Sukses

7 Cara Promosi Bisnis Tanpa Keluar Modal

Tak ada modal? Anda bisa coba cara promosi bisnis berikut ini dan tanpa perlu mengeluarkan modal untuk itu.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang yang sedang membuka bisnis baru, agar bisa berhasil tentunya  harus melakukan promosi. Namun, untuk melakukan promosi ini, juga diperlukan modal yang kadang tak sedikit.

Kalau modal Anda tak ada, bagaimana cara melakukannya? Tenang, dikutip dari Swara Tunaiku, kamu bisa coba cara promosi bisnis berikut ini dan tanpa perlu mengeluarkan modal untuk itu!

1. Buat blog semua akun media sosial

Memanfaatkan jaringan internet dan media sosial yang makin masif akhir-akhir ini adalah cara ampuh mempromosikan produk agar laris. Terlebih, bila follower Anda sudah banyak.

Anda bisa mengajak teman yang sudah follow page atau akun Anda, melihat iklan, dan ikut membantu menyebarkannya. Dengan cara ini, Anda tak perlu keluar modal sama sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berikan sampel gratis

Tak ada salahnya juga memberikan sampel gratis agar calon konsumen tahu produk yang Anda buat berkualitas. 

Calon konsumen bisa saja menjadi advertiser gratisan yang akan membuat bisnis berkembang nantinya. Sebab, promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut itu sangat oke. Namun, pastikan Anda memberi sampel terbaik agar dapat kesan yang baik juga.

3. Endorse ke teman yang populer

Punya teman yang populer itu dimanfaatkan, dong! Namun, memanfaatkannya ke arah yang positif, ya! Bukan malah sebaliknya.

Meminta endorse dari teman yang populer untuk mempromosikan jualan kamu tak ada salahnya. Ini adalah metode yang bagus untuk membuat orang percaya dengan produk tersebut.

3 dari 4 halaman

4. Buat kartu nama

Meski saat ini kartu nama tak digunakan semasif dulu, tapi memiliki kartu nama juga bisa menjadi cara promosi yang baik. Hal ini bisa meningkatkan brand usaha Anda.

Kartu ini bisa kamu sebar ke acara pertemuan penting yang mana ada orang penting di sekitarnya. Namun, sebaiknya perkenalkan diri Anda lebih dulu.

Hal ini sangat penting untuk sopan santun dan untuk memberikan kesan yang baik pada calon pelanggan. Perkenalkan diri secara singkat dan katakan kalau kamu menyukai mereka. Dengan kartu nama ini, kamu bisa memperluas relasi asal kamu melakukannya dengan tepat.

5. Ikut pertemuan dengan kelompok profesional

Dalam mengembangkan usaha, penting bagi Anda untuk banyak belajar dan mengembangkan potensi yang ada. Jangan cepat puas dengan pencapaian yang Anda dapat sekarang.

Dengan mengikuti pertemuan dengan kelompok profesional, Anda bisa belajar tentang kesuksesan dan kegagalannya. Dengan begitu, pikiran Anda juga lebih terbuka.

4 dari 4 halaman

6. Ikuti event dan kompetisi

Mengikuti event atau kompetisi yang berkaitan dengan usaha Anda juga merupakan suatu cara promosi yang bisa dilakukan tanpa harus keluar uang yang banyak.

Dengan mengikuti event seperti ini, kamu bisa lebih memperkenalkan usahamu pada orang banyak. Terlebih bila Anda memenangkan event-nya. Selain bisa tambah pengalaman, usaha Anda juga jadi lancar.

7. Tawarkan diskon

Meski ini terdengar sangat klasik, tapi cara ini tetap manjur hingga sekarang. Diskon selalu menarik konsumen untuk membeli barang yang diperjualbelikan.

Biasanya, orang akan melihat besaran diskon ketimbang harga. Jadi, meski harga barang itu cukup mahal, diskon besar juga buat mereka beli. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap pasang harga kompetitif, ya!

Itulah beberapa cara promosi yang bisa kamu lakukan meski dana yang kamu miliki tak banyak atau malah tak ada sama sekali. Tak susah, kan? Paling penting dalam melakukannya, kamu tak boleh berhenti meskipun penjualan sedang meningkat.

Namun, lakukan promosi untuk mengembangkan usaha. Jangan pernah puas hanya karena omset yang bagus saja.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.