Sukses

10 Makanan Ini Baik dan Cocok untuk Sahur

Makanan dan minuman seperti apa yang paling bagus dijadikan santapan sahur? Berikut urutan poinnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga pola makan selama Bulan Ramadhan itu penting agar tubuh tetap bugar dalam menjalani ibadah puasa. Saat sahur misalnya, konsumsilah makanan dan minuman yang kaya akan vitamin, serat, dan protein yang baik untuk kesehatan sehingga kita dapat berpuasa penuh selama 1 bulan.

Lalu makanan dan minuman seperti apa yang paling bagus dijadikan santapan sahur? Berikut urutan poinnya, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Kurma dan Air Hangat

Sudah pernah makan kurma sebelumnya? Rasa kurma yang manis berasal dari tiga jenis gula yang baik untuk tubuh, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Setiap jenis gula memiliki peran masing-masing dalam tubuh kita. Seperti glukosa yang bagus untuk menaikkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa bagus untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan.

Kurma cocok disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama saat sahur. Untuk menetralisir rasa manisnya, Anda bisa meminum air hangat setelahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

2. Biji-bijian Kaya Serat

Biji-bijian seperti kacang almond, kacang polong, dan kacang kedelai sangat bagus dijadikan untuk menu sahur, apalagi ketiga biji-bijian ini sangat mudah diolah. Kacang kedelai misalnya yang bisa dijadikan sebagai minuman untuk sahur.

Meski hanya mengonsumsi biji-bijian saja, cukup mengenyangkan juga karena biji-bijian mengandung protein, mineral, vitamin, dan lemak yang baik untuk tubuh.

3 dari 10 halaman

3. Telur Rebus atau Orak-arik

Berbicara tentang menu sahur sehat tampaknya kurang komplit kalau tidak memasukkan telur sebagai salah satunya. Telur memiliki kandungan protein, nutrisi, dan vitamin yang tinggi, sangat bagus untuk kesehatan.

Meski telur baik untuk kesehatan, tapi Anda juga harus membatasi jumlah telur yang dikonsumsi. Sebab mengonsumsi telur dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan darah tinggi. Setelah makan telur, sebaiknya netralisir dengan minum air putih yang banyak, ya.

4 dari 10 halaman

4. Susu Segar

Minum segelas susu saat sahur sangat disarankan agar tubuh tetap kuat hingga tengah hari nanti. Selain susu sapi, kamu juga bisa minum susu kambing dan susu kedelai.

Dengan minum segelas susu setiap hari, kebutuhan kalsium dalam tubuh akan terpenuhi dengan sempurna karena segelas susu mengandung 300 miligram kalsium. Jumlah ini dipercaya memenuhi sepertiga dari kebutuhan kalsium dalam tubuh.

5 dari 10 halaman

5. Sayur dan Buah

Selama menjalankan ibadah puasa, pasokan air dalam tubuh kita akan berkurang drastis. Untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung air yang banyak seperti apel, semangka, stroberi, bayam, buah naga, brokoli, dan tomat.

Selain mengandung air, sayur, dan buah ini juga kaya akan mineral, serat, dan antioksidan untuk memperlambat proses penuaan dini dan menghantam sel-sel jahat yang masuk ke dalam tubuh selama puasa.

6 dari 10 halaman

6. Makanan yang Direbus

Cita rasa makanan yang digoreng memang enak, tapi aneka gorengan tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu terjadinya kolesterol. Sebaiknya rubah pola memasak makanan dengan cara direbus.

Cita rasa makanannya memang kurang lezat, tapi dengan memilih jenis makanan yang tepat, kamu pasti akan ketagihan. Misalnya ikan salmon, brokoli, kentang, dan wortel rebus.

7 dari 10 halaman

7. Jahe Hangat

Jahe merupakan rempah-rempah asli Indonesia yang harganya murah dan mudah ditemui di pasar. Jahe bisa diolah menjadi minuman sehat, seperti wedang jahe ataupun bandrek, sehingga tubuh menjadi lebih hangat.

Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh. Jadi meski sedang beraktivitas dan terkena terpaan angin, Anda akan lebih sulit masuk angin karena sebelumnya sudah minum jahe hangat.

8 dari 10 halaman

8. Bubur Ayam

Bagi yang tidak suka makan nasi di pagi hari, kamu bisa mengganti nasi menjadi bubur yang nikmat. Cukup lumatkan nasi, campurkan potongan wortel dan siwuran daging ayam di atasnya.

Supaya lebih nikmat lagi, tambahkan daun seledri. Kalau mau lebih praktis, beli bubur yang sudah dikemas dalam bungkusan, sehingga Anda tinggal menyeduhnya saat sahur tiba.

9 dari 10 halaman

9. Aneka Smoothies

Segelas smoothies segar sangat cocok untuk mengawali hari Anda di pagi hari, terutama selama bulan Ramadan. Buah-buahan seperti stroberi, alpukat, mangga, dan nanas bisa diolah menjadi smoothies yang sangat enak.

Segelas smoothies kaya akan vitamin, mineral dan serat yang akan senantiasa membuat tubuh lebih kuat selama berpuasa. Selain segar, minuman ini juga kaya akan vitamin yang baik buat tubuh, bukan?

10 dari 10 halaman

10. Perasan Jeruk Lemon

Setelah bangun tidur, minumlah perasan jeruk lemon dengan tujuan untuk melancarkan pencernaan sehingga racun dan sisa-sisa makanan tidak mengendap dalam tubuh. Jeruk lemon juga kaya akan vitamin C.

Untuk menghilangkan rasanya yang terlalu asam, campurkan dengan madu dan kayu manis, lalu seduh saat sahur. Dengan meminum air lemon, badan pun akan terasa segar.

Pilih Menu Sahur yang Paling Tepat agar Mampu Bertahan Seharian

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama sahur sebaiknya jangan asal-asalan. Perhatikan apakah sudah mengandung protein, mineral, air, dan vitamin yang cukup supaya tubuh tetap bugar dan mampu bertahan seharian sampai waktu berbuka puasa tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.