Sukses

Ingin Keuangan Anda Aman Tanpa Masalah? Lakukan 5 Hal ini

Sulit menabung membuat keuangan Anda kacau. Ingin tahu bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita yang masih belum dapat mengatur keuangan dengan baik. Hal ini tentunya membuat kita seperti bekerja keras terus menerus tanpa menghasilkan sesuatu karena terlalu boros.

Menghemat uang memang sangat sulit dilakukan bagi kebanyakan orang. Karena kebanyakan tidak memiliki daftar kebutuhan prioritas kebutuhan apa saja yang diperlukan, dan tidak banyak juga yang mengetahui langkah-langkah terbaik apa sajakah yang harus dilakukan untuk menghemat uang kita agar keuangan stabil.

Ingin tahu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menstabilkan keuangan? Berikut adalah lima hal yang harus Anda ketahui untuk menghemat pengeluaran Anda agar keuangan tetap stabil, seperti dikutip dari laman Lifehack:

1. Berhati-hati pada pengeluaran besar

Menjauhkan diri dari sifat "penny wise but pound foolish". Peribahasa ini mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati pada setiap pengeluaran.

Tidak hanya pengeluaran kecil, tapi pengeluaran yang memerlukan jumlah uang yang sangat besar.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar pengeluaran yang besar seperti, daftar pengeluaran untuk biaya rumah, transportasi, asuransi dan keuangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bersabar

2. Bersabarlah ketika Anda menginginkan sesuatu yang besar

Merupakan suatu hal wajar di saat kita menginginkan sesuatu yang menarik perhatian  dan mencoba untuk mewujudkannya.

Terkadang kita harus memberi waktu kepada diri sejenak untuk berpikir apakah benda tersebut harus dibeli atau bahkan tidak.

Jadi, di saat Anda menginginkan sesuatu hal yang sangat besar, janganlah terburu-buru untuk mewujudkannya karna mungkin saja itu hanya sebuah keinginan sementara Anda yang sedang mengelabui pikiran.

3. Hidup sesederhana mungkin

Terkadang di saat kita mengalami kenaikan gaji, terbesit keinginan untuk meningkatkan kualitas taraf hidup.

Seperti ingin memiliki mobil baru, rumah lebih besar dan memiliki lebih banyak barang-barang bermerek.

Hal ini yang harusnya Anda cegah jika berada di stuasi seperti ini. Hidup sesederhana mungkin adalah salah satu terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan uang yang Anda miliki, dan dapat membuat lebih kaya.

 

3 dari 3 halaman

4. Belanja Cermat

4. Terapkanlah metode berbelanja yang cermat

Tanpa disadari, makanan yang menjadi pengeluaran terbesar dan jika Anda tidak berhati-hati pada hal ini maka hal ini yang akan sangat menguras kantong.

Jadi, buatlah daftar belanja mingguan untuk mempermudah Anda mengatur pengeluaran belanja dan janganlah sekali-kali Anda ke supermarket tanpa membawa daftar belanja karena hal ini akan sangat mengacaukan keuangan Anda.

Selain itu, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu, makanlah sebelum Anda berbelanja. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran Anda saat berbelanja.

5. Batalkanlah Gym membership Anda

Jika saat ini Anda berkeinginan untuk menjaga kondisi fisik dengan melakukan gym,  Anda harus memikirkan untuk tidak menjadi anggota di salah satu tempat fitness yang ada.

Anda juga tidak harus datang ke tempat gym untuk menjaga tubuh. Cukup berolahraga sederhana dengan rutin, Anda dapat menggunakan taman kota yang ada saat ini sebagai tempat Anda untuk berolahraga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.