Sukses

Cek 4 Fakta 11.000 Lowongan Kerja BUMN

4 fakta seputar 11.000 lowongan kerja BUMN. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka lowongan untuk 11 ribu orang di 110 perusahaan pelat merah. Posisi yang tersedia juga beraneka macam, mulai dari pariwisata, kesehatan, keuangan, hingga ekonomi kerakyatan.

Menteri BUMN Rini Soemarno pun mengajak generasi milenial untuk ikut mendaftar dan memajukan perusahaan BUMN.

"Untuk pertama kalinya kita lakukan rekrutmen bersama BUMN mulai tahun ini. Kami terus berusaha untuk bagaimana milenial nantinya bisa jadi pegawai dan berusaha memajukan BUMN," ujar Rini.

Bila tertarik memakai kesempatan ini untuk berkarier di BUMN, berikut Liputan6.com kumpulkan 4 fakta seputar 11 ribu lowongan pekerjaan yang dibuka BUMN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tiga Tahap Seleksi

Berdasarkan update infografis terbaru di situs perekrutan BUMN, berikut tiga tahap tes:

1. Seleksi awal

Tahap ini terbagi dua, yakni berupa seleksi administrasi dan uji tata nilai BUMN.  Soal pada seleksi awal tersebut yaitu seputar BUMN values meliputi integritas, profesionalisme, wawasan kebangsaan, inovasi hingga sinergi BUMN.

2. Seleksi kemampuan dasar

Selanjutnya, peserta diharuskan memilih tiga BUMN. Lalu, peserta akan melakukan tes kemampuan dasar (TKD).

3. Seleksi BUMN

Tahapan tes ini dilakukan setelah peserta lolos dua tahap pertama. Seleksi dari masing-masing BUMN akan dilaksanakan sesuai kebijakan masing-masing perusahaan.

3 dari 5 halaman

2. Ada Seleksi Online

Mirip seperti pendaftaran CPNS, rekrutmen BUMN juga dilakukan secara online. Klik di sini untuk melihat situsnya.

Bedanya, BUMN ingin memudahkan para pelamar agar tidak perlu repot mencari lokasi tes. Sebab, seleksi tahap pertama dan kedua akan dilaksanakan secara online.

"Berbeda dengan ASN yg testnya datang ke satu lokasi, ini bisa dikerjai di rumahnya masing-masing, lewat online test di situ," jelas Herdy, Direktur Human Capital Management  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

4 dari 5 halaman

3. 145 Ribu Pelamar

Hingga Minggu (10/3/2019), sudah ada 145 ribu orang yang melamar. Ini naik 41 ribu orang dari hari Sabtu sebelumnya.

Tiap BUMN juga memiliki kuota pendaftaran masing-masing, sehingga pelamar diminta segera melamar. Para pelamar dapat memilih tiga posisi atau BUMN yang sesuai minat masing-masing.

5 dari 5 halaman

4. Bersifat Inklusif

Perekrutan 11 ribu orang ini menyiapkan posisi untuk lulusan SMA hingga S2. Rekrutmen ini juga menjadi kesempatan emas bagi putra-putri Kawasan Indonesia Timur (KTI), serta para penyandang disabilitas.

"Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk berkarier di perusahaan-perusahaan milik Negara. Untuk itu, secara khusus BUMN akan membuka rekrutmen bagi para difabel di berbagai wilayah Tanah Air," ujar Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini