Sukses

Cara Mudah Raih Sukses, Cukup Ingat 7 Nasihat Ini!

Liputan6.com, Jakarta - Generasi milenial sering kali dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit dalam hidupnya, terutama jika dihubungkan dengan karier. Ada beragam jenis karier yang bisa dipilih, tetapi menentukan satu jenis karier utama bukanlah pekerjaan yang mudah.

Terkadang, kegagalan tak jarang menghampiri di tengah-tengah perjalanan karier. Namun, hal ini bukan alasan untuk berhenti mencoba. Sebab, karier yang mapan di usia muda bukan hal mustahil untuk diraih.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mudah meraih sukses dalam berkarier hanya dengan terus mengingat tujuh nasihat ini.

1. Ada Banyak Pekerjaan, tapi Pilih Salah Satu yang Paling Disukai

Anda pasti tahu ada banyak jenis pekerjaan, apakah itu di bidang pendidikan, bisnis, dan lainnya. Namun, dari banyaknya pilihan itu, pilihlah satu pekerjaan yang paling disuka agar Anda bisa bekerja secara total demi mencapai hasil yang maksimal.

Hindari untuk mengikuti tren pekerjaan yang ada di masyarakat. Jika Anda bingung dan bimbang dalam menentukan pekerjaan yang pas, luangkan waktu untuk berdiskusi dengan diri sendiri. Sehingga pekerjaan yang Anda pilih nantinya sesuai dengan yang diinginkan.

2. Mendapat Hasil ‘Baik’ Saja Tidak Cukup, Jangan Cepat Berpuas Diri

Pekerjaan Anda dipuji oleh atasan? Sebaiknya jangan cepat berpuas diri. Mendapat hasil ‘baik’ saja tidaklah cukup jika Anda ingin karier cepat melejit. Anda perlu bekerja lebih sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Karyawan yang memberi kontribusi terbaik kepada perusahaan biasanya lebih sering mendapatkan promosi jabatan. Karena karyawan yang seperti inilah yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. (Baca Juga: Kata-kata Inspirasi Sukses dari Steve Jobs)

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

2 dari 4 halaman

3. Jangan Malu Mengakui Kegagalan di Depan Banyak Orang

Orang sering mengartikan kegagalan sebagai suatu hal negatif. Banyak pula yang berusaha untuk menyembunyikan kegagalan. Padahal kalau ditelaah, kegagalanlah yang dapat membawa Anda ke gerbang kesuksesan.

Kegagalan membuat Anda tahu berbagai kesalahan yang sudah diperbuat. Kegagalan juga akan membuat Anda paham mengenai keterbatasan diri sendiri, sehingga dapat bersikap bijak dalam menyusun strategi untuk mengatasi keterbatasan maupun kesalahan tersebut.

4. Bekerja Tidak Hanya untuk Mendapatkan Gaji tapi Juga Pengalaman

Sebelum melamar kerja, biasanya Anda akan mempertimbangkan besarnya gaji yang diterima setiap bulan. Padahal bekerja tidak melulu tentang gaji saja, tapi juga soal pengalaman kerja yang akan Anda dapatkan di perusahaan.

Pengalaman yang Anda punya bisa dijadikan sebagai modal untuk mendobrak perjalanan karier, terutama jika Anda ingin melamar di perusahaan yang lebih bagus daripada perusahaan sebelumnya.

Pengalaman diukur dari berapa lama Anda bekerja pada bidang pekerjaan tertentu. Semakin lama Anda bekerja, pengalaman yang diperoleh juga semakin banyak. Usahakan supaya Anda bisa bertahan di satu perusahaan setidaknya 3-5 tahun sebelum akhirnya hijrah ke perusahaan lain.

3 dari 4 halaman

5. Jangan Takut untuk Resign bila Tidak Cocok dengan Pekerjaan

Angka pengunduran diri (resign) di Indonesia didominasi oleh mereka yang berusia 25 tahun ke atas. Alasannya sangat beragam. Satu alasan yang paling sering diungkapkan adalah karena pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan kegemaran (passion).

Apabila pekerjaan yang dilamar tidak sesuai dengan passion, sebaiknya jangan jatuhkan lamaran. Resign hanya akan menghambat perjalanan karier, apalagi jika alasannya kurang relevan. Alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan posisi yang akan dilamar sejak awal, sehingga penyesalan tidak datang saat sudah menduduki posisi tersebut. (Baca Juga: Rahasia Nyata Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda)

6. Hindari Gaya Hidup yang Berlebihan

Sekarang ini tak sedikit orang yang mengedepankan gaya hidup dibandingkan lainnya. Padahal penghasilan yang diterima setiap bulan tidak lebih besar jumlahnya daripada pengeluaran yang dihabiskan untuk memenuhi gaya hidup. Akibatnya tertimpa utang di usia muda.

Gaya hidup memang penting, tapi jangan sampai berlebihan. Tidak perlu juga untuk mengikuti gaya hidup orang lain demi mendapatkan pujian. Lebih baik alihkan sebagian gaji untuk berinvestasi pada instrumen yang menjanjikan demi mencapai kesuksesan finansial di masa depan.

4 dari 4 halaman

7. Jaga Komunikasi dengan Orang-Orang di Sekitar

Tingkat kesibukan akan bertambah besar apabila sudah meraih sukses. Tapi, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menjauh dari orang-orang yang ada di sekitar Anda. Alangkah baiknya jika tetap menjaga tali persaudaraan agar hubungan dengan sesama tetap harmonis.

Menjaga komunikasi dengan orang terdekat tidak begitu sulit, apalagi berkat dukungan teknologi yang canggih. Cukup bermodal media sosial dan kuota internet saja, Anda sudah bisa mengetahui kabar mereka dari jarak jauh.

Cerna dan Dipelajari Setiap Nasihat Demi Hidup yang Lebih Baik

Setiap nasihat pasti sesuatu yang baik. Untuk itu, cerna setiap nasihat yang ada dan jadikan pengingat untuk menjalani hidup yang tak selalu mulus seperti yang diharapkan. Sehingga, ketika Anda mengalami suatu kegagalan, akan dengan mudah dan cepat bangkit serta semangat melanjutkan apa yang telah dicita-citakan dan diharapkan.

Artikel Selanjutnya
Di Usia 20 Tahun, Sudahkah Anda Melakukan Hal Ini?
Artikel Selanjutnya
Ingin Kaya, Mulailah Mengubah Pola Pikir