiap harinya, dan inilah yang menjadi kebiasaan para pemimpin besar. Mereka selalu belajar dari kekurangan dan kesalahan yang dilakukan. Untuk memperbaikinya, mereka juga belajar dari buku, pengalaman orang lain, bahkan sosok besar lainnya.

 

4 dari 4 halaman

6. Mendelegasikan Tugas

Menjadi pemimpin besar bukan berarti mereka harus mengerjakan semua tugas yang ada sendirian. Mereka hanya memimpin dan mengawasi tim yang telah dipilihnya. Karena mereka selalu mendengarkan orang lain, dan darisinilah para pemimpin hebat ini mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan yang timya miliki. Dengan begitu, para pemimpin hebat ini tahu tugas apa saja yang tepat untuk para timnya.

7. Selalu Menyemangati Pegawai

Pemimpin yang hebat selalu tahu apa yang terbaik bagi pegawainya. Mereka juga selalu mendorong dan menyemangati pegawainya untuk bekerja lebih baik pada hari yang akan datang. Mereka melakukan ini biasanya dengan langsung memanggil pegawainya satu per satu, atau pada saat rapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini