Sukses

Doyan Jalan-Jalan? Begini Cara Atur Uangnya

Liputan6.com, Jakarta - Travelling menjadi aktivitas yang paling banyak diminati belakangan ini. Mudahnya akses ke berbagai destinasi wisata menjadi salah satu penyebabnya.

Hingga saat ini, puluhan destinasi yang indah di Indonesia bisa dijadikan pilihan, belum lagi ratusan destinasi lainnya yang berada di luar negeri dan cukup menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda seorang traveller, Anda tentu memiliki agenda khusus untuk menikmati hobi yang satu ini, bukan?

Ke manapun tujuan travelling Anda, aktivitas ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya. Sangat penting untuk selalu mencermati kondisi keuangan dengan baik, mengingat travelling juga merupakan aktivitas yang membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Jangan sampai tujuan Anda bersenang-senang justru berakhir dengan masalah keuangan, hanya karena tidak jeli mengatur biaya perjalanan sejak awal. Siapkan dan alokasikan dana dengan tepat, agar keuangan tetap aman sehingga bisa sejalan dengan hobi travelling Anda.

Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, begini cara atur uang bagi Anda yang hobi travelling.

1. Pilih Destinasi yang Tepat

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan, namun memilih destinasi yang tepat merupakan hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Tidak perlu memaksakan diri untuk travelling ke berbagai tempat yang sedang ngehits, apalagi jika ternyata lokasi tersebut tidak sesuai dengan bujet.

Pastikan Anda selalu memilih destinasi travelling yang tepat dan bisa memberikan kesan maksimal untuk perjalanan dan bisa dijangkau dengan mudah meski bujet terbatas. Sehingga Anda bisa menikmati travelling tersebut.

2 dari 4 halaman

2. Tabung Uang Sesuai dengan Destinasi yang akan Dituju

Dengan menentukan destinasi travelling yang akan dituju, maka Anda bisa mengetahui jumlah biaya yang akan dibutuhkan. Setelah itu, tabung atau kumpulkan uang yang sesuai untuk kebutuhan destinasi travelling tersebut.

3. Susun Bujet yang Tepat dan Sesuai Kondisi Keuangan

Bagi Anda yang doyan travelling, tentu sudah punya daftar destinasi mana saja yang bakal dikunjungi. Agar semua daftar destinasi bisa Anda kunjungi dan kehidupan sehari-hari tetap berjalan dengan baik, susunlah bujet travelling dengan menyesuaikan kondisi keuangan.

Cari informasi yang akurat terlebih dahulu terkait dengan destinasi wisata yang akan Anda kunjungi nanti, sehingga Anda bisa menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan. Bahkan berbagai informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online.

3 dari 4 halaman

4. Cari Tiket yang Murah

Ada banyak moda transportasi yang bisa dijadikan pilihan, terutama jika Anda memilih berbagai destinasi wisata yang letaknya berada di kawasan ramai, seperti Jogja, Bandung, atau bahkan Surabaya.

Pilihlah moda transportasi yang paling tepat dan murah, sehingga Anda bisa menekan biaya perjalanan dengan baik sejak awal. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga tiket dengan agen perjalanan yang lain, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik dan paling hemat.

5. Pilih Penginapan yang Murah dan Nyaman

Tak selalu harus mahal dan mewah, Anda juga bisa menikmati liburan dengan menginap di tempat yang murah. Ada banyak jenis penginapan yang bisa Anda temukan dengan mudah, terutama jika akan travelling ke berbagai destinasi wisata favorit.

Namun meski murah, pastikan penginapan yang dipilih itu layak dan sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya, perhatikan soal jarak penginapan dengan layanan transportasi umum, kebersihan, fasilitas yang disediakan (kamar mandi, AC/Fan) dan yang lainnya.

4 dari 4 halaman

6. Berhemat untuk Menambah Tabungan

Untuk travelling, Anda mungkin akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tergantung destinasi yang akan dituju. Pastikan Anda mempersiapkan dana ini dengan baik sejak awal.

Mulailah berhemat dan menekan pengeluaran dengan baik, sehingga Anda bisa mengalokasikan sejumlah dana yang lebih besar ke dalam pos tabungan. Lebih bagus lagi bila uang jajan dimasukkan saja untuk menambah tabungan.

Nikmati Travelling yang Nyaman dan Bebas Masalah Keuangan

Travelling memang menjadi aktivitas seru yang selalu membuat semangat untuk dilakukan. Namun aktivitas ini akan membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Pastikan Anda mempersiapkan travelling Anda dengan baik sejak awal, termasuk bujet yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan. Siapkan dananya dan pilih destinasi yang tepat, agar aktivitas ini tetap menyenangkan dan aman untuk keuangan Anda.

60 Penerbangan Batal karena Tiket Mahal

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
7 Cara Bisa Jadi Diri Sendiri tapi Tetap Profesional
Artikel Selanjutnya
Kamu Anak Kos? Lakukan Ini agar Tetap Bertahan di Tanggal Tua