Sukses

6 Cara Terbaik Orang Sukses Habiskan Akhir Pekan

Bill Gates dan Jeff Bezos lakukan 6 hal ini saat akhir pekan agar Senin menjadi lebih produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Terbawa suasana santai saat akhir pekan, sering membuat banyak orang bermalas-malasan bekerja pada saat hari pertama di awal pekan, Senin.

Untuk itu, tidak heran banyak orang yang mulai mencari tips dan trik apa yang harus dilakukan agar Senin menjadi lebih produktif.

Terdapat ratusan bahkan ribuan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses dunia yang dapat mendorong produktivitias Anda. Namun 6 kebiasaan ini yang sering dilakukan oleh Bill Gates, bahkan Jeff Bezos bisa Anda tiru.

Penasaran? Mau tahu apa sajakah 6 kebiasaan tersebut? Dilansir dari laman CNBC, berikut 6 kebiasaan rutinitas di akhir pekan yang para miliarder dunia lakukan agar Seninnya menjadi lebih produktif:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidurlah Secukupnya

Terkadang karena akhir pekan, banyak orang yang menggunakan hal tersebut sebagai alibinya untuk tidur lebih larut lagi. Ternyata ini tidaklah benar, karena selain akan Anda mengantuk, maka metabolisme tubuh juga akan terganggu.

Tentunya jika tubuh Anda sudah mulai terganggu, sama saja ini akan membuat Anda lemah, letih, lesu, dan lemas ketika Senin tiba.

Usahakan untuk tidur setidaknya 7 jam perharinya. Hal ini juga menjadi kebiasaan dari miliarder dunia seperti Tim Cook, Bill Gates, Jack Dorsey bahkan Jeff Bezos.

Meskipun banyak pekerjaan yang menuntut mereka untuk tidur lebih larut, namun ternyata para miliarder ini tetap memaksakan dirinya untuk tidur tepat waktu dan cukup.

 

3 dari 7 halaman

2. Menghabiskan Waktu Bersama Orang yang Dicintai

Kebanyakan orang akan merasa bersalah karena tidak memiliki waktu yang luang untuk berkumpul bersama orang terkasih karena sibuknya bekerja.

Untuk itu, luangkanlah waktu akhir pekan Anda untuk bersama orang-orang terkasih, bisa saja ibu, istri, suami, anak bahkan para sahabat.

Anda dapat berolahraga bersama, berekreasi, atau bahkan hanya sekedar makan dan menonton bersama. Jangan sepelekan hal ini, karena berkumpul dengan orang-orang terkasih akan memberikan energi tambahan bagi Anda untuk semangat jalani Senin yang akan datang.

 

4 dari 7 halaman

3. Menyusun Strategi Seminggu ke Depan

Orang-orang sukses selalu membuat strategi pada akhir pekan untuk agenda seminggu kedepannya. Luangkanlah 10 menit di akhir pekan Anda untuk menyusun strategi ke depannya. Hal ini juga dilakukan oleh Jack Dorsey, penulis buku mengenai terungkapnya rahasia orang-orang yang sukses.

 

5 dari 7 halaman

4. Luangkan Waktu untuk Mengisi Kembali Energi

Selain membuat agenda rencana seminggu kedepan, jangan lupa untuk memberikan sedikit waktu luang untuk berisitirahat agar energi Anda kembali pulih. Anda dapat berleha-leha, bersantai atau bahkan bermeditasi.

 

6 dari 7 halaman

5. Selesaikan Pekerjaan yang Belum Selesai

Jika waktu lima dalam sepekan sebelumnya belum cukup bagi Anda untuk menyelesaikan semua tugas yang ada, maka Anda dapat gunakan waktu akhir pekan untuk menyelesaikannya.

Buatlah target dalam penyelesaiannya, jangan terlalu memporsir diri untuk menyelesaikan segalanya. Misal, sisihkanlah waktu 20 hingga 30 menit di pagi atau malam hari untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

 

7 dari 7 halaman

6. Sisihkan Waktu untuk Sendirian

Para orang sukses, selalu menyisihkan waktunya diakhir pekan untuk menyendiri dan bermeditasi. Hal ini mereka lakukan untuk menenangkan diri, serta mengurangi stres yang melanda selama seminggu lalu.

Sebuah studi di Harvard membuktikan bahwa orang-orang yang menghabiskan 15 menit pada akhir hari untuk mengevaluasi kinerja seminggu ini dapat membantu mereka jadi lebih bahagia, produktif, dan tidak terlalu lelah dalam seminggu ke depan yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini