Sukses

Wajib Tahu, Ini 5 Rahasia Jadi Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, banyak orang yang memiliki angan-angan besar untuk bisa sukses. Namun, sejatinya sukses bukan untuk ditunggu tetapi diciptakan.

Daripada hanya berdiam diri dan membuang waktu, kamu bisa mulai berjuang dengan berpegang pada 5 kunci sukses di bawah ini.

Dikutip dari Swara Tunaiku, dengan berpegang pada 5 kunci sukses ini, maka kamu bisa sedikit lebih cepat dalam proses meraih kesuksesanmu. Yuk simak dan pelajari!

1. Selalu mengatakan ‘iya’

Ini merupakan jawaban positif yang bisa kamu lontarkan setiap kali menghadapi sesuatu. Dengan berkata iya, barangkali kamu akan memudahkan kesuksesan yang kamu harapkan untuk segera datang padamu.

Namun, enggak semua persoalan harus dijawab dengan kata ‘iya’. Maksudnya katakanlah iya pada sesuatu yang bisa memberikanmu perubahan positif, pada kesempatan emas, dan apapun yang sesuai dengan harapanmu.

Dalam karier, memberikan jawaban iya ternyata bisa menumbuhkan suatu kepuasan dan manfaat, serta energi positif. Membiasakan diri memberi jawaban ‘iya’ tanpa disadari dapat membawamu pada masa depan yang cerah dan menjanjikan.

2 dari 3 halaman

2. Cintai diri sendiri dan orang lain

Kapan terakhir kali kamu mencintai seseorang tanpa ragu? Atau mungkin kamu masih dibayang-bayangi masa lalu, sehingga masih takut untuk mencintai orang lain? Nah, cobalah untuk memaafkan dirimu dan kembali mencintai dan dicintai orang lain.

Jangan terus-menerus menghukum dirimu sendiri dan orang lain yang mencintaimu atau yang kamu cinta, hanya karena kesalahan-kesalahan di masa lalu. Apalagi kalau ini berkaitan dengan kesuksesan pribadimu. Kamu hanya perlu memaafkan diri sendiri dan jangan ragu mencintai orang lain.

3. Berani ambil risiko

Kesuksesan enggak akan bisa diraih tanpa pengorbanan. Salah satu pengorbanan yang bisa kamu lakukan adalah berani mengambil risiko dalam sebuah pilihan.

Jangan sampai bayang-bayang kegagalan dan rasa takut menghantuimu. Sebab kesuksesan akan sulit diraih jika kamu masih memelihara rasa takut. Kamu enggak akan berhasil didikte oleh ketakutanmu karena kamu sudah terbiasa mengambil risiko.

Berani mengambil risiko berarti berani keluar dari zona nyaman. Tentu akan menjadi suatu kepuasan saat kamu berhasil melewatinya, setelah ini kamu akan segera menjemput kesuksesanmu.

Hadapi setiap ketakutan yang ada. Setelah berhasil kamu lalui, kamu mulai tersadar bahwa ketakutan hanya menjadi penghambat rencana-rencana hidup yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

4. Ubah masalah jadi peluang

Kunci selanjutnya yang cukup ampuh mendorong kesuksesanmu adalah mengubah masalah jadi peluang. Mulailah untuk mengubah pola pikirmu dengan berpikir positif. Hindari pola pikir bahwa sesuatu yang kamu harapkan enggak akan terjadi.

Kalau kamu mau mengubah pola pikirmu, maka secara enggak langsung kamu sudah bermimpi besar tanpa ragu. Hiraukan semua kritikan negatif dan kata batin baik dari dirimu sendiri maupun orang lain.

5. Membiasakan diri melakukan kebaikan

Sekarang waktunya untuk berpikir warisan apa yang bakal kamu tinggalkan untuk teman, keluarga, maupun masyarakat luas. Kira-kira bagaimana nama dan jasamu akan selalu dikenang oleh semua orang? Perilakumu akan memberikan dampak bagi orang terdekatmu maupun orang lain.

Jangan lupa untuk selalu mendukung hal-hal positif. Berikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada mereka yang telah melakukan hal-hal hebat. Jadilah orang yang selalu berkontribusi dan bermanfaat bagi banyak orang.

Demikian 5 kunci kesuksesan pribadi yang wajib kamu pegang selama hidup. Dengan ini kamu bisa menikmati segala proses yang ada.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Kiat Jitu Tekan Kerugian saat Investasi Saham
Artikel Selanjutnya
5 Pelajaran Sukses dari Pendiri Grab