Sukses

7 Langkah Mudah untuk Cepat Naik Jabatan

Liputan6.com, Jakarta - Menduduki posisi tertinggi di kantor menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Tapi, tak sedikit orang pada akhirnya gagal karena tingkat persaingan dalam merebutkan jabatan sangat tinggi. Ditambah bila ada sikap pilih kasih yang biasa terjadi di dunia kerja.

Namun dengan menunjukkan performa terbaik, kesempatan untuk naik jabatan akan terbuka lebar. Tapi sejatinya ada langkah mudah untuk cepat naik jabatan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Disiplin dan Datang ke Kantor Lebih Awal

Bagi yang bekerja di Ibukota Jakarta, berangkatlah setidaknya 1,5 jam sebelum jam masuk kantor untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Dengan berangkat lebih awal, Anda dapat sampai di kantor lebih cepat dibandingkan karyawan lain. Hal ini tentu akan menjadi nilai plus bagi Anda sendiri.

Atur waktu dengan baik. Mulai dari waktu bangun tidur sampai waktu tidur di malam hari. Kalau perlu, buat timeline yang mencakup seluruh kegiatan Anda sepanjang hari agar semua kegiatan dapat berjalan lancar sesuai yang dijadwalkan. Jadi, disiplinlah dan datanglah ke kantor lebih awal.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 4 halaman

2. Berani Berbicara

Takut berbicara membuat perjalanan karier Anda terhenti atau tidak ada kemajuan. Tentu soal bicara ini bukan berarti asal bicara yang tidak bermanfaat, seperti ngerumpi, banyak bercanda, dan lainnya yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

Untuk itu, beranilah berbicara! Sampaikan ide-ide kreatif Anda dalam sebuah rapat. Siapa tahu ide kreatif tersebut dapat membawa perubahan bagi kegiatan operasional di perusahaan.

Jika ide yang Anda sampaikan ditolak, jangan sakit hati. Ini berarti Anda perlu meningkatkan kualitas dari ide yang disampaikan agar ide tersebut diterima. (Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian)

3. Berpakaian Rapi dan Menarik

Kita diajarkan untuk tidak menilai seseorang dari cara berpakaian saja. Tapi sadar atau tidak, cara berpakaian dapat mewakili baik buruknya perilaku seseorang.

Dimanapun Anda bekerja, berpakaianlah serapi mungkin. Sebab, penilaian seorang atasan tidak dilihat secara keseluruhan, termasuk cara berpakaian. Luangkan waktu setidaknya 20 menit sebelum berangkat kerja agar Anda lebih leluasa saat bersolek.

3 dari 4 halaman

4. Memberikan Solusi

Setiap masalah yang ada di kantor menjadi bagian dari masalah Anda juga. Apabila perusahaan menghadapi masalah, pikirkan solusi terbaik agar masalah tersebut cepat selesai. Apapun solusi yang Anda berikan, solusi tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Meskipun solusi tersebut pada akhirnya tidak disetujui oleh atasan, setidaknya Anda sudah ikut berkontribusi dalam memecahkan masalah yang ada di perusahaan. Kontribusi seperti inilah yang akan membuat Anda semakin dikenal oleh atasan dan rekan kerja.

5. Konsisten

Konsisten tidak hanya sebatas datang tepat waktu, tapi juga saat mengerjakan tugas di kantor. Kerjakan apa yang menjadi bagian Anda dan maksimalkan pekerjaan tersebut. Jangan habiskan waktu untuk mengurusi hal-hal yang tidak penting seperti bergosip.

Jika Anda butuh waktu untuk beristirahat, sebaiknya gunakan waktu makan siang untuk rehat sejenak sembari menikmati kudapan lezat. Hindari kebiasaan bersantai di kantor. Jika sikap Anda ini dilihat oleh atasan, bukan surat naik jabatan yang akan Anda terima, tapi surat peringatan untuk berkelakuan baik di kantor. (Baca Juga: Selalu Berpikir Positif demi Karier yang Sukses dengan Tips Berikut)

4 dari 4 halaman

6. Bisa Kerja Tim (Team Work)

Tidak dapat dimungkiri, sebagian permasalahan di kantor akan dikerjakan bersama tim. Jika Anda tidak mampu bekerja sama, kontribusi di kantor akan berkurang sehingga peluang untuk naik jabatan juga akan berkurang.

Untuk itu, jadilah karyawan yang kreatif, fleksibel, dan mampu bekerja sama dengan karyawan lain. Berbaur dengan orang lain tidak sulit, kok. Jika Anda mau membuka diri, orang lain dengan sendirinya akan masuk dan menjadi bagian dalam kehidupan Anda.

7. Mampu Memimpin

Mampu tidaknya Anda memimpin sebuah tim dapat dilihat dari seberapa besar pengaruh Anda bagi pekerja lain. Pengaruh yang diberikan tidak hanya sebatas kata-kata motivasi saja, tapi juga tindakan yang Anda lakukan di kantor.

Pemimpin yang baik tahu apa yang dibutuhkan karyawannya, sehingga karyawan tidak pernah merasa kekurangan saat bekerja. Dengan memiliki jiwa pemimpin, peluang Anda untuk dipromosikan akan terbuka lebar, apalagi jika Anda mampu memimpin tim dalam skala besar.

Raih Sukses, Berawal dari Kebiasaan Sederhana

Berpindah ke jabatan yang lebih tinggi membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar. Manfaatkan potensi yang ada dalam diri untuk mempermudah proses naik jabatan. Mulailah dari kebiasaan sederhana, seperti datang tepat waktu dan mengumpulkan tugas sesuai deadline. Berawal dari hal sederhana, raihlah karier yang sukses dengan jenjang yang lebih tinggi. Semangat!

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Karier Maju, Miliki 7 Kemampuan Dasar Ini
Artikel Selanjutnya
Hobi Koleksi Tas, Tips Kelola Keuangan agar Tak Jebol