Sukses

Ingin Sukses saat Wawancara Kerja? Lakukanlah 5 Hal Ini

Wawancara kerja sangat menegangkan bagi para pencari kerja. Ini 5 hal yang harus Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat diragukan lagi bahwa interview atahu wawancara kerja sangat menegangkan bagi para pencari kerja.

Pada saat wawancara kerja, pada dasarnya Anda diminta untuk menjual kemampuan yang dimiliki seefektif mungkin dalam waktu yang singkat. Jika Anda berhasil menarik simpati para pewawancara yang ada, maka Anda beruntung dapat lolos bahkan diterima diperusahaan tersebut.

Namun sayangnya banyak para pencari kerja yang gagal pada tahap ini dikarenakan kurangnya persiapan.

Untuk itu, sebelum Anda melakukan wawancara kerja ada baiknya melakukan beberapa persiapan sebelumnya.

Mau tahu hal apa sajakah yang harus Anda persiapkan untuk melakukan wawancara? Berikut adalah 5 hal penting yang harus Anda lakukan:

1. Pelajari profil perusahaan yang akan Anda datangi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari tahu tentang perusahaan yang akan didatangi, seperti mencari tahu seperti apa perusahaan tersebut, sejarahnya, struktur kepemimpinannya, dan bergerak pada bidang apakah perusahaan tersebut.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mencari situs resmi perusahaan tersebut. Jangan ragu untuk menuliskan beberapa hal penting yang perlu Anda ingat yang akan membantu proses wawancara kerjanantinya.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencari review perusahaan tersebut dari para mantan karyawan yang telah bekerja di sana. Lalu catatlah beberapa masalah penting yang mengganggu Anda, dan pada akhirnya dapat ditanyakan ketika wawancara berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Persiapkanlah diri Anda terhadap beberapa pertanyaan tak terduga

Wawancara layaknya ujian lisan, Anda tidak tahu pertanyaan apa sajakah yang akan muncul dari kisi-kisi yang telah diberikan. Jawaban Anda lah yang nantinya akan menentukan nilai akhir di mata calon atasan.

Maka dari itu, persiapkanlah jawaban-jawaban terbaik Anda dari setiap kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan muncul. Beberapa perusahaan juga terkadang meminta kandidat mereka untuk lulus tes khusus yang berkaitan dengan tugas pekerjaan nantinya.

 

3 dari 4 halaman

3. Persiapkan beberapa pertanyaan Anda sendiri

Terkadang banyak orang lupa bahwa wawancara kerja adalah komunikasi dua arah. Setelah diserang oleh pewawancara, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan pekerjaan Anda nantinya atau bahkan tentang perusahaan tersebut.

Anda dapat menanyakan jobdesk, gaji, waktu kerja, pakaian yang dikenakan, dan masih banyak lagi. Namun harus diingat, Anda harus tetap menjaga etika kesopanan karena ini menjadi satu hal yang sangat dinilai saat kita melakukan wawancara.

4. Berpakaiannlah dengan tepat

Penampilan saat wawancara kerja menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan, dan ini menjadi salah satu yang dinilai bagi tim pewawancara. Tidak perlu harus yang berlebihan, Anda cukup berpakaian yang rapih dan bersih. Hindari pula menggunakan pakaian dengan warna-warna yang terlalu mencolok.

 

4 dari 4 halaman

5. Jernihkanlah pikiran Anda

Sehari sebelum melakukan wawancara kerja, ada baiknya Anda membersihkan diri dan pikiran dari hal-hal yang negatif. Anda dapat melakukan olahraga ringan di hari sebelumnya, dan istirahat yang cukup pada malam harinya. Hal ini akan menghilangkan stres yang melanda Anda. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih fresh dan siap melakukan wawancara pada ke-esokan harinya.

Dengan melakukan 5 hal di atas, diharapkan Anda akan lebih siap lagi untuk menghadapi tahapan wawancara dan lebih percaya diri menghadapi segala kemungkinan pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini