Sukses

Konsumsi Listrik Jakarta Naik Saat Malam Tahun Baru, PLN Jamin Pasokan Aman

PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menjamin kehandalan pasokan listrik saat pergantian tahun baru 2019. ‎

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menjamin kehandalan pasokan listrik saat pergantian tahun baru 2019. ‎

Berdasarkan tren beban puncak, kondisi konsumsi listrik akan naik saat malam tahun baru. General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan,‎ beban puncak 31 Desember 2018 pada siang hari mencapai 3.161 Mega Watt (MW). Sementara pada malam perayaan pergantian tahun diprediksi naik hingga 3.167 MW. 

"Kondisi beban puncak pada Tahun Baru 2018 terjadi pada malam hari pukul 19.00 WIB," kata ‎Ikhsan, di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Menurut Ikhsan, untuk mempercepat penanganan  gangguan kelistrikan saat malam tahun baru, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiagakan 700 orang personil dan beberapa peralatan pendukung yang tersebar di 30 posko. Hal itu terutama terletak pada instalasi PLN yang memasok beberapa tempat perayaan malam pergantian tahun baru 2019 di  DKI Jakarta. 

"Piket siaga dilakukan dalam 3 shift selama 24 jam untuk berjaga-jaga jika terjadi gangguan listrik. PLN juga sudah melakukan inspeksi dan pemeliharaan rutin untuk memastikan instalasi tetap andal, serta membuat prosedur tetap pengamanan pasokan tenaga listrik," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah-daerah yang Jadi Pantauan Khusus

Adapun daerah-daerah yang menjadi pantauan khusus saat malam pergantian tahun baru yaitu, kantor-kantor media elektronik, rumah sakit, bandara Halim Perdana Kusuma, Dunia Fantasi Ancol,  Pasar Seni Ancol,  Sirkuit Ancol,  Hotel Horison,  Gelanggang Renang Ancol,  PRJ Kemayoran Jakarta,  Taman Monumen Nasional (Monas) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Selama masa siaga pergantian tahun baru, PLN tidak akan melakukan pemadaman terencana, rehabilitasi  dan pemeliharaan jaringan tenaga listrik. Selain itu PLN juga menyiagakan personil yang cukup dan peralatan yang mumpuni untuk menjaga keandalan pasokan listriknya," ujar Ikhsan.

Penguatan pasokan kelistrikan khusus dilakukan dengan mempersiapkan dan menyiagakan 45 Unit UPS (Uninterruptible Power Supply), 7 unit Mobil Deteksi, 30 Unit Powerbank - Express Power Service, 4 mobil Unit Kabel Bergerak (UKB),  20 Unit Genset, 22 Unit Trafo Bergerak (UTB) dan 4 unit mobil HIAB Crane.

"Personil dan peralatan pendukung akan selalu siaga dan memastikan bahwa pasokan listrik tidak mengalami gangguan sedikitpun, apabila terjadi gangguan akan dipastikan percepatan pemulihan pasokan listriknya, guna kelancaran acara yang diselenggarakan selama malam pergantian tahun baru," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.